0
461
0
Tipe Tipe Guru Ini Bikin Murid Nggak Betah Sekolah
6 months 'ago'

Tipe guru ini bikin murid nggak betah sekolah
Ini dia kesalahan yang dibuat tanpa sadar oleh guru disekolah. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua murid nakal atau tidak mau diatur oleh gurunya. Ada kala murid yang baik, memiliki tujuan yang benar untuk pergi ke sekolah yaitu belajar. Tapi bagaimana kalau kesalahan ini justru ada pada guru di sekolah. Kamu harus tau, agar murid betah di sekolah bukan karena fasilitas yang diberikan tetapi karena guru yang mengajarnya. Kesalahan ini bisa membuat murid bête atau enggan pergi ke sekolah. Ini bisa terjadi di siswa yang memiliki tujuan belajar atau pun tidak di sekolah. Bisa menyerang siapa saja, baik berprestasi maupun tidak, pintar ataupun biasa. Simak apa saja kesalahan guru yang ngak bikin muridnya nggak betah di sekolah.

1.      Sering kali guru pasti minta penjelasan kalau bikin soal ulangan. Ini nih kesalahan guru tanpa sadar. Siswa jadi bête ataukesal dan malas atau bahkan milih nyontek sama temannya saat ulangan. Jika ketemu guru dengan tipe ini. Pasalnya, jika guru ini meminta penjelasan pada setiap soal ulangan yang dia buat dan jawabannya harus persis di buku. Pasti100% murid jadi bête dan kesal, mereka tidak akan menyalahkan mengapa merekatak belajar tetapi mengapa gurunya tidak memahami keadaan mereka bahwa mereka bukanlah buku dan internet yang serba bisa. Kadang kala, ada murid yang bisa menjawab tetapi hanya sebagian.

2.     Guru mondar-mandir saat ulangan. Bukannya bikin tenang muridnya malah bikin gelisah dan nggak pede menjawab soal ulangan yang diberikan. Murid yang mendapat guru seperti ini harus tenang dan berpura-pura saja bahwa tidak ada seorang pun diruangan itu, hanya ada kamu.

3.     Guru yang beradu dengan buku, kalau cuman minta jelasin aja, semua murid pasti bisa jawab. Lah tapi gimana dengan tipe guru berpadu dengan buku. Kurikulum meminta murid harus aktif. Tapi kalau dapat guru seperti ini pasti muridnya nggak aktif.

4.     Guru pencurigaan. Tipe guru ini banyak ditemukan saat ulangan tiba. Tipe guru ini hampir sama dengan guru mondar-mandir, ini lebih parahnya. Setiap gerakan murid saja ia langsung mencurigainya. Ini tipe guru yang bisa bikin murid hampir jantungan saat ulangan loh. Mereka kebanyakan ngak tenang, was-was.

5.     Guru PHP. Guru pemberi harapan palsu alias cuman ngomong tanpa bukti ke siswanya bikin gregetan. Tidak semua murid menganggap ucapan seorang guru sebagai candaan, ada murid menganggap ucapan guru sebagai hal yang serius. Jika seorang guru berjanji maka tepatilah, jika tidak murid ini akan bête dan kesal.

6.     Guru galak, tipe guru ini harus dihindari. Ingatlah murid datang untuk belajar bukan dimarahi.Guru ini bentar-bentar marah dengan muridnya tanpa sebab yang jelas. Akan lebih baik segera dihindari tipe ini dan jangan coba-coba melawan guru ini jika tidak ingin mendapat masalah. Tipe guru ini juga bisa bikin siswa depresi kerenatidak tahan selalu dimarahi.

Nah, itulah tipe-tipe kesalahan guru tanpa sadar bikin murid bête atau kesal. Jadilah guru yang baik, buktikan pada mereka setiap ucapanmu. Bukankah kamu adalah pendoman bagi mereka. Jadi, tipe guru seperti apakah disekolahmu? Bagi kepala sekolah ya! Harap nasehati guru tipe ini. Ingatkan pada mereka untuk tidak menjadi guru dengan tipe ini ya. Semoga bermanfaat dalam memahami semua murid di sekolahnya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow