0
82
0
Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Jurusan Teknik Informatika
3 months 'ago'

Apa itu teknik Infrormatika?

secara singkat saja, Teknik Informatika (IT) merupakan salah satu jurusan kuliah yang mendalami tentang penerapan logika dan pengelolaan informasi yang terdapat dalam komputer.

untuk lebih jauh lagi, Teknik informatika itu merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (baca:data) dengan memanfaatkan teknologi komputer seoptimal mungkin.

belajar di jurusan IT  nantinya kamu akan diajarkan proses-proses logika dalam sistem yang ada didalam komputer. Jadi secara kasar bisa dikatakan nantinya sedikit banyak kamu akan memahami bagaimana sih logika komputer itu bekerja? bagaimana sebuah kalkulator itu bisa menjumlahkan angka 1+1 dan hasilnya yang ditampilkan =2 intinya kamu akan belajar memahami logika.

JADI NANTINYA KAMU BUKAN CUMA SEKEDAR TAU: OH INI KOMPUTER, OH INI CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER, OH INI CARA MENGGUNAKAN INTERNET, OH INI CARA MENGOPERASIKAN WORD. TENTU TIDAK SESEDERHANA ITU” SEPERTI ORANG AWAM KEBANYAKAN.

Apakah Ilmu Yang kita dapat waktu kuliah di IT Bisa dipakai didunia kerja dan kehidupan sehari hari?

jawabanya tentu saja dipakai baik secara langsung maupun tidak langsung. karena kita tau jaman sekarang ini hampir segala hal dioperasikan dan dikerjakan menggunakan bantuan teknologi informasi dan komputer, sedangkan teknologi dan informasi itu adalah sebagian dari banyak kasus yang bisa kamu pelajari jika kuliah di jurusan TI.

Apa perbedaan mahasiswa kuliah jurusan informatika dengan Kursus komputer?

kalau kursus biasanya kamu hanya diajarkan untuk fokus kedam satu materi saja. Misalnya saja kamu kursus  visual basic (VB), ya dari awal sampai akhir kamu hanya akan belajar mengenai VB, pokoknya sampai kamu hafal dan juga expert dengan materi serta pemprograman VB tersebut.

Sedangkan kalau kuliah beda, kamu tidak diajarkan secara spesifik mengenai satu materi saja, tetapi sangat banyak dan sangat luas, jadi banyak pilihan nya,  kamu bebas menentukan salah satu dari mata kuliah yang nanti kamu ingin tekuni untuk bekal kamu bekerja.

bagus mana antara kuliah IT dengan kursus Komputer/Program?

jawabnya relatif ya? kalau kamu yakin dan percaya sebuah program itu berlaku terus menerus dan selalu dibutuhkan untuk pekerjaan kamu nantinya ya kursus programmerupakan pilihan yang bijak karena jangka waktunya relatif lebih cepat serta materi yang kamu dapatkan berfokus sehingga hasil yang kamu peroleh lebih maksimal.

kekurangannya kursus adalah jika sebuah program atau materi yang kamu kursus itu telah kurang diminati, atau ditinggalkan kamu tidak punya pilihan lain selain belajar dari awal materi/pemrograman yang baru. karena kita tau berapa lama sebuah bahasa permrograman itu digunakan karena sering berganti seiring dengan perkembangan jaman.

sedangkan jika kamu kuliah kamu akan mempelajari secara umum terkait ilmu informasi itu sendiri dan kamu juga bebas mendalami salah satu program/keahlian yang kamu minati, karena informatika itu sendiri tidak terlalu terfokus hanya di satu matakulaih, atau bahasa pemrograman.

kekurangannya yaitu biaya nya tentu lebih mahal daripada kursus, kedua waktunya relatif lebih lama dibandingkan kursus, dan yang terpenting kalau kamu tidak serius dan bekerja keras ingin mendapatkan kemampuan lebih maka kuliah kamu akan sia-sia karena kamu tidak memiliki keahlian sama sekali. karena kuliah informatika itu mempelajari banyak materi, bahasa pemrograman, dan juga algoritma, jadi mau kemana nantinya kamu mengambangkan diri itu diserahkan kepada mahasiswa itu sendiri.

emang apa aja sih yang bisa dipelajari di teknik Informatika nantinya?

Seperti yang sudah saya singgung di awal kuliah di Jurusan teknik informatika, kamu akan mempelajari ilmu yang bersifat teknik dan mendasar.

Sebagai contoh trouble shooting, aplikasi komputer, Sistem Basis Data (Datebase), desain grafis, pemrograman  Web , serta topik-topik berkaitan informatika dan informasi lain secara.

LULUS DARI TEKNIK INFROMATIKA KERJA JADI APA?

ini merupakan pertanyaan mainstream yang saya yakin masih banyak di tanyakan oleh teman-teman semua yang memiki keinginan untuk melanjutkan kuliah mengambil juruan Teknik Informatika.

sebenarnya mahasawa lulusan teknik informatika diharapkan mampu menjadi adalah menjadi pengembang (developer) aplikasi, praktisi IT termasuk Software Engineer, Network Engineer, Database Engineer, Games Engineer .

tapi lepas dari itupun sebenarnya kamu bisa kerja ditempat-tempat lain seperti menjadi tenaga pengajar (PNS) seperti guru dan dosen, karyawan perusahaan bumn, swasta, atau bahkan bisa juga menjadi seorang enterpreneur di bidang usaha.

atau kalau ingin lebih hebat lagi bisa menjadi sturtup enterpreneur di bidang tenologi seperti CEO buka lapak MAs Zakky, atau CEO Facebook mark zukerburg, dan pencipta google yakni larry page dan serge briin.

Sayangnya entah kenapa Kuliah Jurusan Teknik Informatika / IT saat ini masih banyak dipandang sebelah mata?

mungkin karena banyak dari masyarakat kita yang sekarang ini masih menganggap kalau kuliah  jurusan informatika itu bakalan susah mencari kerja.

padalah kalau kamu sedikit mau berusaha dan bekerja keras banyak peluang penghasilan yang bisa diperoleh dengan mendalai Teknik Informatika ini karena nantinya disana banyak teman teman kretif yang sering mencari penghasilan dari media digital, misalnya seperti blogger, android developer, dan bahkan tidak sedikit yang menjadi artis youtuber.

nah mungkin itu sedikit reverensi yang bisa berwirausaha bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat, dan ingat “apapun jurusan kuliah dan pendidikannya kesuksesan itu sejatinya berasal dari kerja keras dan kemauan”.

Follow Us On :
Ranking
1
2
Lencana
Kongkow