0
54
0
5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Biar Nggak Lagi Menunda-nunda Pekerjaan
4 weeks 'ago'

Tugas numpuk terus, deadline semakin dekat dan kegiatanmu pun banyak. Waktu akan terasa semakin sempit saat kamu tidak memanajemen pekerjaanmu dengan baik, akhirnya kamu jadi kewalahan sendiri menghadapi situasi dikejar deadline. Padahal nggak akan ada istilah dikejar deadline kamu punya semangat untuk menyelesaikan pekerjaanmu secepat dan sebaik yang kamu bisa.

‘Besok aja deh’ seringkali menjadi jawaban paling melegakan saat kamu sedang bosan atau kesulitan dalam pekerjaan. Padahal hal itu hanya kelegaan sementara, mau besok ataupun sekarang kamu tetap harus dihadapkan pada tanggung jawab yang harus kamu selesaikan. Menunda pekerjaan hanya akan membuang waktumu secara percuma, biar nggak malah keteteran 5 hal ini yang sebaiknya kamu lakukan.

1. Jangan terbuai dengan kebiasaan burukmu, terlalu santai biasanya malah bikin pekerjaan menumpuk dan akhirnya keteteran melulu

Menikmati waktu senggang sih boleh-boleh aja, asal kalau kamu memang sedang tidak punya tanggung jawab apapun untuk dikerjakan. Kalau kamu terlalu santai padahal tugas-tugas pun sudah menumpuk, slogan ‘The power of kepepet’ yang akhirnya menjadi andalan kamu dalam mengerjakan suatu hal.

Padahal melakukan pekerjaan dekat dengan waktu deadline malah membuatmu terburu-buru dan hasilnya jadi nggak maksimal. Kalau hal itu sudah menjadi kebiasaanmu dan kamu memang hanya bisa punya power untuk mengerjakan tugas pada waktu yang mepet, kenapa nggak kamu majuin aja waktu deadlinenya jadi dua atau tiga hari lebih awal, toh pekerjaanmu jadi akan selesai maksimal.

2. Kamu harus menentukan to do list dan mana yang harus diutamakan, biar nggak ada hasrat menunda-nunda

Setidaknya menentukan to do list apa saja yang harus kamu kerjakan dan prioritas mana yang harus kamu utamakan, membuat kamu nggak hilang arah dalam bertindak. Jangan sampai kamu menjalani hari tanpa to do list apa-apa, karena bisa jadi kamu malah akan terkurung dalam kebosanan dan kemalasan.

3. Nggak perlu mengerjakan semuanya sekaligus, pelan-pelan saja asal konsisten

Nggak usah muluk-muluk ingin menyelesaikan semua tugas dalam sehari, walaupun hanya sedikit demi sedikit tapi setidaknya kamu konsisten mengerjakannya. Multitasking malah nggak membuat pekerjaanmu jadi lebih baik saat kamu menyelesaikan semua tugas yang nggak sedikit dalam satu waktu, justru hal itu bisa bikin kamu jadi frustasi dan timbullah rasa jenuh dan malas.

Pastikan dalam sehari kamu mengerjakan apa yang sanggup dirimu selesaikan dengan target yang realistis, dengan begitu waktu yang ada pun jadi tidak terbuang percuma.

4. Jangan sering melakukan kegiatan lain saat mengerjakan pekerjaan, biar kamu punya fokus penuh untuk menyelesaikan

Buat waktu khusus untuk melakukan pekerjaan hari itu, atur waktu kapan kamu harus memulai pekerjaan itu dan kapan kamu harus sudah menyelesaikannya dan jauhi hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasimu seperti smartphone atau pun hal lainnya yang memicu dirimu mengulur waktu untuk menyelesaikannya. Dengan cara seperti itu kamu pun akan terpacu untuk menyelesaikan tugas dalam waktu yang sudah ditentukan.

Kalau tanpa diwaktukan kapan pekerjaanmu harus selesai, bukan hal yang nggak mungkin kamu jadi semakin menunda-nunda karena distraksi yang ada. Misalnya kamu akan memulai pekerjaan pada jam sepuluh pagi sampai jam dua belas siang, maka dari itu alihkan fokus penuhmu sementara untuk tugasmu di waktu itu. Sekali kamu menunda pekerjaan, maka pekerjaan yang lain otomatis juga akan tertunda.

5. Buat motivasi sendiri dengan membayangkan betapa leganya hari-harimu saat semua pekerjaan terselesaikan

Semakin cepat kamu memulai pekerjaan, semakin cepat pula hal itu terselesaikan. Persiapkan dirimu seawal mungkin untuk melakukan pekerjaan agar nggak keteteran dan jadi tertunda-tunda. Ingat saja, semakin cepat kamu menyelesaikan tugasmu semakin banyak juga waktu yang bisa kamu nikmati untuk bisa menghabiskan sisa-sisa hari.

Bayangkan betapa leganya menjalani sisa hari setelah menyelesaikan tugas-tugasmu. Kamu bisa kembali berselancar di media sosialmu atau bahkan berkumpul dengan teman-teman, bayangan hasil akhir memang sering kali bisa mengobarkan api semangat untuk membuatmu fokus menyelesaikan segala tugas-tugas.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow