0
100
0
Yuk Kenali Unit Kegiatan Mahasiswa Agar Kamu Mampu Mengembangkan Minat dan Bakatmu
3 months 'ago'

Keberadaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) penting di suatu perguruan tinggi. sebab, di UKM tersebutlah para mahasiswa mengasah minat dan bakat mereka di luar dari kemampuan akademiknya. Nah, bagi Quipperian yang sudah menetapkan hati memilih Universitas Tidar (Untidar) sebagai kampus masa depannya kiranya harus tahu di sana ada UKM apa saja.

Asal kamu tahu ya, di Untidar terdapat 16 UKM aktif yang bisa kamu pilih. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak artikel ini, yuk!

UKM Penelitian Program Hibah Bina Desa (PHBD)

UKM ini sangat cocok untuk kamu yang gemar melakukan penelitian dan memiliki pola berpikir ilmiah. Karena, UKM ini akan mengasah kemampuan kamu di bidang keilmuan.  Dengan mengikuti UKM Penelitian PHBD ini kamu akan dibentuk menjadi mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir secara ilmiah, kritis, dan kreatif.

Selain itu, UKM ini akan mengajarkan kamu bagaimana menjadi mahasiswa yang inovatif dan konstruktif. Tentunya, hasil penelitian anggota UKM ini akan diupayakan diterapkan pada masyarakat. Dengan demikian, bila kamu aktif di UKM ini maka kamu sudah memberikan dampak positif pada masyarakat lho! Asyik kan?

UKM Kreatifitas Mahasiswa

UKM Kreativitas Mahasiswa ini memiliki hubungan yang erat dengan UKM Penelitian PHBD. Karena, di UKM ini mahasiswanya juga didorong untuk mampu melakukan penelitian dengan kerangka berpikir kritis.

Perbedaan signifikan dengan UKM Penelitian PHBD ialah anggota UKM ini dipersiapkan untuk mengikuti Program Kreatif Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sedangkan, UKM Penelitian PHBD disiapkan untuk program bina desa yang juga diinsiasi oleh Kemenristekdikti.

Ada kalanya, UKM Keratifitas Mahasiswa bekerjasama dengan UKM Penelitian PHBD untuk membuat suatu karya ilmiah yang layak untuk mengikuti berbagai kompetisi ilmiah bergengsi. Menarik kan?

UKM Resimen Mahasiswa Macan Tidar

Untuk kamu yang senang dengan dunia kemiliteran dan kedisiplinan mungkin bisa mencoba bergabung di UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) “Macan Tidar”. Sebab, UKM ini merupakan UKM yang mengajarkan sikap disiplin, mental yang kuat, keterampilan dan kepemimpinan lapangan, kemampuan fisik, wawasan kebangsaan, ketahanan nasional, kesadaran bela negara, dan cinta tanah air.

Kalau kamu ingin bergabung di UKM ini, kamu harus mengikuti Praktik Pendidikan Dasar (Pradiksar) dulu ya, Quiperian. Pradiksar ini akan dipimpin langsung oleh Komando Distrik Militer TNI Angkatan Darat yang ada di Kota Magelang. Materi latihan yang diberikan seperti laiknya pelatihan militer. Karena, UKM Macan Tidar ini merupakan komponen cadangan militer mahasiswa.

Latihan tersebut bertujuan agar jika UKM Menwa dibutuhkan sewaktu-waktu, maka mereka sudah siap. UKM ini keanggotaannya tidak main-main loh. Setelah mengikuti Pradiksar dan dinyatakan lolos, maka nama kamu akan dicatat di Lembaga Resimen Mahasiswa Tingkat Jawa Tengah.

UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sulfur

Bagi kamu yang hobi naik gunung UKM ini sangat cocok untuk kamu. UKM pecinta alam di Untidar ini tidak hanya mengajakmu untuk naik gunung, tapi juga akan mengajarimu belajar berorganisasi. Di UKM ini, kamu akan belajar seputar pengetahuan umum pendakian, cara bertahan hidup, hingga cara melakukan pendakian yang baik dan aman.

Selain itu, kamu akan belajar mengadakan berbagai macam acara, tentunya sebagian besar berhubungan dengan kegiatan pecinta alam. UKM Sulfur ini memiliki acara rutin berskala nasional yang bernama “Sulfur Orienteering Competition” yang diadakan setiap 2 tahun sekali. Acara ini biasanya diikuti oleh mahasiswa pecinta alam dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

UKM Bengkel Seni

Bagi Quipperian pecinta seni wajib ikut di UKM Bengkel Seni Untidar. Karena, UKM ini menaungi semua jenis kesenian. Mulai dari seni musik, seni rupa, seni tari, seni peran, sinematografi, hingga seni sastra.

Banyak kegiatan yang telah diselenggarakan oleh bengkel Seni ini, loh! Kebanyakan memang masih berskala lokal, tapi beberapa diantaranya berskala nasional. Kegiatan yang dilakukan oleh UKM ini antara lain, latihan rutin bersama, pertunjukan seni, diskusi seni, dan kompetisi.

UKM Lembaga Pers Mahasiswa Mata

UKM Lembaga Pers Mahasiswa Mata ini dibentuk sebagai lembaga jurnalistik di lingkungan kampus. Fungsi dari UKM Pers Mahasiswa ini adalah untuk memberikan informasi kepada sivitas akademika Untidar sekaligus menjadi media kontrol sosial.

Di UKM Pers Mahasiswa kamu akan mendapat pengajaran seputar ilmu jurnalistik, seperti menulis sebuah artikel sesuai dengan kode etik jurnalistik, berlatih melakukan wawancara yang baik, dan belajar alur produksi sebuah media massa. Secara rutin, UKM Mata mengadakan pelatihan jurnalistik, baik untuk pengurusnya saja ataupun umum.

UKM Lembaga Dakwah Ar-Ribath

Untuk kamu yang saat SMA aktif di kegiatan rohani Islam, mungkin kamu cocok bergabung di UKM Ar-Ribath. Sebab, UKM ini merupakan lembaga dakwah kampus yang beranggotakan mahasiswa beragama Islam.

UKM Ar-Ribath memiliki acara rutin mingguan yang berupa kajian agama Islam. Anggota UKM ini juga seringkali melakukan kunjungan ke rumah para anggota untuk bersilaturahmi. Untuk acara tahunan, mereka mengadakan Islamic Fair yang bertujuan untuk mempererat ukhuwah islamiyah atau persaudaraan sesama muslim.

Tak hanya kegiatan keagamaan saja, UKM Ar-Ribath juga aktif di bidang lainnya lho! UKM ini pernah berpartisipasi dalam acara Islamic Football Competition yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Selain itu, UKM ini sering pula aktif dalam kegiatan bakti sosial.

UKM Racana Pramuka

Quipperian pernah menjadi pramuka saat di SMA? Kalau begitu, kamu akan cocok ikut UKM Racana Pramuka. Di UKM ini, kamu akan akan dibentuk untuk menjadi pribadi yang tangguh, pantang menyerah, terampil, dan suka menolong.

UKM ini sering melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan loh Quipperian. Salah satu kegiatan kemanusiaan yang rutin dilakukan ialah kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang. Acara donor darah tersebut diadakan setiap tanggal 22 Februari, bertepatan dengan kelahiran Bapak Pramuka Sedunia, yaitu Robert Baden-Powell.

UKM Paduan Suara Grandio Sonora Tidar

Bagi kamu yang tertarik dengan seni musik khususnya bidang tarik suara, kamu bisa bergabung dengan UKM Paduan Suara Grandio Sonora Tidar. Asal kamu tahu ya, UKM ini merupakan salah satu UKM favorit di Untidar, loh! Karena, banyak prestasi yang sudah mereka raih baik tingkat lokal maupun nasional.

Di tahun 2015 UKM Grandio Sonora Tidar  mengikuti kompetisi paduan suara tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ditahun yang sama, UKM ini mengikuti 4th Bali International Choir Festival di Bali. Di Tahun 2017 nanti, Grandio Sonora akan ke Thailand untuk mengikuti kompetisi paduan suara. Hebat kan!

UKM Kristiani

UKM Kristiani dibentuk sebagai wadah bagi mahasiswa beragama Kristen untuk saling bersosialisasi dan belajar berorganisasi. UKM ini memiliki kegiatan rutin berupa persekutuan dan kajian agama yang dilakukan seminggu sekali.

Terkadang mereka juga bersama-sama mengikuti kebaktian di gereja. Anggota UKM ini juga pernah mengikuti acara Persekutuan Mahasiswa Kristen Se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta lho!

UKM Olahraga

Untuk Quipperian yang hobi berolahraga bisa bergabung ke UKM Olahraga Untidar. UKM ini memiliki enam divisi olahraga yaitu sepak bola, bola voli, basket, futsal, tenis lapangan, dan taekwondo.

Masing masing divisi mengadakan latihan rutin setiap minggunya secara terpisah dan selalu aktif berpartisipasi dalam berbagai kompetisi loh, baik di tingkat antar universitas atau provinsi. Dalam mengikuti kompetisi, anggota UKM ini tidak jarang membawa pulang prestasi. Salah satunya seperti yang telah dilakukan divisi Taekwondo dalam kejuaraan Taekwondo Universitas Diponegoro (UNDIP) 2016 lalu. Tim dari atlit dari divisi Taekwondo Untidar berhasil meraih 4 perak, 5 emas, dan 4 perunggu di kompetisi tersebut.

UKM Kopma (Koperasi Mahasiswa)

Koperasi Mahasiswa ini merupakan UKM yang berfungsi sebagai ajang praktek langsung kewirausahaan. UKM ini baru saja meresmikan toko koperasinya loh! Dengan begitu, anggota UKM Kopma bisa belajar secara langsung tentang wirausaha.

Adapun, UKM ini juga mendorong kreativitas mahasiswa dalam berwirausaha. UKM ini juga memiliki kegiatan rutin seputar kewirausahaan, seperti field trip ke lokasi usaha, melakukan magang,  expo kewirausahaan, workshop kewirausahaan, dan lain sebagainya.

UKM Radio

UKM Radio sebenarnya sudah berdiri sejak 5 Mei 2006 dengan status radio komersil. Kala itu, kegiatan radio belum resmi sebagai kegiatan UKM Untidar. Saat Untidar berubah status menjadi Perguruan Tingi Negeri (PTN), status Radio Untidar ikut berubah menjadi radio komunitas.

Kemudian, pada tanggal 28 Mei 2016, UKM Radio ini diresmikan sebagai salah satu UKM Untidar. UKM ini telah menjadi sarana komunikasi juga publikasi di Untidar. UKM Radio bertugas untuk menyampaikan berita terbaru seputar kampus Untidar dan dunia pendidikan. Jika kamu punya kegiatan atau usaha, kamu juga bisa mempublikasikannya melalui radio Untidar ini, lho.

UKM Bahasa Asing

Untuk menghadapi persaingan global, maka Untidar mendirikan UKM Bahasa Asing agar dapat melatih mahasiswanya mampu berbahasa asing. Di UKM ini tentunya penguasaan bahasa asing yang diberikan ialah bahasa Inggris.

Di UKM Bahasa Asing ini, kamu akan diajari bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu, UKM ini juga akan memberikan tips bagaimana cara mempelajari Bahasa  Inggris dengan cepat.

UKM Mahasiswa Wirausaha

Satu lagi UKM berbasis kewirausahaan, yakni UKM Mahasiswa Wirausaha. UKM ini didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam berwirausaha. Perbedaan mendasar dari UKM Kopma ialah UKM ini menyasar pada pengembangan karakter kewirausahaan pada mahasiswa yang menjadi anggotanya, bukan sekedar mahir beriwirausaha retail semata.

Oleh sebab itu, di UKM ini terdapat kegiatan yang melatih ilmu kewirausahaan dari berbagai macam jenis wirausaha. Tentunya, hal yang paling dikedepankan pada tiap kegiatannya ialah menjadi seorang wirausahawan yang kreatif dan inovatif.

UKM Korps PMI

Selain UKM Pramuka, ada satu lagi UKM yang memiliki kegiatan kemanusiaan loh! UKM itu ialah UKM Korps Sukarelawan (KSR) PMI unit Untidar. Salah satu kegiatannya ialah mengadakan acara donor darah dan konsultasi kesehatan gratis. Kegiatan yang diadakan sebulan sekali itu merupakan hasil kerjasama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kota Magelang.

Antusias sivitas akademika Untidar terhadap acara donor darah ini cukup tinggi loh! Hal itu terbukti dalam sekali acara donor darah KSR Untidar berhasil menghumpulkan sedikitnya 44 kantong darah. Bagi kamu yang tidak bisa mengikuti donor darah kamu bisa datang ke acara ini mengikuti konsultasi kesehatan gratis. Kegiatan ini tentunya amat membantu PMI Kota Magelang. Karena, persediaan darah di Magelang masih terbilang sedikit.

Itulah beberapa UKM yang terdapat di Untidar. Bila kamu tertarik masuk ke Untidar, setidaknya kamu sudah mendapat beberapa gambaran perihal UKM yang ada di Untidar. Aktif di UKM pastinya akan sangat bermanfaat buatmu. Karena, kamu akan mendapat banyak pengalaman di UKM tempatmu aktif. Oleh sebab itu, Quipperian harus aktif di UKM ya ketika sudah kuliah di Untidar!

Follow Us On :
Ranking
1
azzahra
125
2
3
4
5
Lencana
Kongkow