999 +
0
221
0
Cara Membuat Ogive Positif dan Negatif
3 months 'ago'

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menyajikan data dalam berbagai bentuk. Bentuk penyajian data dapat berupa tabel, histogram, poligon dan ogive. Melalui halaman ini, kalian akan mempelajari cara membuat ogive positif dan negatif. Sebelumnya, simak pengertian ogive terlebih dahulu pada penjelasan singkat di bawah.

Ogive merupakan bentuk penyajian data dalam grafik berdasarkan data yang sudah disusun dalam bentuk tabel distribusi frekuensi kumulatif. Ogive sering disebut sebagai grafik frekuensi meningkat. Hal ini dikarenakan cara pembuatannya dengan menjumlahkan frekuensi pada setiap kelas sebelumnya atau setelahnya. Bentuk ogive seperti poligon, sehingga sering disebut juga sebagai poligon distribusi frekuensi kumulatif. Terdapat dua jenis ogive, yaitu ogive positif dan ogive negatif. Contoh penyajian data yang disajikan dalam bentuk ogive, baik ogive positif dan ogive negatif, dapat dilihat pada gambar di bawah.

Cara membuat ogive positif dan negatif

Bagaimana cara membuat ogive positif dan negatif? Melalui halamani ini, akan mengulas langkah-langkah membuat ogive positif dan ogive negatif. Ulasan pertama yang akan diberikan adalah menyajikan dari data dalam tabel ke dalam bentuk ogive positif. Simak uraiannya lebih lengkapnya pada ulasan materi di bawah.

Cara Membuat Ogive Postif

Diberikan data kelompok untuk suatu nilai Matematika yang terdiri dari enam kelas. Data tersebut diberikan dalam bentuk bentuk tabel data kelompok. Dengan panjang setiap kelas adalah 5 (lima).

Kelas pertama dimulai dari nilai 71 sampai 75 dengan frekuensi sebanyak 2. Untuk kelas ke dua, rentang kelasnya adalah 76 – 80 dengan 4 data nilai dalam kelas tersebut. Kelas ke tiga, memuat 12 data nilai Matematika dengan rentang 81 sampai 85. Kelas ke empat dengan rentang 86 samapi 90 memuat data nilai matematika sebanyak 13. Untuk kelas ke lima dan keenam, rentang kelasnya berturut-turut adalah 91 – 95 dan 96 – 100.Banyaknya data yang masuk ke dalam kelas ke lima adalah 6 data, sedangkan data yang masuk ke kelas ke enam ada sebanyak 3 data.

Data selengkapnya untuk tabel data kelompok dengan keterangan di atas terlihat seperti pada tabel di bawah.

Data kelompok untuk membuat ogive

Langkah pertama untuk membuat ogive positif adalah menentukan batas atas masing-masing kelas dan data frekuensi komulatif kurang dari sesuai dengan data pada tabel kelompok yang diberikan sebelumnya.

Batas atas kelas diperoleh dengan cara menambahkan nilai tertinggi pada kelas tersebut dengan 0,5. Misalnya pada kelas pertama, nilai tertingginya adalah 75. Batas atas untuk kelas pertama adalah 75 + 0,5 = 75,5.

Nilai frekuensi komulatif kurang dari diperoleh dengan cara menjumlahkan frekuensi setiap kelas dengan semua frekuensi semua kelas di atasnya. Misalnya, akan dicari nilai frekuensi komulatif kurang dari untuk kelas dengan rentang 81 – 85. Frekuensi (fi) kelas tersebut adalah 12, dan dua kelas sebelumnya memiliki nilai frekuensi 2 dan 4. Sehingga, nilai frekuensi komulatif kurang dari untuk kelas 81 – 85 adalaj 2 + 4 + 12 = 18. Selengkapnya lihat pada tabel di bawah.

Tabel data kelompok untuk membuat ogive positif

Berikutnya adalah menyiapkan bidang kartesius yang memuat nilai pada sumbu x dan data frekuensi pada sumbu y. Untuk data dengan tabel di atas, diperoleh gambar bidang seperti di bawah.

Langkah pertama menggambar ogive positif

Selanjutnya, pasangkan data yang sesuai antara data nilai batas atas setiap kelas dan frekuensi kurang dari. Seperti terlihat pada gambar di bawah.

Langkah kedua menggambar ogive positif

Kemuadian, hubungkan setiap titik sehingga membentuk sebuah kurva. Sehingga akan diperoleh gambar ogive positif seperti yang terlihat pada gambar ogive di bawah.

Ogive Positif

Proses cara membuat ogive positif sudah selesai. Berikutnya adalah cara membuat ogive negatif. Simak langkah-langkahnya pada ulasan di bawah.

Cara Membuat Ogive Negatif

Di sini, data yang akan digunakan untuk membuat ogive negatif adalah data yang dengan data yang digunakan untuk membuat ogive positif di atas. Jika kalian sudah lupa data tabel kelompok yang diberikan tadi, kalian bisa melihat kembali data tabel kelompok pada cara membuat ogive positif di atas.

Langkah-langkah yang digunakan untuk membuat ogive negatif sama dengan cara membuat ogive positif. Perbedaannya terletak pada data batas kelas dan frekuensi komulatif yang digunakan. Pada ogive positif menggunakan batas atas kelas dan frekuensi komulatif kurang dari. Sedangkan pada ogive negatif menggunakan batas bawah kelas dan frekuensi komulatif lebih dari.

Berikut ini adalah data batas bawah untuk setiap kelas dan frekuensi komulatif lebih dari.

Tabel data kelompok untuk membuat ogive negatif

Selanjutnya dengan langkah sama dengan cara menggambar ogive positif sebelumnya. Yaitu menyesuaikan data antara batas bawah masing-masing kelas dan frekuensi komulatif lebih dari. Akan diperoleh gambar ogive negatif seperti gambar berikut ini.

Ogive Negatif

Demikianlah tadi ulasan materi tentang cara membuat ogive positif dan negatif. Penyajian materi yang lengkap dengan langkah-langkah cara membuat ogive positif dan cara membuat ogive negatif. Terimakasih semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow