0
40
0
7 Langkah untuk Membantumu Menemukan Potensi Diri
2 months 'ago'

Menemukan potensi diri memang bukan hal yang mudah. Tidak jarang, seseorang salah langkah dan harus mulai dari awal lagi. Atau kasus lain, ada yang sampai sekarang belum mengetahui potensi diri sendiri sehingga tidak tahu harus mulai “melangkah” dari mana.

Ketika merasa clueless tentang tujuan hidup, bukan berarti kamu tidak memiliki potensi diri kok. Lagipula, timing setiap orang memang berbeda-beda. Jadi, jangan frustasi dulu karena ada beberapa langkah yang bisa membantumu menemukan potensi tersebut.

Langkah 1:  Buat keputusan untuk berkembang

potensi diri

Langkah pertama untuk menemukan potensi diri adalah dengan membuat keputusan secara sadar bahwa kamu ingin berkembang dan berubah menjadi lebih baik. Keinginan untuk berubah dan berkembang sangat bagus untuk dapat membuat kamu bergerak maju. Keputusan ini adalah bentuk dari niat untuk menggali potensi diri.

Ketika kamu sudah memiliki niat maka kamu akan dapat melakukan berbagai cara untuk menemukan potensi diri. “Semua tindakan berawal dari sebuat niat,” memang terdengar seperti sebuah kalimat yang sangat klise, tapi kamu pasti juga setuju bahwa pernyataan ini memang benar adanya.

Langkah 2: Kenali diri sendiri

potensi diri

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk menemukan potensi diri adalah dengan belajar mengenali diri sendiri. Dalam dunia profesional, sangat penting bagi seseorang untuk mengetahui tentang kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Untuk dapat mengenali diri sendiri, kamu juga bisa bertanya pada orang-orang di sekitarmu tentang bagaimana mereka melihat kepribadianmu. Kebanyakan orang mungkin tidak akan memberitahumu secara langsung apa hal yang tidak mereka sukai dari dirimu. Tapi jika kamu meminta pendapat jujur mereka dan memberi tahu tujuanmu adalah untuk lebih mengenal dirimu sendiri, tentu orang lain akan menjawabnya. Asalkan kamu juga tidak tersinggung dengan segala jawaban yang didapat.

Ketika kamu sudah mengetahui kekurangan dan kelebihanmu juga kekuatan dan kelemahanmu, maka kamu juga akan mengetahui apa saja yang harus kamu kembangkan dan perbaiki. Tentunya dengan semakin mengenal diri sendiri kamu juga akan semakin mengerti apa potensi diri yang kamu miliki.

Langkah 3: Menyingkirkan rasa takut akan kegagalan

potensi diri

Setelah kamu sudah mengenal dirimu lebih dalam, langkah selanjutnya yang akan membantu kamu untuk menemukan potensi diri adalah dengan menyingkirkan rasa takutmu terhadap kegagalan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pemikiran kita tentang kegagalan akan sangat mungkin membuat seseorang meragukan tentang potensi diri yang dimilikinya. Sebuah kegagalan seharusnya tidak menghalangi kamu untuk terus menggali potensi diri dan mengembangkannya.

Untuk dapat menemukan potensi diri, kamu harus selalu menganggap bahwa kegagalan adalah sebuah hal yang wajar terjadi pada setiap usaha yang kamu lakukan. Jika kamu sudah tidak merasa takut pada kegagalan, maka akan dapat menjadikan kegagalan tersebut sebagai pembelajaran dan alasan untuk berusaha lebih baik lagi mencapai yang kamu inginkan.

Langkah 4: Tetapkan tujuan

potensi diri

Sepertinya mustahil bagi seseorang untuk menjalani kehidupan tanpa tujuan. Sebuah tujuan akan menentukan ke arah mana kamu akan berjalan. Begitu juga ketika kamu ingin memaksimalkan potensi diri yang kamu miliki, kamu juga harus mengetahui ke mana tujuanmu.

Tujuan yang kamu tetapkan bukan sekedar tujuan besar dan umum seperti “ingin menjadi orang sukses” atau sejenisnya, tapi juga tujuan-tujuan kecil yang nantinya juga akan membantu kamu memncapai tujuan besar dalam hidupmu. Pastinya akan lebih mudah untuk kamu mencapai sesuatu ketika kamu mengetahui secara spesifik apa hal yang kamu inginkan dan akan kamu lakukan.

Langkah 5: Meraih tujuan melalui langkah kecil

potensi diri

Setelah menentukan tujuan, sekarang saatnya kamu untuk mencapai tujuan tersebut. Kamu bisa memulai dengan langkah kecil untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika kamu berhasil mengambil langkah kecil, kamu akan membuktikan pada dirimu sendiri bahwa kamu dapat melakukan lebih dari yang kamu pikirkan. Mencapai tujuan kamu melalui langkah-langkah kecil juga akan lebih mempermudah kamu untuk mempelajari potensi diri yang kamu miliki.

Jika kamu merasa kesulitan menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, kamu bisa belajar dari orang-orang yang telah mencapai tujuan yang sama. Kamu bisa mencari inspirasi dimanapun termasuk blog, buku, ataupun bertanya langsung pada orang yang sudah kamu kenal.

Langkah 6: Buat daftar pencapaian

potensi diri

Langkah selanjutnya yang dapat membantu kamu menemukan potensi diri adalah dengan membuat daftar hal-hal yang telah kamu capai. Selain sebagai apresiasi pada dirimu sendiri, daftar kesuksesan ini juga akan sangat membantu kamu terutama saat kamu menghadapi kendala ketika ingin mencapai tujuanmu yang lain. Kamu akan kembali percaya diri karena kamu tahu bahwa kamu sebelumnya juga memiliki tujuan dan telah berhasil mencapainya. Pada dasarnya, pencapaian besar adalah kumpulan dari banyak pencapaian kecil yang sudah kamu lakukan.

Langkah 7: Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

potensi diri

Pernah mendengar istilah, “Rumput tetangga selalu terliat lebih hijau“? Sebagian besar orang pasti sudah pernah mendengarnya dan juga merasakannya. Ketika kita memiliki satu pencapaian dan melihat orang lain memiliki pencapaian lebih besar, kebanyakan dari kita akan merasa bahwa pencapaian kita tidak pantas untuk dibanggakan. Padahal, bukan seperti itu seharusnya kita melihat pencapaian orang lain. Jika membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka tidak ada pernah habisnya dan pada akhirnya kamu tidak pernah menyadari potensi diri yang kamu miliki.

Ketika melihat orang lain memiliki pencapaian yang lebih besar, cukup dijadikan motivasi diri bahwa jika orang lain bisa mencapainya, kamu juga tentunya akan bisa menuju ke sana. Ketika sudah menemukan potensi diri dan dapat mengembangkannya, tujuan yang kamu inginkan juga tentunya akan lebih mudah tercapai.

Itu dia 8 langkah yang bisa membantu kamu untuk menemukan potensi diri. Pada dasarnya semua harus dimulai dengan kepercayaan bahwa kamu memiliki potensi diri lebih dari yang kamu tahu. Ditambah juga dengan kesadaran bahwa setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda, jadi tidak perlu berpikir bahwa kita memiliki potensi diri dibawah orang lain. Selamat mencoba langkah-langkah di atas dan menemukan potensi diri yang ada dalam dirimu!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow