0
45
0
Tujuan Karier Sebaiknya Ditentukan Dari Sekarang! Begini Caranya
1 week 'ago'

Menentukan tujuan karier adalah salah satu keputusan terbesar dan terpenting dalam hidup. Pasalnya, kariermu akan turut memengaruhi tingkat kebahagian, kesehatan, dan tentunya status keuangan.

Tidak sedikit orang yang kesulitan dalam menentukan tujuan kariernya. Latar belakang pendidikan bisa saja berbenturan dengan passion yang kamu miliki. Tempat kerja yang nyaman tapi stagnan juga bisa membuatmu sulit berkembang.

Lantas, bagaimana caranya menentukan tujuan karier agar tidak salah langkah? Berikut tipsnya.

1. Kenali dirimu sendiri

Awali dengan mengenali minat dan bakatmu, latar belakang pendidikan yang kamu miliki, hard skill dan soft skill, serta kepribadianmu. Buatlah sebuah rangkuman yang memuat semua hal tersebut berserta kursus, proyek, riwayat pekerjaan, atau kegiatan lain yang pernah kamu jalani.

Kamu mungkin merasa belum cukup kompeten untuk bisa membangun karier yang hebat, tapi kamu sudah berada pada jalur yang tepat. Jangan sia-siakan semua pencapaian yang pernah kamu peroleh. Kamu justru bisa menjadikan ini sebagai nilai jual yang berharga.

2. Tentukan aspek yang perlu diutamakan dalam karier

Memahami tujuan utama dalam berkarir dapat membantumu memiliki kehidupan profesional yang lebih terarah. Kamu semakin mengerti pentingnya keseimbangan antara kehidupan sehari-hari dan pekerjaan, proyek yang dapat membuatmu berkembang, serta hal lain seputar dunia kerja.

Langkah ini juga membantumu menentukan apa yang sebenarnya kamu inginkan dari sebuah pekerjaan. Saat kesempatan kerja kembali datang, kamu telah mampu memilih jenis pekerjaan apa yang paling sesuai dengan tujuan kariermu di masa depan.

tujuan karier - EKRUT

3. Eksplorasi

Kamu perlu melakukan eksplorasi agar bisa menemukan jalur karier yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan nilai-nilai yang kamu miliki. Eksplorasi dapat dilakukan melalui seminar karir, interview, membuat profil online, atau bahkan menjalani pekerjaan tertentu.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah bertanya pada orang yang bekerja pada suatu perusahaan. Gali infromasi mengenai pekerjaan mereka, kemampuan yang dibutuhkan, hingga budaya kerja perusahaan. Dengan begitu, kamu akan mengetahui sejauh apa kesesuaianmu dengan perusahaan tersebut.

4. Tidak hanya berkutat pada satu bidang

Selama tahap awal menentukan tujuan karier, tidak ada salahnya mengambil kesempatan dalam berbagai bidang. Dari sinilah kamu bisa menggali potensi yang sebelumnya tidak pernah kamu duga. Jangan takut untuk mencari pengalaman dari tempat yang berbeda jika pekerjaan saat ini tidak sesuai dengan harapanmu.

Menemukan tempat yang tepat memang tidak semudah kelihatannya. Kamu mungkin perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun, pastikan bahwa kamu selalu mengambil pengalaman yang berharga sebagai bekal menjajaki tangga karier yang selanjutnya.

tujuan karier - EKRUT

5. Menemukan pekerjaan yang tepat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemukan pekerjaan yang tepat. Kamu bisa mendatangi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dan acara job opening, mencari melalui portal lowongan kerja, atau cara yang lebih modern serta efektif seperti mendaftarkan diri pada situs talent marketplace.

Kamu mungkin dihadapkan pada beberapa pilihan dalam waktu yang sama. Cobalah tuliskan berbagai keunggulan dan kekurangan dari setiap pilihan yang kamu miliki. Jika kamu masih belum yakin, mintalah saran profesional dari seseorang yang kompeten.

Faktanya, tak sedikit orang yang masih bimbang saat ditanyai perihal tujuan karier. Pekerjaan menjadi rutinitas yang menjemukan, dan inilah yang menyebabkan rasa tidak puas pada karyawan. Survei bahkan menunjukkan bahwa 2 dari 3 karyawan mengaku tidak bahagia dengan pekerjaannya.

Menjalani langkah panjang untuk menentukan tujuan karier memang tidak sepenuhnya menjamin kebahagiaanmu. Meski demikian, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menemukan karier yang stabil dan sesuai dengan harapan.

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
145
3
4
5
Lencana
Kongkow