0
87
0
Jurus Jitu Menjadi Lebih Percaya Diri buat Kamu si Pemalu, Biar Nggak Minder Melulu!
3 months 'ago'

Sifat pemalu seringkali dianggap sebagai sebuah kelemahan. Dalam stereotip yang beredar di pergaulan, orang yang pemalu identik dengan orang yang introvert, kuper, pendiam, penyendiri, susah bergaul dan tidak percaya diri. Adanya stigma semacam itu menjadi beban tersendiri yang membuat si pemalu ragu bahkan takut untuk bersosialisasi.

Bagi si pemalu, menjadi orang yang supel dan percaya diri itu memang nggak gampang. Tapi nggak gampang bukan berarti tidak bisa dilakukan, kan? Ada banyak cara yang bisa kamu terapkan untuk menjadi lebih percaya diri, nihTipsnya!

1. Kenali dirimu sendiri, cari tahu apa yang menjadi penyebabmu sering merasa malu dan menarik diri

Sifat pemalu bukanlah kepribadian, bisa jadi itu adalah mekanisme pertahanan dirimu untuk menghindari sesuatu yang tak mengenakkan. Oleh karena  itu, coba kamu pikir lagi apa yang membuatmu menjadi takut dan sangat berhati-hati. Setelah menemukan penyebabnya, kamu akan tahu apa yang harus kamu perbaiki sehingga rasa malumu dapat segera teratasi.

2. Lakukan perbaikan namun jangan terlalu mengharap kesempurnaan

Setelah kamu menemukan apa yang harus diperbaiki, berubahlah pelan-pelan tanpa harus memaksakan diri. Jangan sampai niatmu untuk berubah justru membuatmu frustasi. Hargailah setiap peningkatan yang telah kamu lakukan, jangan terlalu terobsesi untuk mengejar kesempurnaan.

3. Temukan kelebihanmu dan kembangkan apa yang menjadi kekuatanmu

Jangan hanya terlalu berfokus pada apa yang perlu kamu perbaiki, temukan kelebihan-kelebihan lain dari dirimu untuk meningkatkan rasa keberhargaan diri. Setelah menemukan kelebihan diri sendiri, kembangkan terus agar semakin baik lagi. Hal itu akan membantumu untuk mengatasi rasa malu dan membuatmu menjadi lebih percaya diri.

4. Proyeksikan gambaran diri yang positif untuk mengurangi perasaan rendah diri yang negatif

Tidak ada yang salah jika kamu memiliki sifat pemalu. Jangan sampai kamu merasa ditolak, aneh, maupun rendah diri. Sadari dan terima kenyataan bahwa kamu memang pemalu dan tidak ada yang salah dengan hal itu. Berpikir demikian akan membuatmu merasa lebih nyaman menjadi diri sendiri.

5. Manfaatkan media sosial untuk bersosialisasi dan mengasah kemampuan interaksi

Jika kamu kurang percaya diri dalam bersosialisasi di dunia nyata. Kamu bisa berlatih untuk berinteraksi dengan orang lain lewat dunia maya. Namun kamu tetap harus ingat bahwa interaksi di dunia maya tidak bisa menggantikan interaksi sosial yang sesungguhnya.

6. Gabung organisasi atau ikut komunitas agar lingkaran pergaulanmu semakin luas

Kamu bisa mencoba bergabung dengan kelompok atau orang-orang yang memiliki minat dan tertarikan yang sama. Semakin banyak kamu bertemu orang baru, akan semakin luas lingkaran pergaulanmu. Rasa canggung di awal pasti ada, namun kamu akan bisa mengatasinya seiring dengan semakin seringnya kamu berinteraksi dengan orang lain.

7. Luangkan waktu untuk bertemu dan berkumpul dengan orang lain

Jangan hanya menunggu ajakan, nggak ada yang salah jika kamu yang mengajak bertemu duluan. Ini bisa menjadi langkah awal bagimu untuk latihan bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Semakin kamu terlatih, rasa percaya dirimu pasti akan semakin meningkat.

8. Sering-seringlah membantu orang lain yang membutuhkan bantuan

Jika kamu masih menunggu dan mencari-cari alasan untuk berinteraksi dengan orang lain, cobalah lebih sering untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan. Kamu bisa memulainya dengan hal kecil, misalnya menemani teman untuk makan bersama.

9. Perbaiki postur tubuh. Postur yang baik akan membuat dirimu terlihat lebih menarik

Hindari kebiasaan membungkuk dan menunduk. Tegakkan kepala dan berdirilah dengan tegap untuk memperbaiki posturmu. Bahasa tubuh akan memengaruhi apa yang kita rasakan terhadap diri sendiri sekaligus memengaruhi bagaimana orang lain memandang diri kita. Oleh karena itu, tunjukkanlah bahasa tubuh yang positif.

10. Nggak perlu jadi orang lain, tetap jadilah dirimu sendiri

Jangan memaksakan diri untuk menjadi seperti orang lain. Keluar dari zona nyaman tidak mungkin dilakukan secara instan. Kamu tentu tidak bisa dengan tiba-tiba berubah menjadi supel dan mudah bergaul, misalnya. Nikmati setiap prosesnya, tetaplah menjadi dirimu sendiri hanya saja dalam versi yang lebih baik.

Itulah cara-cara yang bisa kamu praktekkan untuk menjadi lebih percaya diri. Namun sebelumnya, hal yang paling penting dan utama yang harus kamu ingat adalah kamu harus mencintai diri sendiri dulu. Jika kamu sudah bisa mencintai dan menerima dirimu, akan lebih mudah bagimu untuk merasa nyaman dan percaya diri. Selanjutnya, kamu akan lebih mudah untuk mengatasi kecemasan-kecemasan yang kamu rasakan dalam pergaulan. Selamat mempraktikkan!

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
Lencana
Kongkow