0
56
0
6 Hal Tentang Lanjut S2 di Usia 21 Tahun. Tenang, Nggak Sesulit yang Dibayangkan Kok!
4 weeks 'ago'

Bicara soal wisuda adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para pejuang skripsi. Bayangin deh cerita dulu yang harus bolak-balik nemuin dosen buat konsultasi, berharapnya di ACC eh ini malah dicoret. Serangkaian tantangan untuk mendapatkan gelar sarjana itu pun akhirnya telah usai. Kini, gelar sarjana yang diraih mau tidak mau harus kita pertanggung jawabkan.

Guys, mungkin ini adalah pertanyaan yang harus ditemukan jawabannya.

Setelah wisuda aku mau ngapain ya?

Ada beberapa yang memutuskan untuk bekerja, ada pula yang memilih berencana melanjutkan pendidikan S2. Nah, jika kamu salah satu yang memilih untuk ambil S2, jangan khawatir ya!

Pada intinya belajar di program S2 gak serumit yang kamu bayangin kok. Banyak hal-hal baru yang bisa kamu pelajari. Apalagi kamu adalah sarjana yang berusia 21-22 Tahun. Berikut ini 6 fakta yang akan kamu temukan selama menjalani S2. Apa aja sih? Yuk, scroll ke bawah!

1. Beberapa Orang Mungkin Bakal Nggak Percaya Kalau Kamu Adalah Mahasiswa S2

Usia Muda

Terkadang nggak salah kalau penampilan emang bisa mencerminkan diri, termasuk status seseorang. Jangan khawatir jika orang tidak percaya kalau kamu ternyata mahasiswa S2. Apalagi ketika kamu pakai almamatermu yang bertuliskan PASCASARJANA, mungkin ada yang bilang, "Itu kayaknya minjem almamater ayahnya deh!"

Hal yang juga akan kalian hadapi salah satunya adalah disuruh pindah oleh satpam karena kalian dikira mahasiswa sarjana dan salah tempat parkiran. Wah, harus tahan uji nih!

2. Percaya atau Nggak, Teman Sekelas Kamu Adalah Orang-orang yang Profesional

Profesional

Nah, untuk yang satu ini setuju banget. Seperti kata pepatah tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Pasti udah tau dong maksud pepatah tersebut.

Usia, kesibukan, bahkan jarak memang sebaiknya tidak menjadikan kita untuk bermalas-malasan dalam menuntut ilmu. Ketika kalian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S2, kalian harus bersyukur karena kalian akan berteman dengan banyak orang hebat, loh!

Bayangin deh, di usia muda kalian udah banyak relasi profesional. Tak menutup kemungkinan beliau-beliau bisa menjadi teman curhat (untuk anak rantau khususnya) bahkan keluarga juga buat kalian.

3. Dalam Belajar, Kamu Akan Lebih Mudah Memahami Materi Perkuliahan.

Belajar

Buat si fresh graduate, melanjutkan kuliah S2 di usia muda akan punya kelebihan tersendiri, loh! Salah satunya kamu akan lebih mudah menangkap materi yang diajarkan selama perkuliahan.

Hal ini pun secara tidak langsung akan memberi kesempatan untukmu lebih mengembangkan kemampuan yang selama ini kamu punya. Bahkan tak jarang, kamu akan menjadi pujaan di kelas. Tetapi kita harus tetap rendah hati ya.

Karena biasanya teman-temanmu di kelas yang notabenenya adalah para ibu dan bapak akan selalu meminta bantuanmu untuk mengajari beliau-beliau. Ingat, sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain.

4. Nah untuk Tugas, Kamu Akan Sering Membahas Tentang Jurnal Ilmiah dan Studi Kasus. Don't Worry!

Jurnal dan Kasus

Membahas soal jurnal adalah salah satu dari banyak kegiatan yang akan kalian lakukan di pendidikan S2. Intinya, di sini kita akan dilatih untuk lebih banyak membaca dan juga menganalisa jurnal maupun kasus-kasus mulai dari berbahasa Indonesia hingga berbahasa Inggris.

Selain itu, bisasanya akan ada semacam diskusi yang memberikan kalian kesempatan untuk lebih berani mengutarakan pendapat. Sebagai calon Master, kalian akan difokuskan untuk menganalisa teori hingga dapat menjadi lebih aplikatif.

Eits, jangan khawatir! Menganalisa jurnal bukan sesuatu yang menyeramkan, kok! Karena pada dasarnya semua akan terbiasa selama kita terus berlatih.

5. That's Right! Kamu Harus Siap Belajar Menggunakan Buku Berbahasa Inggris.

English literature

Sebenarnya dalam proses belajar kita bisa memperoleh referensi dari sumber atau media manapun kok (yang teruji ya, jangan ada hoax di antara kita ^_^), tetapi kalau bicara soal literatur berupa buku, pendidikan S2 akan benar-benar mengasah kosakata Bahasa Inggrismu.

Buku-buku global edition biasanya sering digunakan dalam proses perkuliahan mahasiswa S2. Wah, keren maksimal banget gak sih? yang muda jangan mau kalah dong dengan yang tua!

6. Karena Kelompok Belajarmu Para Orang Tua, Kamu Bisa Belajar Banyak Pengalaman Luar Biasa.

Kelompok belajar

"Belajar kelompok bareng para orang tua? Siapa takut?"

Ketika belajar atau mengerjakan tugas kelompok, yang mungkin banget kalian akan hadapi adalah bagaimana kalian menjadi seseorang yang bisa diandalkan. Kok bisa, sih? Yups! Kebanyakan dari mereka akan tersita waktu belajarnya dikarenakan kesibukan perkerjaan.

Jangankan untuk kumpul dan menyelesaikan tugas kuliah, untuk hadir diperkuliahan saja itu butuh perjuangan. Tetapi jangan merasa gak PD ya, mereka akan tetap membantu kalian kok dengan cara mengarahkan. Kalian harus dengan senang hati menjadi gelas kosong yang siap diisi dengan banyak pengetahuan dari mereka.

Bukan dari sisi pengalaman keilmuan saja yang akan kalian dapatkan dari para profesional tersebut, tetapi juga tentang pengalaman hidup dan kesuksesan. Disinilah kalian harus memanfaatkan kesempatan untuk belajar banyak mengenai berbagai hal dan bagaimana kalian akan menghadapi semua tantangan di masa depan kalian.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow