0
363
0
4 Tokoh Indonesia yang dikagumi dan ditakuti dunia
5 months 'ago'

Indonesia memiliki banyak tokoh hebat. Nama mereka mencuat tidak hanya di tanah air tapi jauh menembus batas negara. Mereka populer dan dielu-elukan di negara lain karena kehebatan ide dan gagasannya, kharismanya serta kecerdasannya.

Mereka telah membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara besar yang patut untuk dihormati, Di negeri yang pada zaman malaise dulu orang-orangnya dianggap sebelah mata, ternyata memiliki orang-orang hebat yang mampu mengguncang dunia.

Nah, berikut ini nama-nama tokoh besar Indonesia yang namanya harum dan ditakuti oleh negara lain. Penasaran? Inilah mereka yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. I.r Soekarno

Presiden Pertama Indonesia ini sosok yang disegani oleh negara lain. Perjuangannya menjadikan Indonesia, negara yang merdeka. Dan ini yang diakui dunia. Selain itu Bapak Proklamator ini juga dikenal dunia sebagai seorang diplomat ulung. Dia pintar berdiplomasi untuk mendapatkan keuntungan bagi Indonesia. Salah satu buktinya adalah keberhasilan mendapatkan bantuan kapal perang kelas Sverdlov Uni Sovyet. Ini adalah salah satu kapal terbesar dan tercepat di dunia.

Di dunia Jasa-jasa beliau yang diakui adalah prakarsanya masjid biru saint petersburg didirikan di Rusia, menyelamatkan universitas Al Azhar di Mesir, Menemukan makam Imam Bukhari. Nama Soekarno bahkan diabadikan sebagai nama jalan dibeberapa negara seperti di Maroko, Mesir, dan Pakistan. Ini membuktikan Soekarno bukan hanya dicintai rakyat Indonesia, melainkan dicintai di negara lain.

2. BJ Habibie

Siapa yang tak kenal dia, presiden ke-3 Indonesia. Namanya sudah terkenal bahkan sampai ke belahan dunia lain. Kecerdasan tidak perlu lagi diragukan. Bahkan dunia luar sudah mengakui kecerdasan suami dari Ainun ini. Prestasi gemilangnya saat memiliki karier di Jerman, sejumlah hasil penelitian serta ide teori di bidang termodinamika, konstruksi serta aerodinamika. Beberapa rumusan teorinya yang amat terkenal dalam dunia desain dan konstruksi pesawat terbang adalah Habibie Factor, Habibie Method dan Habibie Theorem.

Memiliki karier cemerlang di negeri orang tak mengurangi kecintaannya kepada Indonesia. Dia memilih meninggalkan Jerman kembali ke Indonesia untuk mengabdikan diri pada bangsa. Saat itu dia diberi tanggung jawab oleh pemerintah untuk mengembangkan Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). B.J. Habibie juga dipercaya mengepalai bidang riset dan teknologi (sebagai Menristek). Bertahun-tahun kemudian, Indonesia pun berhasil membuat pesawat. Prinsip, tekad, dan perjuangannya menjadikan inspirasi bagi bangsa Indonesia.

3. Soeharto

Presiden terlama Indonesia selain dikagumi di dalam negeri ataupun luar negeri. Namun juga menjadi sosok yang disegani dan ditakuti negara lain. Kerena saat kepemimpinannya Indonesia mempunyai struktur kenegaraan yang sangat kuat, mulai dari ekonomi, Politik, Militer indonesia termasuk negara yang sangat kuat dan paling seimbang.

4. Sutan Syahrir

Sutan Syahrir, sebagai pahlawan yang banyak berjasa dalam membangun Indonesia, dan merupakan perdana menteri pertama Indonesia, sewaktu belajar di Belanda beliau banyak berjuang bersama Hatta dalam menggalang kekuatan untuk kemerdekaan Indonesia, begitu juga setelah kembali ke Tanah Air, berbagai gerakan yang didirikan, membuatnya ditakuti oleh penjajah, sehingga diasingkan ke Digul. Bahkan nama Sutan Syahrir diabadikan menjadi nama di Belanda, tepatnya daerah Harleem.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow