Karakteristik Daratan dan Lautan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Oleh : UAO - 16 December 2021 09:00 WIB

Karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia berkaitan dengan letak Indonesia secara geologis dan maritim. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki wilayah perairan dan daratan terluas di dunia dibandingkan negara-negara lainnya.

Karakteristik Daratan Indonesia 

Karakteristik wilayah daratan Indonesia adalah berupa kepulauan dengan relief yang beragam. Kepulauan di Indonesia tercacat ada sekitar 17.508 pulau, dari Sabang sampai Merauke. 

Secara geomorfologis, Indonesia memiliki morfologi yang beragam yang terdiri dari pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Indonesia memiliki gunung tertinggi yaitu Gunung Puncak Jaya yang ada di Papua dengan ketinggian 4.884 mdpl.

Ciri khas kondisi geologis Indonesia yaitu dilalui oleh dua jalur gunung api muda dunia yaitu deretan pegunungan mediteran dan sirkum Pasifik. Dampak kondisi geologis Indonesia tersebut menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung berapi dan sekaligus menjadi daerah gempa.

Baca juga: Letak dan Batas Wilayah Indonesia

Karakteristik Perairan Indonesia 

Wilayah perairan Indonesia luasnya bahkan mencapai 2/3 daripada luas wilayah daratan. Maka dari itu, Indonesia juga disebut sebagai negara maritim. Secara maritim, Indonesia terletak diantara laut China Selatan, samudera Hindia, dan samudera Pasifik.

Batas wilayah berperan penting dalam hal ini untuk menjaga kekayaan laut negara Indonesia yang bersinggungan dengan negara-negara lainnya. 

Karakteristik perairan Indonesia merupakan wilayah perairan yang berupa perairan darat dan laut dengan suhu hangat sehingga banyak terdapat potensi sumber daya alam.

Perairan di Indonesia terdiri dari laut, teluk, selat, sungai, dan danau. Di antaranya adalah laut Jawa yang menjadi salah satu laut terluas di Indonesia.

Itulah karakteristik wilayah daratan dan perairan di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian ya otakers!

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :