0
19
0
5 Nasihat yang Patut Dicontoh dari Guru Terbaik di Dunia
2 weeks 'ago'

Apakah Anda masih ingat siapa guru pertama Anda di sekolah? Kalau lupa, coba ingat-ingat kembali karena guru tersebut sangat berjasa dalam mendidik Anda.

Guru adalah orang yang menyampaikan ilmu dan mengajarkan bagaimana caranya untuk berperilaku baik dalam menjalani kehidupan. Sesuai dengan peribahasa "guru kencing berdiri, murid kencing berlari" kecerdasan setiap murid ditentukan dari seperti apa gurunya, dengan kata lain, murid adalah cerminan guru.

25 November yang merupakan hari guru nasional, momen ini dapat kita jadikan sebagai acuan dan mendukung kemajuan kualitas guru. Guru yang baik tidak hanya mengajarkan teori saja, tetapi mesti mengajarkan bagaimana cara untuk bersikap dengan benar. 

Salah satu cara untuk menjadi guru yang berkualitas adalah dengan mempelajari bagaimana cara guru yang berhasil dalam mendidik murid-muridnya.

Berikut ini beberapa tips dan nasihat guru-guru terbaik dari berbagai negara tentang bagaimana cara menjadi guru yang hebat.

1. Mengajarkan Kejujuran

Molly Pollak, 40 tahun menjadi guru bahasa Inggris menengah dan tinggi di New York City. Kata-katanya adalah, "Saya akan mengatakan yang sebenarnya, Anda mengatakan yang sebenarnya, sisanya adalah pandangan Anda tentang hal tersebut." Dia mengutamakan kejujuran dan kebenaran.

2. Bersikap Peduli

Tia Tsosie Begay, kerap disapa sebagai Begay adalah guru asal Arizona. Dia berpendapat, "Bagi saya guru yang baik adalah yang peduli pada muridnya. Saya senang saat mendengar mereka berkata, 'Miss Begay adalah guru yang selalu memerhatikan saya. Dialah yang akan saya cari saat saya membutuhkan nasihat.' " Guru harus peduli kepada muridnya.

3. Percaya Terhadap Kesuksesan Mereka

Ali Shalalha, kepala sekolah Beit Jann Comprehensive School di Israel pernah berkata, "Hal yang harus dihindari adalah saat kita meremehkan kemampuan murid kita dan mengunggulkan yang lain. Percayalah setiap murid memiliki kemampuan masing-masing. Tugas kita sebagai guru untuk membimbingnya." Dia memandang bahwa setiap murid pasti unggul dalam bidangnya masing-masing. Dan tidak perlu menjadikan salah satu murid sebagai 'anak emas'

4. Yakinkan Murid Bisa

Thomas Whaley, guru kelas 2, Patchogue, New York memiliki cara dalam mengajar para murid dengan cara membuat murid menjadi penasaran. Dia berkata, "Dibutuhkan usaha yang berbeda untuk mengajari setiap siswa, terutama bagi seorang siswa yang belajarnya lamban, buatlah mereka agar merasa cukup percaya diri untuk mengatakan,'saya tidak tahu, tetapi saya ingin tahu.' "

5. Menceritakan Kisah Sukses

Rodney Carey, guru kesetaraan SMA, New Orleans memiliki prinsip bahwa guru tidak dapat menentukan kerhasilan muridnya. Sesuai dengan ucapannya, "saya tahu bahwa sebagai guru, Anda tidak dapat membuat keberhasilan semua orang. Namun jika salah satu dari mereka bisa menyelesaikan pendidikannya, pergi ke perguruan tinggi dan saya melihat dia di masa depan berhasil melakukan sesuatu yang baik dengan hidupnya, itu membuat saya berpikir bahwa apa yang saya lakukan semuanya berharga."

Itulah beberapa tips dan nasihat dari guru-guru terbaik di dunia kepada guru lainnya agar menjadi guru yang berkualitas dan berdedikasi tinggi. 

Memang menjadi guru bukanlah hal yang sepele, tetapi memerlukan pengorbanan dan jasa yang besar terhadap keberhasilan murid-muridnya, oleh karena itu, bila Anda sebagai murid, hormatilah guru Anda dengan belajar dan mengenangnya.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow