Home » Kongkow » Materi » Simetri Putar Bangun Datar

Simetri Putar Bangun Datar

- Minggu, 27 Maret 2022 | 11:00 WIB
Simetri Putar Bangun Datar

Apa itu Simetri Putar ?

Sebuah bangun datar dikatakan memiliki simetri putar jika bangun datar tersebut memiliki titik pusat yang apabila diputar kurang dari satu putaran  mampu menghasilkan bangun dengan bentuk yang semula. Jadi dapat disimpulkan simetri putar pada bangun datar adalah banyaknya bayang-bayang bangun yang mampu dihasilkan dalam kurang dari satu putaran.

Sebuah bangun datar dikatakan tidak memiliki simetri putar apabila kita hanya mendapatkan 1 bayangan yang mana bayangan tersebut didapat dengan memutar 1 putaran penuh. Contoh nya seperti segitiga sembarang, traspesium dan segitiga siku siku.

Terkadang kita sulit untuk mendapatkan bayangan sebuah bangun datar diputar sehingga kita dalam materi ini bisa menggunakan media yang akan mempermudah dalam mendapatkan gambaran simetri putar bangun datar.

  1. Menentukan banyaknya simetri putar pada bangun datar

Baca Juga :

Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar

Tonton video Simetri Putar Bangun Datar

Misalkan kita akan menentukan banyaknya simetri putar bangun datar segi 6 beraturan. Adapun langkah yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan titik pusat putaran bangun datar. Titik pusat di peroleh dari perpotongan sumbu simetri bangun datar tersebut.

  2. Jiplak bentuk bangun datar tersebut pada pada kertas. Guna menjadi alas.

  3. Beri nama atau lambing huruf pada setiap sudutnya. Misal pada bangun datar segi enam A, B, C, D, E, F.

  1. Kemudian putar segi enam searah jarum jam sejauh 360 derajat. Kemudian hitung berapa kali segi enam tersebut tepat menempati alasnya yaitu gambar segi enam yang telah kita jiplak tadi.

  2. Ternyata segi enam memiliki simetri putar sebanyak 6. Dari sudut A diputar kemudian menempati sudut B. kemudian di putar kembali susut A menempati sudut c letak awal dan seterusnya hingga sudut A menempati letak sudutnya di awal.

  1. Simetri Putar Persegi

2.	Simetri Putar Persegi

Dalam persegi atau bujur sangkar terdapat 4 simetri putar. Apabila kita lihat ada 4 sudut di sana jika kita putar sejauh 360 derajat dimana titik A kembali ke posisi awal maka ada sebanyak 4 simetri pusat , yaitu ketika sudut A menempati sudut D kemudian sudut A menempati sudut C, lalu ketika A menempati dudut B dan terakhir ketika Sudut A menempati posisi awal dirinya sendiri. Satu kali perpindahan sudut ke sudut selanjutnya searah jarum jam misal A ke D maka besarnya 90 derajat. Sedang jika sudut A diputar 180 derajat searah jarum jam akan menempati dudut C.

  1. Simetri Putar Persegi Panjang

Pada persegi panjang hanya ada 2 simetri putar. Yaitu perpindahan sebesar 180 derajat dan 360 derajat.

  1. Simetri Putar Segi Tiga Sama Sisi

4.	Simetri Putar Segi Tiga Sama Sisi

Pada putaran pertama sudut A diputar searah jarum jam sebesar 120 derajat akan menempati sudut C kemudian deputar sejauh 240 derajat akan sudut A akan menempati Sudut B dan pada putaran penuh sudut A kembali lagi pada posisi awal. Sehingga segi tiga memiliki simetri lipat sebanyak 3.

  1. Simetri Putar Pada Lingkaran

simetri putar lingkaran

Simetri Putar Pada lingkaran tak terhingga.

  1. Simetri Putar Pada Jajar Genjang

jajar genjang

Pada jajar genjang simetri lipat ada sebanyak 2.

Agar lebih memudahkan akan disajikan tabel sebagai berikut yang memuat nama bangun datar disertai jumlah simetri lipat, simetri putar, serta sumbu simetrinya.

Banyaknya Simetri Lipat, Sumetri Putar dan Sumbu Simetri

tabel lengkap simetri putar bangun datar

Demikianlah uraian mengenai simetri putar pada bangun datar dimana tiap bangun datar memiliki jumlah simetri putar yang berbeda-beda. Semoga dengan materi di atas bisa menambah ilmu pengetahuan serta bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya