0
52
0
Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Mata Kamu Lho!
3 months 'ago'

Mata terasa kering, pandangan tiba-tiba kabur, atau kepala berkunang-kunang, menjadi beberapa tanda kalau mata kamu sedang bermasalahan. Penyebabnya beragam, bisa karena kurang tidur, sering mengucek-kucek mata, atau karena terlalu banyak menggunakan obat tetes mata.

Nah, supaya kesehatan mata kamu tidak terganggu, ada beberapa kebiasaan nih yang perlu kamu hindari. Segera tinggalkan, yuk agar mata kamu selalu fresh. Kamu bisa lebih maksimal beraktivitas, deh.

1. Terlalu lama membaca atau menatap layar tanpa jeda

Aktivitas membaca, menatap layar monitor saat bekerja, atau menonton film lewat gadget, sering membuatmu lupa waktu. Padahal kebiasaan tersebut sedang membuat mata kamu bekerja lebih keras. Supaya mata kamu bisa bernapas sejenak, hentikan dulu aktivitasmu tersebut setiap 30 menit sekali. Pandanglah obyek yang berada di kejauhan selama 20-30 detik. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan lagi kegiatanmu.

2. Tidak meletakkan buku atau layar monitor di bawah penglihatan mata

Selain mengistirahatkan mata setiap 30 menit sekali, kamu sebaiknya meletakkan buku, layar monitor, atau layar gadget berada di bawah garis penglihatan kamu. Hal ini akan membuat mata kamu selalu basah karena kelopak matamu dalam posisi setengah tertutup. Selain itu, kebiasaan sederhana tersebut juga bisa melindungimu dari terkena dry eye syndrome.

3. Mengarahkan AC mobil tepat ke area wajah

Selain membuat mata kamu menjadi kering, mengarahkan AC mobil tepat ke arah wajah juga bisa merusak kornea mata kamu, lho. Sebaiknya, arahkan AC mobil ke arah yang lain meski kamu sedang benar-benar merasa kepanasan.

4. Tidak menggunakan kacamata hitam di cuaca yang terik

Siapa bilang kacamata hitam hanya digunakan untuk gaya-gayaan? Pemakaian kacamata hitam, khususnya pada cuaca yang terik, sangat dianjurkan untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, kacamata hitam juga bisa menghalau debu yang berterbangan terkena angin masuk ke area mata kamu yang bisa membuat mata menjadi kotor dan kering.

5. Tidak melakukan senam mata

Gak cuma tubuh yang butuh kegiatan senam. Mata yang menjadi salah satu organ tubuh juga memerlukan senam agar terjaga kesehatannya. Kamu gak perlu waktu lama untuk melakukan senam mata. Cukup dengan mempraktikkan beberapa gerakan berikut selama kurang lebih 2 menit.

  • Sipitkan mata kamu, lalu cobalah untuk melihat obyek yang berada di kejauhan selama 5 detik. Kemudian, buka mata kamu lebar-lebar setelahnya selama 5 detik. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang sebanyak 10 kali.
  • Putarlah perlahan bola mata kamu ke arah kanan sebanyak 5 kali, lalu lanjutkan dengan memutar perlahan bola mata ke arah kiri sebanyak 5 kali.
  • Tutuplah kelopak mata kamu, kemudian pijatlah dengan jari tangan selama 2 detik. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 10 kali.

Nah, setelah tahu bahwa kebiasaan tersebut bisa mengganggu kesehatan mata kamu, sebaiknya dihindari, ya! Bagikan artikel ini agar lebih banyak mata yang terjaga kesehatannya.

Follow Us On :
Ranking
1
azzahra
185
2
3
4
Lencana
Kongkow