0
61
0
10 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Kecerdasanmu Meningkat, Tanpa Perlu Usaha Berat
3 weeks 'ago'

Tidak ada orang yang terlahir bodoh atau terlahir pintar. Yang ada, adalah orang yang mau berpikir dan malas berpikir. Kecerdasan tidak turun dari langit, tapi diperoleh dengan cara berlatih dan belajar.

Beberapa orang memang punya IQ di atas rata-rata, tapi itu tidak berarti bahwa kecerdasannya turun dari langit. IQ yang tinggi itu perlu dan harus diasah agar kecerdasan juga maksimal. Membaca buku memang perlu, tapi kenyataannya memang tidak semua orang tahan membaca buku tebal. Tapi tidak perlu khawatir kalau kamu kurang suka membaca buku, ada lifehack sehari-hari ini yang bisa kamu terapkan untuk menambah kecerdasan.

1. Jangan biarkan waktumu sia-sia saat terjebak kemacetan. Rajin-rajin baca surat kabar online bagian hot topics agar kamu tahu perkembangan dunia

Sambil nunggu kereta, baca koran online

Kalau dipikir-pikir, dalam 24 jam sehari, banyak waktu-waktu tidak produktif kita yang sia-siakan. Misalnya, saat kamu naik kendaraan umum ke kantor dan terjebak kemacetan. Atau mungkin kamu sedang antre panjang untuk naik lift plus waktu yang kamu gunakan untuk naik lift. Daripada kamu hanya bengong selama kena macet di jalan atau menunggu lift membawamu dari lantai 1 ke lantai 30, lebih baik manfaatkan waktumu untuk membaca surat kabar online. Pilih bagian hot topics agar kamu selalu update dengan perkembangan dunia. Toh kini dengan smartphone yang kamu punya, tinggal klik-klik saja kamu sudah bisa keliling dunia.

2. Scrolling media sosial jangan cuma buat ngepoin mantan. Follow juga akun-akun yang edukatif

Follow juga akun-akun edukatif

Jujur deh, selama ini akun media sosialmu fungsinya untuk apa? Apa hanya kamu pakai untuk curhat tentang kehidupan sehari-hari, dan menyimak curhatan sehari-hari orang lain juga? Apa cuma kamu pakai untuk stalking mantan dengan aman? Atau malah kamu pakai untuk modusin orang lain tanpa ketahuan pacar? Duh, please deh, sayang kalau cuma kamu pakai untuk itu. Coba mulai follow akun-akun yang edukatif dan informative. Jadi sambil menyimak aktivitas mantan, kamu bisa menyimak informasi-informasi ilmu pengetahuan juga. Hatimu butuh vitamin, otakmu juga sama. Seimbang.

3. Setiap kali kamu punya pendapat atau teori, coba kamu bantah sendiri teorimu. Dengan begitu kamu akan terlatih untuk berpikir kritis

Kritisi pikiranmu sendiri

Salah satu tanda kecerdasan yang tinggi adalah kemampuanmu untuk berpikir kritis. Baik dalam melihat suatu masalah, ataupun dalam menyelesaikan masalah. Keahlian ini tidak dadakan seperti tahu bulat lho. Semuanya perlu dilatih. Caranya, setiap kali kamu bertemu masalah, lalu kamu menarik sebuah kesimpulan dari masalah itu, jangan buru-buru diterima. Buatlah teori tandingannya dulu. Cobalah bantah habis-habisan teorimu sendiri, dan kritiklah isi pikiranmu sendiri.

4. Saat kamu punya masalah, jangan cuma mengkhawatirkan cara mengatasinya. Coba juga tanyakan mengapa dan mengapa

Cari akar masalahnya

Ketika masalah datang, kita seringnya panik, dan stress untuk mencari solusinya. Kamu terbiasa langsung mencari solusi, tapi lupa menanyakan mengapa permasalahan itu terjadi. Padahal, selain untuk mencegah masalah yang sama datang lagi, mencari akar pemasalahan juga akan membantumu menemukan solusi yang tepat lho.

Misal:

Hari ini kamu terjebak hujan di kantor sampai malam hari. Jangan hanya berpikir bagaimana caranya biar bisa segera pulang, tapi cari tahu kenapa kamu tidak bisa pulang. Oke, kamu tidak bawa payung. Kalau menerobos hujan pasti basah dan sakit. Kenapa kamu tidak bawa payung? Karena tasmu sudah terlalu penuh oleh barang lainnya. Payung adalah barang penting yang harus dibawa bila musim hujan tiba. Adakah barang-barang itu yang bisa ditinggalkan agar payungmu bisa masuk? Jadi intinya, kamu bisa pulang asalkan ada payung. Baik, kalau begitu, besok kamu akan membawa payung ke kantor. Nah, sekarang kamu akan mencari ojek payung atau order taksi supaya kamu bisa segera pulang.

5. Main game jangan yang gampang-gampang. Cari yang sifatnya problem solving, agar kecerdasanmu semakin terangsang

Game problem solving

Selain musik, game juga bisa memicu kecerdasan. Tapi jangan memilih game yang sederhana dan tidak ada tantangannya. Pilih game-game yang bisa melatih kemampuanmu untuk menyelesaikan masalah. Game problem solving sifatnya memintamu berpikir untuk menyelesaikan suatu masalah. Mencari jalan keluar atau mencari jawaban dari teka-teki. Jadi selain untuk bersenang-senang, main-game-seharian mu bisa berguna juga untuk meningkatkan IQ.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow