0
67
0
5 Alasan Kenapa Jangan Biarkan Teman Mencontek Jawabanmu
3 weeks 'ago'

Kebiasaan buruk yang satu ini mungkin sudah biasa dikerjakan oleh para pelajar, yaitu budaya contek-mencontek. Padahal kalau ditelaah lebih jauh mencontek punya dampak buruk yang banyak banget lho.

Bukan cuma oknum yang suka menyontek saja yang dirugikan, tapi kamu yang menyediakan jawaban juga bisa terkena dampaknya. Gak percaya? Baca penjelasannya di bawah ini deh!

1. Membohongi banyak orang

5 Alasan Kenapa Jangan Biarkan Teman Mencontek Jawabanmu

Pernah terpikir gak sama kalian kalau saat memberi contekkan berarti kamu sedang membohongi banyak orang? Hal itu bisa terjadi karena kamu mendukung teman yang tidak tau apa-apa menjadi seseorang yang bisa mengetahui segalanya karena mendapat nilai besar.

Padahal itu semua bukan hasil pemikiran mereka, tapi guru, teman atau orang tuanya bisa saja sudah bahagia atas pencapainnya.

2. Tidak menghargai diri sendiri

5 Alasan Kenapa Jangan Biarkan Teman Mencontek Jawabanmu

Bukannya pelit tapi menjaga jawaban yang kamu miliki itu bisa jadi bentuk penghargaan pada diri sendiri. Kamu yang sudah bersusah payah mencari jawaban memiliki hak untuk menjaga lalu menikmatinya melalui nilai sempurna yang berhasil kamu raih.

Nilai tersebut bisa jadi penyemangat sekaligus bentuk keberhasilan dirimu, bukan menjadi sesuatu yang terasa sia-sia sebab temanmu yang menyontek juga mendapat nilai yang sama.

3. Membiarkan keburukan

5 Alasan Kenapa Jangan Biarkan Teman Mencontek Jawabanmu

Sekalipun kamu berniat untuk membantu teman dengan cara memberinya jawaban tetap saja itu tidak bisa dikategorikan sebagai tindakan yang baik. Memberi contekkan hanya membuat temanmu 'terlindungi' dari nilai buruk, tapi pada akhirnya mereka tidak sepenuhnya terlindungi. 

Pemahaman materi yang menjadi dasar nilai yang besar tidak mereka miliki, karena kamu telah membiarkannya mengambil jalan pintas yang bisa menyesatkannya di kemudian hari.

4. Ikut berperan dalam masa depan teman

5 Alasan Kenapa Jangan Biarkan Teman Mencontek Jawabanmu

Karena kamu sudah membiarkan teman menyontek dan berada dalam kesalahan, maka masa depan mereka akan terancam sebab pada dasarnya mereka tidak mengerti apa-apa sekalipun sering mendapat nilai yang bagus.

Jika terus dibiarkan gak menutup kemungkinan jika kamu turut berperan dalam masa depan mereka.

5. Merugikan diri sendiri

5 Alasan Kenapa Jangan Biarkan Teman Mencontek Jawabanmu

Dari keempat penjelasan di atas sudah bisa disimpulkan bahwa memberi contekan pada teman jelas akan merugikan diri sendiri. Kalau kamu merasa mampu mengerjakannya beri tahu mereka yang tidak mengerti bagaimana cara menyelesaikannya, bukan jawabannya.

Suka duka dalam belajar memang sangatlah banyak, namun itu gak bisa jadi alasan kalian untuk mencari jalan pintas. Karena hasil tidak akan berarti tanpa proses yang benar.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow