0
37
0
Yuk, Lakukan 6 Aktivitas Ini untuk Mengisi Waktu Luang Setelah Ujian
1 month 'ago'

Beberapa orang menganggap UN merupakan akhir perjalanan sekolah. Setelah selesai, saatnya bersantai menunggu pengumuman serta pembagian ijazah yang mana akan memberikan jeda waktu beberapa bulan lamanya.

Jangan salah, meskipun perjuanganmu belajar di SMA ditutup dengan UN bukan berarti perjalanan hidupmu selesai lho! Kamu yang bertekad punya masa depan cerah, tidak akan terjadi tanpa doa dan usaha.

Maka dari itu, saat kamu memiliki banyak waktu kosong setelah ujian alangkah baiknya melakukan 6 hal ini. Selain membuat waktumu lebih berharga juga bisa meningkatkan skill-mu sebelum memasuki kuliah dan dunia kerja! 

1. Belajar bahasa otodidak

Semakin berkembangnya teknologi menawarkan akses yang mudah untuk melakukan segala hal termasuk belajar bahasa. Kamu ingin belajar bahasa apa? Inggris, Jepang,  Korea, Jerman? Gak perlu khawatir. Kamu tidak usah pusing dengan biaya ataupun jarak. Lakukan segalanya dengan mudah dan murah.

Saat ini banyak sekali platform yang menawarkan kursus bahasa gratis, mulai dari pelajaran singkat sampai yang mendalam. Selain itu banyak juga yang berbaik hati dengan membagikan video sesi pembelajaran di kelas.

Ada dua pilihan dalam belajar bahasa otodidak ini, kamu ingin melakukannya hanya untuk kesenangan saja atau untuk dijadikan pengakuan. Kalau memang menginginkan bukti konkrit dari hasil pembelajaranmu, carilah website yang memberi pelajaran gratis sekaligus sertifikat di akhir pertemuan.

Untuk tipe yang ini kamu akan dituntun dan harus berkomitmen untuk konsisten dan tidak melewatkan setiap tugas. Kalau kamu bisa melakukannya dengan baik, hal itu tentunya bisa jadi nilai positif dan memberi kemudahan ke depannya.

2. Kamu yang menginginkan pengalaman bisa memulainya dengan jadi pegawai

Selama menunggu ijazah keluar, bagi kamu yang berencana untuk langsung bekerja setelah lulus maka tidak ada salahnya langsung melakukan job hunting selepas UN. Kamu bisa melakukannya dengan pekerjaan ringan, dimulai dari bawah.

Jangan jadikan hal tersebut sebagai ajang pamer ataupun ingin menghasilkan banyak uang, sebagai pemula alangkah baiknya kamu punya prinsip untuk mencari pengalaman dan mengasah skill terlebih dahulu dibanding memikirkan profit. Bagaimanapun, semua akan berjalan sesuai dengan prosesnya.

3. Ikut banyak seminar dan kumpulkan sertifikatnya

Kamu harus rajin membuka informasi berbagai event yang sedang dan akan berlangsung termasuk daftar seminar. Banyak sekali seminar gratis maupun berbayar yang kerap diselenggarakan di institusi maupun bukan.

Sebelum memutuskan bidang apa yang akan kamu tempuh berikutnya, alangkah baiknya kamu memahami atau minimal mendapat gambarannya lewat seminar. Dengan mendengarkan pembicara 1-2 jam saja, maka selain wawasanmu terbuka semakin luas. Kamu juga bisa fokus memutuskan bagaimana masa depanmu dan apa yang paling kamu inginkan.

Selain topik bahasan yang sangat bermanfaat, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang bisa sangat berguna nantinya.

4. Mengasah kreatifitas dan hobi, memberikan peluang agar kamu bisa fokus ke depannya

Kamu ingin kuliah tapi masih kabur tentang jurusan apa yang ingin diambil? Terkadang, kenyataan dan keinginan memang saling bertolak belakang satu sama lain. Kenyataan bahwa dunia begitu progresif dan hanya bidang tertentu saja yang sangat dibutuhkan, membuat lingkup semakin kompetitif.

Meskipun beberapa jurusan punya potensi untuk membuatmu menghasilkan komoditi di masa depan, namun sekali lagi kebahagiaan jauh lebih penting. Menjalani pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu justru akan jauh lebih bermakna dan tidak membuatmu merasa tertekan nantinya.

Jadi, selama memiliki banyak waktu libur alangkah baiknya kamu mengasah hobi untuk memantapkan keinginanmu akan bidang tersebut. Misalnya, kamu yang suka menggambar maka tidak ada salahnya memilih jurusan desain grafis, yang suka masak bisa masuk ke culinary, dan bagi yang suka menulis kamu bisa memilih jurusan sastra sebagai jawabannya. Bagaimanapun, hanya kamu yang tahu apa yang paling kamu inginkan, bukan? 

5. Perbanyak wawasan dengan membaca, baik novel, buku, sampai autobiografi 

Bukan hanya berita terbaru saja yang wajib kamu upgrade, tapi juga pengetahuan lainnya. Membaca memang aktivitas paling bermanfaat di dunia. Dengan memperkaya beragam genre bacaan, kamu juga otomatis bisa memiliki berbagai jenis pengetahuan yang jarang kamu temukan di pergaulan sehari-hari.

Untuk melakukan kegiatan ini, jangan sampai merasa terbebani, ya karena kalau kamu tidak menikmatinya maka aktivitas ini hanya akan jadi hal yang sia-sia. 

6. Menjadi volunteer, selain memambah pengalaman kamu juga bisa memperluas pertemanan

Banyak sekali lembaga yang menawarkan ativitas kemanusiaan. Kamu yang senang melakukan aktivitas di luar rumah, maka ada baiknya mencoba kegiatan satu ini. Selain bermanfaat, kamu juga bisa menambah lingkup pertemanan dengan beragam latar belakang.

Biasanya kegiatan volunteer yang banyak dilaksanakan adalah dalam bidang pendidikan, lingkungan, maupun event-event tertentu. Selain di Indonesia, banyak juga yang memberikan pengalaman ke luar negeri lho!  Salah satunya adalah AISEC.

Carilah organisasi yang jelas dan tanpa ada pemungutan biaya. Beberapa organisasi legal, biasanya juga akan menawarkan sertifikat sebagai tanda bukti resmi yang menyatakan kamu pernah terlibat dengan kegiatan tersebut. 

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow