Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Yuk! Ajarkan Kebiasaan Ini pada Anak

Yuk! Ajarkan Kebiasaan Ini pada Anak

- Senin, 05 November 2018 | 13:53 WIB
Yuk! Ajarkan Kebiasaan Ini pada Anak

Semua orang tua pastinya memiliki keinginan untuk mengajarkan anak-anak mereka berbagai kebiasaan yang baik, namun orang tua terkadang tidak mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mendidik anak mereka melakukan kebiasaan baik tersebut. Salah satu cara yang tepat tentu dengan menjadi contoh dan panutan bagi anak-anak Anda. Anak dapat belajar hampir dari semua yang mereka lihat dan menjadi sangat penting untuk menunjukkan kepada mereka pola yang baik untuk diikuti. Jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda lakukan dan pastikan Anda mengajarkan anak-anak Anda kebiasaan penting berikut ini.

Kebersihan

Sebagian besar orang tua tahu betapa sulitnya itu adalah untuk mengajar anak-anak kebersihan. Jadi, Anda harus siap karena akan memakan banyak waktu untuk menunjukkan anak-anak hal-hal penting seperti menyikat gigi dan mandi. Anda akan perlu untuk memberikan anak pemahaman sederhana mengapa mereka perlu untuk menyisir rambut, mencuci tangan sebelum makan, dan membersihkan wajah. Ketika Anda berhasil membuat anak terbiasa dengan hal-hal tersebut, maka kebersihan akan menjadi bagian dari rutinitas mereka sehari-hari.

Sopan Santun

Hal pertama yang Anda perlu ajarkan kepada anak-anak Anda adalah sopan santun atau perilaku yang baik. Lihatlah di sekitar Anda dan Anda akan mendapati bahwa sekarang ini tidak hanya anak-anak yang tidak memiliki sopan santun, tapi orang dewasa pun terkadang kurang memahaminya. Anak-anak selalu belajar dari mana pun mereka bisa, sehingga Anda perlu untuk memperlihatkan perilaku yang baik bagi anak agar mereka dapat belajar dan mengikuti perilaku tersebut. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata "tolong" dan "terima kasih", ini akan membiasakan anak Anda dan menjadikan mereka anak yang memiliki sopan santun. Kebiasaan ini harus Anda ajarkan sedini mungkin agar dapat terbawa hingga mereka dewasa.

Kebaikan

Ajarkan kepada anak Anda segala hal tentang kebaikan, beritahu mereka bahwa setiap orang harus diperlakukan dengan baik. Tidak peduli apapun yang dilakukan orang lain kepada Anda, tetap harus dibalas dengan kebaikan. Kebiasaan baik ini dapat membentuk pribadi anak menjadi lebih baik di kemudian hari.

Olahraga

Jika Anda tidak suka berolahraga, jangan berharap anak-anak Anda untuk melakukan kegiatan sehat ini. Cobalah untuk berolahraga bersama anak Anda, dengan demikian Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak Anda dan akan dapat menunjukkan kepada mereka cara hidup yang sehat.

Tanggung Jawab

Satu lagi hal penting yang harus Anda ajarkan pada anak adalah tanggung jawab. Buatlah anak agar dapat mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka. Misalnya, jika Anda ingin anak Anda untuk bertanggung jawab atas piring kotor mereka, mintalah mereka mencucinya sendiri. Orang mungkin menganggap kebiasaan ini sebagai hal sepele, namun jika tidak diajarkan sedini mungkin, ini dapat berdampak buruk bagi anak Anda.

Jadi, ajarkan kebiasaan yang baik ini, agar anak tertanam untuk melakukan hal-hal yang baik juga.

Cari Artikel Lainnya