Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Tempat Kuliah

Yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Tempat Kuliah

- Senin, 11 Maret 2019 | 09:13 WIB
Yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Tempat Kuliah

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari tempat untuk menimba ilmu, utamanya bagi Anda yang baru saja lulus SMA, tentu memikirkan tempat dimana akan menimba ilmu selanjutnya. Perguruan tinggi mana yang akan dipilih? Tentu saja persoalan memilih perguruan tinggi ini harus sesuai dengan apa yang menjadi maksud dan tujuan si pemilih, agar apa yang di cita-citakan dapat benar-benar terwujud. Nah, untuk persoalan memilih perguruan tinggi ini juga, ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih sebuah perguruan tinggi. Apa saja alasan yang menjadi pertimbangan itu?

Biaya kuliah yang terjangkau
Saat melihat brosur-brosur informasi perkuliahan di sebuah perguruan tinggi, hal lain yang menjadi pertama kali dilihat adalah biaya studi / kuliah. Tak pelak, karena setiap orang pasti akan memperhitungkan besar kecilnya pengeluaran yang akan digunakan untuk membayar biaya kuliah, dan kemudian dipertimbangkan sesuai atau tidak dengan kemampuannya.

Sesuai dengan bidang minat
Tentu saja hal yang paling utama dan menjadi dasar seseorang memilih sebuah perguruan tinggi adalah kesesuaian dengan bidang minatnya. Seseorang yang tertarik dengan dunia gambar mungkin akan tertarik dengan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Arsitektur, begitu pun mereka yang senang berbicara di depan publik mungkin akan berminat pada perguruan tinggi yang menyediakan jurusan public relation.

Jaminan mutu/kualitas
Beberapa calon mahasiswa juga mempertimbangkan tentang hal ini. Beberapa calon mahasiswa menilai soal jaminan mutu ini dengan melihat seberapa banyaknya lulusan dari sebuah perguruan tinggi di terima kerja di perusahaan-perusahaan yang bonafid. Peringkat sebuah perguruan tinggi juga menjadi daya tarik tersendiri untuk menjaring calon mahasiswa.

Akreditasi Perguruan Tinggi
Bagi beberapa calon mahasiswa juga mementingkan soal ini, akreditasi perguruan tinggi banyak diminta oleh perusahaan-perusahaan yang mempunyai nama besar. Semakin bagus akreditasi sebuah perguruan tinggi, akan semakin memperbanyak peluang lulusan-lulusannya untuk dapat diterima kerja di perusahaan ternama itu.

Nah, kira-kira apa alasan Anda memilih sebuah perguruan tinggi? Semoga apapun alasan Anda itu, persoalan ilmu tetap menjadi nomor satu.

Cari Artikel Lainnya