0
172
0
Tanda-Tanda Komputer atau Laptop Terinfeksi Virus
4 months 'ago'

Bahaya virus komputer adalah efek yang dapat ditimbulkan akibat serangan virus komputer. Bahaya virus komputer ini bermacam-macam tergantung maksud dan alasan si pembuat virus komputer. Dengan demikian sebaiknya kita mengatasi virus komputer dengan antivirus dan langkah-langkah antisipasi virus komputer lainnya. Karena bahaya virus komputer bervariasi, mulai dari yang menjengkelkan sampai yang merusak.

Proteksi keamanaan sebuah komputer atau perangkat sangatlah penting untuk selalu dijaga. Terlebih bagi Anda yang sangat gemar online. Bukan tidak mungkin sebuah komputer terserang atau terinfeksi virus. Seringkali melalui koneksi internet pihak tidak bertanggung jawab menyebarkan virus-virus berbahaya, meskipun Anda sudah memasang Anti virus sebagai protection.

Yang sangat dikhawatirkan adalah terkadang para pengguna komputer tersebut tidak menyadari, bahwa komputer nya telah terserang oleh virus berbahaya. Oleh karena itu untuk mengetahui tanda-tanda bahwa komputer atau perangkat Anda terserang virus, maka berikut ini adalah tips untuk mengenali tanda-tanda tersebut:

1. Iklan Pop-up

Sering kali para pengguna komputer atau Internet tidak sadar, bahwa komputer mereka terserang oleh virus dan malaware salah satunya adalah Iklan Pop-up yang sering muncul di jendela komputer kita. Ketika Anda mengunjungi sebuah laman website biasanya ada banyak sekali iklan yang bertulisan ''Anda pengunjung ke 99999 silakan klik di sini'' Atau '' Selamat Anda mendapatkan hadiah''. Semua itu adalah iklan virus yang sengaja disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana solusinya jika Anda menemukan hal serupa? Anda bisa menggunakan Spybot Search & Dstroy, software ini gratis.

Sebenarnya tidaklah terlalu sulit, berikut adalah cara menghapusnya:

- Cara Menghapus Virus Iklan Pada Browser Mozilla Firefox

Jika Anda menggunakan Browser Mozila Firefox maka hal yang pertama harus Anda lakukan adalah Buka Mozilla Firefox, pergi dan click Tools pilih opsi ‘Add-ons’ dan langsung ke ‘Extension’; cari add-ons mencurigakan dan klik ‘Uninstall atau Remove dan kemudian Restart.

- Cara Menghapus Virus Pada Browser Internet Explorer

Masuk ke Tools terus ke Manage Add-ons terus ke Toolbars and extensiondelete atau disable semua add-ons yang tidak berguna dan mencurigakan

- Cara Menghapus Virus Pada Browser Google Chrome

Buka Google Chrome, Klik menu yang ada di pojok kanan atas > Setelan >Pilih Extensi > Hapus yang mencurigakan.

2. Peringatan Lockdown

Bukan tidak mungkin bahwa sebuah komputer, benar-benar terserang oleh virus mematikan dan salah satunya adalah peringatan Lockdown. Apabila Anda mendapatkan sebuah pesan bahwa komputer Anda telah dikunci dan mengharuskan Anda untuk membayar beberapa biaya jika komputer Anda ingin terbuka secara normal, maka komputer Anda benar-benar terinfeksi virus mematikan. Ransomware atau yang sering dikenal sebagai pemerasan cryptoviral atau scareware, yaitu sebuah aktivitas ilegal yang membatasi akses ke sistem komputer. Untuk menjembatani agar komputer Anda selalu aman, maka gunakan Anti virus seperti AVG atau bisa juga menggunakan Baidu Antivirus.

3. File Tidak Bisa Terbuka

Terkadang virus menyerang beberapa file yang telah terinstall. File tersebut tidak bisa dibuka. Setelah di scan, ternyata ada banyak aktivitas ilegal yang masuk melalui komputer. Jika Anda mengalami hal seperti ini, coba untuk me-refresh komputer Anda. Jadwalkan juga proses scan supaya komputer senantiasa aman dari gangguan virus. Pilih jenis anti virus yang powerful.

4. Pembajakan Akun dan Pesan Tak Terkirim

Biasanya jika sebuah komputer yang terinfeksi oleh virus, maka ia akan menyerang perangkat lunak. Dari akibat tersebut maka, tidak jarang Anda tidak dapat mengakses Email, IM dan akun media sosial. Bahkan, dalam beberapa kasus virus tersebut mampu mengirim pesan malware dari akun Anda ke semua kontak yang terkoneksi langsung dengan PC Anda. Untuk mengantisipasi dan mengetahuinya, maka pastikan bahwa Anda telah memeriksa pesan terkirim (outbox) dari email Anda. Apabila Anda menemukan pesan terkirim yang bukan dari Anda, maka pastikan Anda mengubah password akun email tersebut segera mungkin.

Demikian uraian yang dapat membuat kita lebih waspada lagi terhadap virus-virus komputer yang ada.

Semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow