0
21
0
Ini Manfaat Menulis yang Jarang Disadari
1 week 'ago'

Menulis bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang bagi mereka yang sudah terbiasa, hanya dalam hitungan tidak lebih dari 15 menit mereka mampu menuangkan apa yang terpikirkan tertuang dalam beberapa halaman. Dan dikata susah, karena banyak yang mengaku merasa kesulitan saat mengungkapkan apa yang terpikirkan, tema ada, gambaran umum juga ada, tapi sesaat setelah memulai menulis, tangan terhenti, moodnya mandeg lagi, dan banyak yang enggan menulis gara-gara ini. Anda mungkin menganggap menulis adalah kegiatan yang sepele, padahal Anda perlu melatih keterampilan ini semaksimal mungkin. Karena banyak manfaat yang Anda dapatkan dari menulis.

Melepas stres dan lebih bahagia

Saat Anda punya masalah dan menuangkannya dalam tulisan, ini akan membantumu menyembuhkan diri secara emosional, fisik, dan psikologis. Seperti orang yang merasa lebih enteng dari masalah saat bisa menceritakan kesedihannya pada orang lain, menulis pun akan membantumu melepas beban mental sehingga merasa lebih tenang dan bahagia.

Tingkatkan kecerdasan

Menulis bukan hanya meningkatkan IQ, tapi juga kecerdasan emosional. Ketika menulis, Anda akan belajar mengeksplorasi bahasa dengan menemukan serta menggunakan banyak kosa kata baru. Ini akan merangsang otak terus mengingat dan berkembang sehingga lebih cerdas. Lagipula, dengan belajar berbahasa Anda akan lebih pandai mengontrol kata-kata yang akan digunakan dalam tulisan. Nantinya, ini akan membuatmu jadi lebih cerdas secara emosional.

Latih kreatifitas

Menulis tidak selalu butuh kreatifitas, tapi bagaimana Anda membuat tulisan itu mengalir dan jadi lebih kreatif. Meskipun Anda bisa menemukan banyak kebuntuan saat menulis, di sisi lain Anda juga menemukan cara untuk lebih kreatif mengatasinya dan terlatih semakin kreatif untuk menulis sesuatu. Karena ada saatnya, Anda akan terkejut dengan ide yang Anda temukan dalam tulisanmu.

Menjaga Ingatan tetap kuat

Anda tahu kan bahwa orang yang memperdalam serta mengembangkan bahasanya akan terhindar dari kepikunan, dan ini pun salah satu manfaat menulis. Menulis seringkali memaksamu berpikir,mengeluarkan ide, memilih kosa kata, mengembangkan tulisan, hingga berhenti, dan kembali menulis dengan menyimpan ingatan tentang tulisan sebelumnya. Ini akan merangsang otakmu menerima dan mnyerap informasi sehingga lebih aktif mengingat.

Lebih disiplin

Menulis merupakan keterampilan yang perlu dilatih, dan untuk melatihnya Anda hanya perlu membiasakan diri menulis. Pada saatnya menulis jadi kebiasaan, ini akan memicumu mengembangkannya pada kebiasaan sehat dalam realita kehidupan lainnya, semisal menjaga kamar tidur tetap bersih, atau membuat ruang kerja selalu rapi.

Jadi tunggu apalagi, sekarang mulailah untuk menulis dan dapatkan manfaatnya. Selamat menulis!

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow