0
20
0
Karier dan Pekerjaan Ternyata Beda Lho, Simak Yuk!
4 weeks 'ago'

Karier dan pekerjaan, dua kata yang sering kita dengar dan gunakan untuk menggambarkan aktifitas tertentu yang biasanya dibayar. Sering kali kita merasa bahwa pekerjaan dan karier adalah hal yang sama, ternyata, walaupun sering dinggap sama, karier dan pekerjaan itu memiliki makna yang sangat berbeda.

Apa sih beda nya karier dan pekerjaan?

1. Perbedaan dari segi etimologi

Karier dan Pekerjaan Ternyata Beda Lho, Simak Yuk!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karier dan pekerjaan memiliki makna yang berbeda. Karier adalah perkembangan dan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan, dan sebagainya; pekerjaan yang memberikan harapan untuk maju. Sedangkan pekerjaan adalah pencaharian; yang dijadikan pokok penghidupan; sesuatu yang dilakukan untuk mendapat nafkah.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa karier memiliki jenjang atau tingkatan kemajuan dalam pelaksanaannya, berbeda dengan pekerjaan, pekerjaan cenderung stagnan.

2. Perbedaan dari segi konsep

Karier dan Pekerjaan Ternyata Beda Lho, Simak Yuk!

Konsep dari sebuah pekerjaan adalah melakukan seseuatu untuk mendapatkan bayaran yang di tujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Sedangkan konsep karier sendiri adalah melakukan sesuatu yang menjadi cita cita dan tujuan kita.

Karier dapat mendatangkan rasa puas dan bahagia, sedangkan pekerjaan biasanya hanya di lakukan semata mata untuk memenuhi kewajiban sehari hari.

3. Perbedaan dari segi tujuan

Karier dan Pekerjaan Ternyata Beda Lho, Simak Yuk!

Karena karier di dasari oleh cita cita, maka sudah jelas tujuan dari karier adalah untuk memenuhi keinginan dan kepuasan dalam proses mencapai cita cita kita. Berbeda dengan pekerjaan, tujuan dari pekerjaan adalah untuk mendapatkan penghasilan dengan cepat.

Hal ini juga menunjukan perbedaan karier dan pekerjaan dari segi waktu, orang orang yang menjalani karier nya sebagai pekerjaan cenderung betah melakukan pekerjaannya dalam jangka waktu yang lama, sedangkan orang orang yang hanya bekerja biasanya hanya melakukan pekerjaannya hingga selesai untuk mendapatkan bayaran.

4. Perbedaan dari segi skill

Karier dan Pekerjaan Ternyata Beda Lho, Simak Yuk!

Untuk meniti karier, biasanya di butuhkan kemampuan di bidang ilmu tertentu yang di dapatkan melalui pendidikan formal. Sedangkan untuk mendapatkan pekerjaan biasanya kamu tidak perlu memiliki skill khusus, tugas yang di lakukan cenderung banyak memakai kekuatan fisik.

5. Perbedaan dari segi pendapatan

Karier dan Pekerjaan Ternyata Beda Lho, Simak Yuk!

Karier cenderung memberikan pendapatan yang relatif besar dan semakin meningkat seiring berjalannya karier kamu.

Sedangkan pendapatan pada pekerjaan cenderung hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup saja, dan biasanya tidak diikuti dengan peningkatan pendapatan.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow