0
170
0
Kiat untuk Mempertajam Daya Ingat
4 months 'ago'

Daya ingat manusia identik dengan faktor usia. Semakin lanjut usia seseorang, maka akan semakin menurun daya ingatnya. Namun ternyata cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan daya ingat kita.

Nah, berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba:

Senam Otak

Otak semacam otot yang perlu dilatih secara berkala. Caranya, buat tantangan atau tebak-tebakkan untuk diri sendiri yang dapat mengasah ingatan. Misalnya menyebut judul lagu-lagu lama, mengingat bait puisi saat kecil, atau sebut 10 barang yang ada di dalam kulkas.

Berpikir

Mengingat satu hal yang tak kunjung muncul di kepala pasti menjengkelkan. Saat mengalaminya, jangan panik. Tenangkan diri sesaat sambil memikirkan hal-hal ringan seperti jenis buah-buahan, jenis olahraga air, atau nama-nama sahabat. Aktivitas itu akan membantu seseorang lebih cepat mengingat hal penting yang ia lupakan.

Air Putih

Fakta menunjukkan bahwa seluruh fungsi organ tubuh akan berjalan dengan baik ketika mendapat asupan air yang cukup. Tak terkecuali fungsi otak. Maka biasakan minum enam hingga delapan gelas air putih dalam satu hari.

Santai
Tekanan atau stres membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi. Dalam kondisi demikian, istirahatlah sejenak sambil melakukan aktivitas santai seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau bermain game online untuk memulihkan kerja otak.

Cek Facebook
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa Facebook dengan penggunaan yang tidak berlebihan bisa mempertajam ingatan. Para ilmuwan berpendapat, ketika Anda mengecek update status, Anda menggunakan memori untuk menghapus informasi sebelumnya (yang ditulis dalam status sebelumnya) dan menggantinya dengan data baru.

Rajin Membaca
Membaca adalah 'olahraga' bagi otak karena bisa meregangkan otot-otot memori untuk mengingat kembali informasi dari halaman dan bab sebelumnya. Otak akan mengantisipasi informasi yang datang berikutnya, menafsirkan kata-kata, kalimat dan ide selagi membaca. Tingkatkan kemampuan mengingat Anda dengan membaca buku-buku baru dari penulis dan gaya penulisan yang berbeda.

Semoga bermanfaat!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow