Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mudah, ini 5 cara dapatkan penghasilan tambahan!

Mudah, ini 5 cara dapatkan penghasilan tambahan!

- Kamis, 25 April 2019 | 11:00 WIB
Mudah, ini 5 cara dapatkan penghasilan tambahan!

Ketika mulai merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan bulanan atau mungkin ingin mencapai tujuan finansialmu lebih cepat, mungkin kamu butuh cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjawab permasalahan tersebut. Misalnya mencari pekerjaan sampingan atau mengubah gaya hidup.

Agar lebih jelas, yuk simak lima langkah berikut ini untuk meningkatkan penghasilan bulananmu.

Membuka bisnis baru

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan membuka bisnis yang kamu sukai. Dengan cara ini, kamu bisa memiliki pekerjaan paruh waktu sambil mengerjakan pekerjaan utamamu. Namun, bila terhitung cukup menjanjikan, tak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan bisnis ini ke skala yang lebih besar lagi.

Untuk memulainya, carilah hal-hal yang kamu sukai dan buatlah rencana bisnis dari hal tersebut. Jika kamu suka memasak, cobalah cari tahu informasi lengkap seputar ide usaha makanan.

Melanjutkan pendidikan

Pilihan lain untuk mendapatkan penghasilan lebih adalah dengan melanjutkan pendidikanmu. Dengan gelar yang lebih tinggi, kamu bisa meningkatkan kemampuan dan bargaining power di mata perusahaan. Sayangnya, tak semua bidang pendidikan memiliki jenjang lanjutan.

Sebelum kembali kuliah, pastikan kamu akan mempelajari bidang dengan prospek karier yang jelas di masa depan. Bila tak memungkinkan, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengambil kelas-kelas singkat atau kursus untuk mempertajam kemampuanmu.

penghasilan tambahan - EKRUT

Bekerja dari hobi

Kamu bisa menggunakan hal-hal yang kamu ciptakan dari hobimu untuk keperluan komersial.Kamu bisa mulai membuat prakarya atau makanan dan menjualnya melalui situs jual beli online. Cara lain untuk tetap bisa bekerja dari hobimu saat ini adalah dengan membuat kanal YouTube yang mampu merepresentasikan hasil kerjamu dengan lebih menarik. Jika kamu suka bermain musik atau menggambar, kamu bisa mulai membuat video ulasan musik atau karya yang kamu senangi.

Mencari pendapatan pasif

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan menciptakan jalur bagi pendapatan pasif. Kamu bisa memulainya dengan mengelola blog, menyewakan kendaraan, menyewakan rumah, atau aset-aset berharga lainnya.

Meminta promosi

Pilihan terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan meminta promosi atau kenaikan jabatan di perusahaan tempatmu bekerja. Bila kamu senang dengan kariermu saat ini, tentu kenaikan promosi akan menjadi jalan yang baik bagimu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain itu, jangan pernah takut untuk mencari pekerjaan baru bila pekerjaanmu yang sekarang belum bisa membuatmu memenuhi kebutuhan dasarmu. Karena bila kamu memiliki etos kerja dan kemampuan yang dibutuhkan, selalu ada tempat bagi talentamu untuk berkembang.

Cari Artikel Lainnya