Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Rasa Cemas bagi Otak Anda

Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Rasa Cemas bagi Otak Anda

- Jumat, 18 Januari 2019 | 08:51 WIB
Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Rasa Cemas bagi Otak Anda

Dari sekian banyak efek negatif rasa cemas , ternyata hal tersebut juga memiliki dampak positif bagi otak tepatnya ingatan Anda.

Dilansir dari Zeenews, sebuah penelitian dalam jurnal Brain Sciences, menunjukkan bahwa rasa cemas yang masih tertangani dapat membantu seseorang mengingat kejadian lebih rinci.

Sebaliknya, bila rasa cemas terlampau tinggi dan berubah menjadi rasa takut, hal tersebut dapat membuat sesuatu yang netral dianggap memiliki unsur negatif.

"Orang dengan kecemasan tinggi harus berhati-hati. Pada tingkat tertentu, ada kecemasan yang dapat menguntungkan proses ingatan. Tapi kami tahu dari penelitian lain bahwa tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan orang mencapai titik kritis, yang mempengaruhi ingatan dan penampilan mereka," kata profesor University of Waterloo, Kanada, Myra Fernandes.

Untuk penelitian ini, peneliti melakukan penilaian terhadap 80 mahasiswa di University of Waterloo.

Setengah dari peserta secara acak diberikan tugas kelompok untuk melakukan instruksi pengkodean dalam. Sementara separuh lainnya ditugaskan melakukan pengkodean dangkal.

Hasil penelitian ini menunjukkan individu yang memiliki rasa cemas tinggi menjadi lebih peka terhadap pengaruh konteks emosional di ingatan mereka.

Hal tersebut membuat sesuatu yang memiliki makna netral, menjadi tercemar dan dianggap sebagai ancaman oleh mereka yang memiliki rasa cemas tinggi.

"Dengan memikirkan kejadian emosional atau dengan memikirkan kejadian negatif, ini mungkin membawa pola pikir negatif yang dapat membuat Anda bias atau mengubah cara Anda memandang lingkungan," jelas Christopher Lee, peneliti dari University of Waterloo.

Cari Artikel Lainnya