0
336
0
Kamu Akan Berpikir Ulang Minum Kopi Panas Setelah Mengetahui Fakta Ini
4 months 'ago'

Kopi dan teh panas, merupakan salah satu minuman yang enak dinikmati baik di cuaca panas ataupun dingin. Eh tapi awas, jangan keburu diminum saat masih sangat panas lho, kalau gak mau risikonya berbahaya buat tubuhmu.

1.Kopi atau teh sebaiknya diseduh dengan air mendidih, tapi...

Kamu Akan Berpikir Ulang Minum Kopi Panas Setelah Mengetahui Fakta Ini

Memang, kopi atau teh sebaiknya diseduh dengan air mendidih agar benar-benar matang. Meskipun begitu, saat masih berada pada suhu 65 derajat Celcius, jangan langsung diminum ya. Selain karena bisa melukai mulutmu, minuman panas meningkatkan risiko kanker.

Saking berbahayanya, bahkan WHO (World Health Organization) telah memasukkan minuman panas ke dalam list penyebab kanker, berdampingan dengan radiasi sinar matahari dan polusi udara!

2.Minuman panas berisiko kanker tenggorokan

Kamu Akan Berpikir Ulang Minum Kopi Panas Setelah Mengetahui Fakta Ini

Para peneliti menemukan risiko lebih tinggi terkena kanker esophagus atau tenggorokan pada mereka yang doyan minum-minuman panas ketimbang yang minum di bawah suhu 65 derajat Celcius. Hubungan dengan kanker ini tetaplah kuat sekalipun para obyek penelitian telah menyesuaikan diri dengan pemicu kanker lain, misalnya mengurangi merokok.

Selain pada manusia, di jurnal Lancet Oncology juga menyebutkan bahwa studi yang dilakukan terhadap hewan menunjukkan bahaya yang sama. Air yang sangat panas memicu luka bakar pada jaringan halus di kerongkongan. Kerusakan ini dapat memicu siklus pertumbuhan sel yang lebih cepat. Pada berbagai kasus, hal ini menyebabkan pertumbuhan sel ganas yang lebih cepat.

3. Tapi, katanya minum kopi bisa mencegah kanker?

Kamu Akan Berpikir Ulang Minum Kopi Panas Setelah Mengetahui Fakta Ini

Mungkin terdengar kontradiktif dengan hasil penelitian yang banyak beredar selama ini, yang menyebutkan rutin minum kopi bisa mencegah potensi kanker. Tentunya dalam mengolah kopi, sebaiknya dimulai dengan menyeduhnya dengan air panas bukan?

Dr. Otis Brawley dari The American Cancer Society menjelaskan bahwa sebetulnya kopi memang bisa mencegah kanker hati dan kanker rahim. Tetapi kopi yang sangat panas yang disajikan, akan langsung 'menyerang' mulut, tenggorokan, kerongkongan dan lambung. Inilah yang menyebabkan masalah baru.

4.Lalu, berapakah suhu minuman panas yang aman?

Kamu Akan Berpikir Ulang Minum Kopi Panas Setelah Mengetahui Fakta Ini

The National Coffee Associaton USA merekomendasikan penyajian kopi pada suhu sekitar 82 hingga 85 derajat Celcius. Sangat panas bukan? Tetapi kebanyakan penjual kopi menjual kopinya pada suhu kisaran 75 derajat Celcius karena para pelanggan banyak mengeluhkan suhunya yang serasa membakar mulut. Padahal, suhu yang aman dan direkomendasikan para ahli adalah 65 derjaat Celcius lho.

Itu artinya, tak masalah menyajikan kopi kesukaanmu meskipun dalam kondisi panas. Sepanjang layak minum. Tunggulah sejenak agar suhunya pas. Bukanlah lebih nikmat menyeruput kopi dan menikmatinya tanpa tergesa-gesa?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow