Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Tips Berikut Ini

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Tips Berikut Ini

- Sabtu, 21 Maret 2020 | 19:00 WIB
Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Tips Berikut Ini

Daya tahan tubuh atau yang sering disebut dengan sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan kuman, bakteri serta berbagai penyebab penyakit lainnya. Menurunnya tingkat daya tahan tubuh biasanya ditandai dengan mudahnya terkena flu, demam, sakit tenggorokan, batuk, dan infeksi. Musim pancaroba biasanya membuat orang rentan mengalami penurunan imunitas, sehingga dengan mudah virus menguasai tubuh dan menyebabkan gejala. Selain dari makan-makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Kita juga perlu untuk melakukan beberapa hal agar tidak mudah terserang berbagai macam virus dan bakteri.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Anda coba: 

  1. Banyak minum air putih. Tubuh kita 70% terdiri atas air sehingga jika kita kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Dengan banyak minum air, akan membantu tubuh untuk membuang toxin yang ada di dalam tubuh. Kekurangan air hingga dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, migrain, dan cepat stres.
  2. Harus tidur dengan cukup. Waktu yang ideal untuk tidur adalah 7-8 jam per hari. Selalu usahakan untuk tidur cukup setiap hari agar stamina senantiasa terjaga.
  3. Makan banyak sayur juga akan menjaga asupan nutrisi Anda tetap seimbang sehingga tubuh mendapat cukup bahan bakar untuk beraktivitas. Dengan jumlah asupan nutrisi yang cukup maka kekebalan tubuh juga akan selalu terjaga.
  4. Hindari stres atau tertekan. Penelitian menunjukkan bahwa stres bisa meningkatkan resiko terjangkit penyakit. Lakukan meditasi dan juga yoga untuk menenangkan pikiran Anda. Sediakan pula waktu untuk bersantai dengan mendengarkan musik yang menenangkan atau membaca buku yang menghibur.
  5. Mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Berkegiatan outdoor akan memastikan Anda mendapatkan paparan sinar matahari yang baik untuk kesehatan. Selain itu pikiran juga akan lebih fresh dan jauh dari stres.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu ada baiknya untuk mencoba mengikuti berbagai saran ini untuk kehidupan yang lebih sehat dan jauh dari penyakit. Semoga ini bisa bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya