0
17
0
Penting Gak Sih Menemukan Passion Kerja Sehabis Lulus Kuliah?
2 weeks 'ago'

“Happiness is turning your hobby into a paid job”.  Banyak yang beranggapan bahwa pekerjaan yang terbaik adalah ketika menjadikan hobi kita sebagai pekerjaan tetap. Dibayar untuk mengerjakan passion yang memang selama ini kita miliki, memang terdengar menyenangkan. Lalu bagaimana jika sampai saat ini kita belum juga menemukan passion dalam bekerja?

Mungkin kamu sering mendengar kata-kata motivasi bahwa lakukan apa yang kamu cintai, bekerjalah dengan penuh semangat sesuai dengan passion kamu. Kata-kata ini yang membuat banyak orang berpikir keras tentang apa yang harusnya ia lakukan dalam hidup.

Sebelum akhirnya kamu malah berakhir stress karena tidak menemukan passion dalam bekerja, mungkin saatnya menerima bahwa kata passion sendiri nampaknya terlalu kuat untuk menjadi patokan dalam memilih karir.

Pekerjaan yang Berarti

Banyak yang percaya bahwa karir yang kita miliki seharusnya adalah sesuatu yang menyenangkan sekaligus memuaskan untuk diri kita. Karir seharusnya sesuatu yang memberikan arti besar untuk hidup kita. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah. Alangkah baik dan beruntungnya jika kamu, memang bisa menemukan passion yang berarti dalam bekerja. Tapi, sesungguhnya kasus ini tidak berlaku untuk semua orang.

Mungkin apa yang kamu kerjakan tidak sebesar menciptakan penemuan baru, menyelamatkan nyawa, membuat seni yang dikenal banyak orang dan bahkan membuat dunia lebih baik. Tapi, bukan berarti apa yang kamu kerjakan tidak kalah berarti dan salah untuk dijadikan karir. Sesungguhnya semua hal yang dilakukan manusia itu berarti dengan caranya sendiri.

Tentu mereka yang bekerja di rumah sakit akan dianggap melakukan sesuatu yang amat berarti untuk masyarakat luas. Akan tetapi, tidak akan habisnya jika kita terus membandingkan apa yang kita lakukan dengan orang lain.

Mungkin kita tidak pernah benar-benar memikirkan bahwa sekecil apapun yang kita lakukan dalam pekerjaan, akan memiliki dampak yang bermanfaat bagi orang lain. Karena begitulah society ini bekerja, semuanya saling berkesinambungan, semua manusia butuh satu sama lain.

Bagaimana jika kita tidak menemukan passion?

Kata passion sendiri dapat diartikan dengan perasaan yang sangat kuat, baik rasa cinta maupun rasa benci. Dalam karir, yang dimaksud dengan menemukan passion biasanya berarti untuk benar-benar bekerja sesuai dengan apa yang kita cintai.

Pada kenyataannya, tidak semua orang dapat dengan mudah memberikan jawaban pasti tentang apa yang benar-benar ia cintai dan bisa ia jadikan karir. Tidak semua orang dengan mudah menemukan passionnya sejak dini seperti “saya cinta dan pandai dalam mendesain, maka saya akan menjadi seorang desainer”.

Pada akhirnya, tidak semua akan menemukan passion sesuai dengan apa yang dianggap ideal di masyarakat. Di sinilah saatnya kamu menerima apa yang lebih penting dari menemukan passion, yaitu untuk menikmati apa yang kamu kerjakan.

Kepuasan dalam berkarir tidak lagi diukur dari persoalan menemukan passion dan menjadikannya sebagai pilihan karir. Kepuasan dalam berkarir seharusnya diukur dari bagaimana kamu, menerima apa yang kamu kerjakan, melakukannya dengan sungguh-sungguh, dan meski belum sampai di level “cinta”, tapi cukup dengan menyukai apa yang kamu kerjakan.

Dibandingkan terus meratapi nasib kamu yang tidak juga menemukan passion, ada baiknya untuk mulai memikirkan kemampuan yang kamu miliki. Cobalah mulai mencari referensi pekerjaan di luar sana. Analisa kira-kira apa yang saat ini sedang dibutuhkan masyarakat, perusahaan dan bisnis apa yang sedang berkembang. Menemukan passiondalam proses memilih karir bisa mulai kamu gantikan dengan mencari pekerjaan yang cocok dengan kepribadian, minat, dan nilai-nilai yang kamu yakini.

Ubah Mind Set!

Jika kamu terus berharap bahwa setiap pekerjaan akan selalu mudah menyenangkan, dapat dipastikan kamu hanya akan berakhir dengan terus kecewa dan membenci pekerjaan kamu. Kamu tidak harus selalu menemukan passion, tapi kamu selalu bisa untuk mengembangkan apa yang kamu nikmati lakukan untuk menjadi passion. Kenali betul soft skills yang kamu miliki dan jadikan itu kekuatan untuk terus memilih pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu sukai.

Mungkin sudah saatnya kamu mengubah mind set bahwa kamu tidak harus menemukan passion selayaknya orang-orang di luar sana. Mungkin kini, saatnya kamu mulai percaya bahwa passion kamu dalam pekerjaan adalah untuk merasa nyaman dalam bekerja.

Percayalah bahwa apa yang kamu kerjakan tidak sia-sia. Semua orang memiliki jalan dan waktunya masing-masing, termasuk dalam berkarir. Teruslah bekerja dengan hati, karena pada akhirnya menemukan passion juga persoalan bagaimana kamu menggunakan segenap hati kamu dalam bekerja.

Tentu akan ada saat di mananya kamu merasa bosan dan stress saat bekerja. Tidak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan tips dan informasi mengenai inspirasi karir di Glints Blog. Lalu jika kamu memang sedang mencari lowongan pekerjaan.

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow