0
36
0
Tak Hanya Lebih Sehat dari Nasi, 7 Sumber Karbohidrat Ini Juga Cocok Buat Diet
2 weeks 'ago'

Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita sulit untuk lepas dari nasi karena memang telah menjadi makanan pokok. Bahkan ada istilah yang bilang belum makan namanya kalau belum ada nasi. Sebagai salah satu sumber karbohidrat, nasi memang penting untuk memberikan energi pada tubuh kita. Namun ternyata nasi memiliki indeks glikemik atau glycemic index (GI) yang cukup tinggi. GI sendiri merupakan ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah, dimana semakin tinggi GI maka akan semakin mempercepatn kenaikan gula darah. Artinya semakin banyak mengkonsumsi nasi maka semakin tinggi juga gula darah kamu, Toppers. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan karena gula darah yang tinggi akan menyebabkan banyak penyakit serius, mulai dari obestitas, diabetes, sampai kolesterol

Nah buat kamu yang lagi dalam masa diet, sebenarnya ada 7 sumber karbohidrat alternatif yang bisa kamu cobain. Ke- 7 sumber karbohidrat alternatif ini terbukti kadar gula yang rendah sehingga sangat cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kabar gembiranya lagi 7 sumber karbohidrat ini ternyata lebih sehat loh karena memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang tidak dimiliki nasi.

1. Kentang

Salah satu jenis umbi-umbian ini memang sudah dikenal sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Kentang sendiri sering kita jumpai di restoran-restoran untuk menggantikan nasi meskipun sayangnya diolah dengan cara yang kurang sehat yakni digoreng. Padahal jika diolah dengan cara yang sehat seperti dikukus atau direbus, kentang memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh loh, seperti protein, kalsium, zat besi, dan serat yang cukup tinggi terutama jika dimasak bersama dengan kulitnya.

2. Talas

Oleh-oleh khas Bogor ini bisa kamu gunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi loh. Kandungan karbohidrat pada talas berupa pati dan bersifat mudah dicerna. Selain karbohidrat, talas juga memiliki kandungan protein dan serat yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi talas Toppers tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat tapi juga bisa mencegah resiko gangguan jantung dan darah tinggi.

3. Jagung

Jagung juga sudah lama dikenal sebagai makanan pengganti nasi. Kandungan karbohidrat pada jagung mampu memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Selain karbohidrat, ternyata jagung juga banyak mengandung nutrisi yang sangat baik loh seperti antioksidan, vitamin B, dan mineral. Bahkan pigmen warna pada Jagung sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan organ paru-paru. Buat Toppers yang ingin beralih ke jagung bisa mengolahnya dengan cara direbus, dikukus, atau Toppers juga bisa jadikan sebagai sup jagung yang lezat.

Kegiatan menyerut jagung jadi lebih mudah dengan alat Penyerut Jagung. Cocok banget buat kamu yang ingin membuat hidangan lezat dari jagung. Yuk beli dan coba sekarang juga!

4. Ubi Jalar

Meskipun harganya murah meriah, ubi jalar ternyata dinobatkan sebagai juaranya nutrisi dalam kelompok sayur-sayuran oleh Asosiasi Nutrisionis Amerika Serikat! Gimana nggak jadi juara, selain karbohidrat, ubi jalar juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, Fosfor, Zat Besi, Protein, sampai betakaroten. Ubi jalar juga memiliki kadar GI yang rendah serta kandungan serat yang tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet atau yang sedang ingin merubah pola makan menjadi lebih sehat. Oiya Toppers, jika ingin memasak ubi jalar harus sama kulitnya ya agar kandungan seratnya jadi tambah banyak.

5. Singkong

Meskipun sering dipandang sebelah mata karena dianggap makanan kelas bawah, singkong ternyata dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat loh, Toppers. Memiliki indeks glikemik yang rendah, singkong sangat cocok buat kamu yang menderita diabetes ataupun yang sedang ingin menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, ternyata singkong dapat menurunkan kolesterol jahat loh karena mengandung serat yang tinggi. Buat kamu yang ingin mengonsumsi singkong, sebaiknya olah dengan cara direbus atau dikukus ya agar nutrisinya tetap terjaga.

6. Pasta

Banyak orang yang menghindari makanan pasta, seperti spaghetti atau fettuccine karena takut gemuk. Padahal, pasta termasuk makanan yang rendah lemak loh Toppers. Makanan pengganti nasi ini mengandung karbohidrat namun dengan indeks glikemik yang rendah sehingga tidak masalah dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet.

7. Sukun

Meskipun kandungan karbohidrat pada sukun lebih tinggi dibanding nasi, tapi kadar kalorinya lebih rendah sehingga cocok buat kamu yang sedang diet. Tingkat GI nya yang rendah membuat Sukun  dapat membantu kamu mengendalikan kadar gula dalam darah. Sukun juga dikenal sebagai bahan pangan yang memiliki senyawa flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan ginjal loh.

Itu dia Toppers beberapa sumber karbohidrat alternatif yang bisa kamu coba. Terbukti kan nggak cuma nasi aja yang bisa bikin kamu berenergi.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow