0
51
0
Dongkrak Semangat, 7 Ritual Ini Wajib Dilakukan Sebelum Jam 8 Pagi
2 months 'ago'

Salah satu kebiasaan yang sebenarnya baik untuk dilakukan adalah bangun pagi. Namun, tak sedikit dari kita yang masih malas melakukannya dan memilih lanjut dalam lelapnya tidur. Tapi, jika di antara kamu sudah rutin bangun pagi maka pertahankanlah. 

Rutinitas bangun pagi yang sudah kamu jalani tak lengkap rasanya bila tak diikuti dengan melakukan beragam 'ritual' untuk mendongkrak semangat. Apa saja sih 'ritual' yang wajib dilakukan di pagi hari sebelum jam 8 pagi? Berikut tujuh di antaranya.

1. Berdoa atau meditasi untuk jernihnya pikiran

Dongkrak Semangat, 7 Ritual Ini Wajib Dilakukan Sebelum Jam 8 Pagi

Melakukan meditasi atau berdoa kepada Sang Pencipta jadi satu 'ritual' yang tak boleh terlewat di pagi hari. Aktivitas ini berguna agar pikiran kita lebih jernih dan terisi oleh hal-hal positif.

Selain itu, bermeditasi dan juga berdoa dapat jadi sarana untuk memanjatkan rasa syukur atas apa yang dimiliki oleh diri kita saat ini. Lakukanlah secara rutin selepas bangun pagi sebelum memulai aktivitas lain untuk ketenangan diri menghadapi seabrek tantangan yang bakal dijalani.

2. Tulis jurnal harian untuk atur kegiatanmu

Dongkrak Semangat, 7 Ritual Ini Wajib Dilakukan Sebelum Jam 8 Pagi

Selain bermeditasi atau berdoa, kamu tak boleh lupa untuk mencatat daftar kegiatan yang bakal dijalani selama sehari. Ini dimaksudkan agar semua aktivitas dapat berjalan dengan baik dan tidak saling mengganggu satu sama lain.

Sempatkan waktu 10 hingga 15 menit setiap pagi untuk mengecek dan mengatur jadwal kegiatanmu. Jadwal tertata, segala aktivitas lancar terlaksana.

3. Bacalah koran atau portal berita untuk selalu update informasi

Dongkrak Semangat, 7 Ritual Ini Wajib Dilakukan Sebelum Jam 8 Pagi

Kesibukan yang dijalani tiap hari tak jadi alasan buat kamu untuk tak mengikuti perkembangan terbaru saat ini. Nah, kamu yang sudah rajin bangun pagi bisa lho menyisihkan waktu 5 sampai 10 menit untuk membaca berita lewat surat kabar atau majalah. Jika kamu gak berlangganan maka portal berita bisa jadi alternatif memperoleh informasi.

Sebisa mungkin kamu mendapatkan asupan informasi tiap harinya agar tidak ketinggalan berita terkini yang hangat dibahas. Gak mau kan dibilang kudet oleh temanmu?

4. Dengarkan lagu guna tingkatkan mood

Dongkrak Semangat, 7 Ritual Ini Wajib Dilakukan Sebelum Jam 8 Pagi

Pagi hari juga jadi momen pas untuk mendengarkan lagu untuk meningkatkan mood. Kamu bisa menyusun playlist lagu-lagu yang bikin semangatmu bertambah. Kamu juga bisa mencari daftar lagu lewat aplikasi streaming musik yang tersemat di smartphone kamu.

Beberapa aplikasi sudah menyiapkan playlist lagu berdasarkan kategori yang disesuaikan dengan kondisimu. Ingat, pilihlah playlist yang berisi lagu yang bikin semangat bukan yang malah bikin kadar galau meningkat ya.

5. Seruput secangkir kopi atau teh untuk sehatkan tubuh

Dongkrak Semangat, 7 Ritual Ini Wajib Dilakukan Sebelum Jam 8 Pagi

Menikmati secangkir kopi atau teh di pagi hari ternyata membawa banyak manfaat untuk tubuh. Selain bikin badan hangat, kandungan dari secangkir kopi atau teh bisa bikin tubuh sehat.

Kandungan antioksidan dalam kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit parkinson dan diabetes tipe dua. Tak hanya pada kopi, antioksidan yang ada dalam teh juga ampuh mencegah pengerasan pembuluh darah serta menyehatkan otak.

Meski baik untuk kesehatan, kamu perlu mengatur tingkat konsumsi kopi atau teh tiap harinya. Minum teh atau kopi maksimal tiga cangkir tiap hari agar kandungan di dalamnya benar-benar optimal untuk tubuh.

6. Isi energimu dengan sarapan

Dongkrak Semangat, 7 Ritual Ini Wajib Dilakukan Sebelum Jam 8 Pagi

Menjalani segudang aktivitas memang memerlukan banyak energi. Nah, biar tubuh tidak lemas saat berkegiatan maka jangan pernah lewatkan sarapan. Ada beberapa manfaat yang didapat dari sarapan pagi.

Selain memberi energi, konsentrasimu juga makin terjaga karena asupan makanan serta minuman yang kamu konsumsi di pagi hari. Sarapan pagi juga bisa menghindarkanmu dari penyakit maag karena pola makan yang kurang baik.

Kamu bisa mengonsumsi sandwich atau sereal untuk mengisi perutmu. Jika ada waktu lebih maka kamu bisa mengkreasikan lebih banyak bahan makanan untuk disantap pada pagi hari. Nasi goreng dengan lauk tempe dan potongan wortel bisa jadi salah satu menu sarapan pagi yang bisa dibuat.

7. Bugarkan tubuh dengan berolahraga

Dongkrak Semangat, 7 Ritual Ini Wajib Dilakukan Sebelum Jam 8 Pagi

Bangun pagi juga memberikan waktu untuk berolahraga. Sisihkan waktu 15 hingga 20 menit untuk senam kecil-kecilan atau jogging di sekitar rumah. Jika merasa betah di dalam rumah tak ada salahnya kamu mencoba untuk beryoga selama 10 hingga 15 menit. Dengan menyempatkan waktu berolahraga tubuhmu akan makin bugar dan siap menjalani berbagai aktivitas tiap harinya.

Ritual-ritual pagi ini dapat kamu terapkan mulai dari sekarang. Ini juga demi kebaikan dirimu lho. Jadi, sudah siap melakukannya secara rutin tiap pagi?

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow