0
102
0
Kenali Potensi Diri Anda dengan 7 Cara Berikut Ini
6 months 'ago'

Banyak orang tidak memahami dirinya dengan baik, baik itu karakter, sikap, maupun potensi yang ada di dalam dirinya. Mungkin hal ini juga terjadi pada Anda. Akibat dari ketidakmampuan mengenali diri sendiri, Anda tak dapat menggali lebih dalam kelebihan-kelebihan yang dimiliki sehingga potensi itu akan selamanya terpendam tanpa pernah muncul ke permukaan.

Ketika orang lain bertanya mengenai potensi diri Anda, Anda tak mampu menjawabnya. Padahal jawaban tersebut sangat penting bagi keberlangsungan karier Anda, misalnya sewaktu jadwal wawancara kerja. Jika Anda tak pernah mengenali diri sendiri, bagaimana Anda dapat mengembangkan potensi tersebut untuk mencapai segala tujuan hidup Anda.

Perlu diketahui, untuk memahami diri sendiri tidaklah mudah. Butuh waktu dan proses agak lama karena Anda harus memperhatikan perkembangan diri secara lebih detail. Jika Anda ingin mengenali potensi diri, ikuti 7 cara ini:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

1. Luangkan waktu 15 menit setiap hari

Luangkan waktu 15 menit setiap hari
Luangkan waktu 15 menit setiap hari

Siapakah Anda? Jika Anda belum dapat mengenal diri sendiri dengan baik, coba luangkan waktu 15 menit setiap hari untuk merenung. Tanyakan dalam hati mengenai kelebihan dan kekurangan diri sendiri, lalu tulis dalam bentuk poin-poin secara detail. Dari poin-poin tersebut, Anda dapat melihat poin mana yang harus dibenahi untuk kemajuan di masa yang akan datang. Agar lebih fokus, pergilah ke tempat sepi. Pastikan tempat tersebut minim gangguan, terutama suara. Lakukan setiap hari sampai Anda mengetahui jati diri yang sebenarnya.

2. Mencoba hal-hal baru

Melakukan hal-hal baru di luar dari kegiatan sehari-hari memiliki risiko yang besar. Namun, sampai kapan Anda harus takut terhadap suatu risiko? Jika terus diselimuti rasa takut, Anda akan sulit berkembang sehingga potensi yang sudah ada semakin terkubur hingga akhirnya hilang seiring berjalannya waktu. Dengan mencoba hal-hal baru, Anda dapat mengetahui kemampuan Anda yang lain di samping bidang yang sedang Anda kerjakan saat ini. Hal tersebut akan sangat membantu Anda mengenali diri sendiri lebih jauh.

3. Jangan takut mengambil keputusan

Setelah melakukan dua langkah di atas, sekarang saatnya mengambil keputusan mengenai apa saja yang akan Anda lakukan untuk menggali potensi diri. Segera ambil tindakan, hindari kebiasaan menunda-nunda agar waktu yang Anda miliki menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Apabila keputusan yang diambil berakhir dengan kegagalan, jangan menyerah begitu saja. Karena mengenal potensi diri pun butuh usaha. Petik hikmah dari kegagalan dan jadikan pelajaran sehingga keputusan hari esok membuahkan hasil maksimal seperti yang diharapkan.

4. Bergaul dengan orang-orang baru

Dalam praktiknya, Anda mungkin mengalami kesulitan saat menemukan potensi diri. Tapi, jangan khawatir karena orang-orang di sekitar bisa membantu. Agar relasi semakin banyak, diversifikasi lingkungan pergaulan sehari-hari. Jika perlu, bergabunglah ke lingkungan baru untuk lebih mengenal dunia sekitar. Pastikan Anda bergaul dengan orang-orang yang selalu berpikiran positif dan haus akan kesuksesan. Dalam lingkungan seperti ini, Anda bisa mendapatkan pelajaran berharga yang belum pernah didapat sebelumnya.

5. Ikut seminar, workshop, dan kegiatan positif lain

Kesuksesan seseorang tidak terlepas dari faktor keberuntungan. Namun, jangan terlalu mengharapkan hoki jika ingin maju karena tidak ada yang pernah tahu kapan keberuntungan akan terjadi. Daripada mengharapkan ‘dewi fortuna’ terus-menerus, lebih baik cari kegiatan yang dapat mengembangkan potensi diri, seperti ikut seminar, pelatihan, workshop, atau mengikuti acara motivasi dari para pakarnya. Kesuksesan yang diperoleh dari kerja keras tentu lebih membanggakan. Dalam prosesnya, Anda bisa mempelajari banyak hal yang sangat berguna untuk meningkatkan potensi diri sendiri.

6. Tetapkan tujuan

Hidup tanpa tujuan ibarat menghidupkan lilin tanpa korek api, sama-sama tidak membuahkan hasil apapun. Adanya sebuah tujuan akan membantu Anda lebih bersemangat untuk menggapai sesuatu. Hal yang sama juga berlaku untuk potensi diri. Anda harus mampu menentukan tujuan dari potensi yang dimiliki. Tujuan yang ditetapkan tidak harus besar untuk menuai hasil maksimal. Tujuan kecil juga sudah cukup untuk menuntun Anda dalam mewujudkan keinginan asalkan Anda memiliki gambaran mengenai hal-hal yang ingin dilakukan.

7. Pertahankan komitmen

Pertahankan komitmen
Pertahankan komitmen

Motivasi untuk mengenal diri sendiri perlahan akan surut jika Anda tidak menemukan hasil apa-apa. Sikap ini sebenarnya harus dihindari karena dapat menjadi penghalang Anda untuk maju. Usahakan agar Anda tetap semangat, bergairah, dan termotivasi dalam menjalani hidip, sehingga komitmen yang ditetapkan di awal tidak hilang begitu saja. Cari orang yang dapat mengingatkan Anda untuk tetap berkomitmen.

Sudahkah Anda Mengenal Diri Sendiri?

Awalnya Anda sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Anda juga menganggap diri sendiri lebih buruk daripada orang lain. Namun dengan mengenal potensi diri, pikiran buruk ini perlahan akan hilang sehingga Anda lebih fokus untuk meningkatkan kualitas diri. Jika saat ini Anda belum bisa mengetahui jati diri yang sebenarnya, praktikkan 7 cara di atas untuk mempermudah prosesnya. Selamat mencoba!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow