Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Unsur dan Aspek-Aspek Dalam Tari

Unsur dan Aspek-Aspek Dalam Tari

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Unsur dan Aspek-Aspek Dalam Tari

Tari merupakan sebuah pertunjukkan budaya yang menampilkan gerak tubuh dari sang penari dengan diiringi suara musik yang bisa berasal dari alat musik atau juga berasal dari sound.

Tari merupakan ungkapan perasaan dari jiwa manusia yang dikeluarkan dengan gerak ritmis yang indah serta diiringi musik. Tari juga bisa dijadikan sarana komunikasi atau ekspresi jiwa dari sang seniman kepada penonton atau penikmat tari. Dengan ruang gerak yang ada pada tari, di dalam tarian juga membawa misi-misi dari seniman yang ingin disampaikan kepada penonton.

Unsur Seni Tari

Sebuah gerakan tidak dapat dikatakan sebagai tarian apabila tidak memenuhi ketiga unsur dibawah ini.

1. Wiraga
Suatu tarian wajib untuk menampakkan gerakan tubuh, baik itu dalam posisi duduk maupun dalam kondisi berdiri.

2. Wirama
Suatu tarian juga harus mempunyai unsur irama yang dapat menyatukan gerakan antara badan dengan musik pengiringnya, baik itu dari segi tempo atau juga iramanya.

3.Wirasa
Dalam tari, seorang penari harus mampu dalam menyampaikan suatu perasaan yang ada pada jiwa, yang berasal dari sebuah tarian dan juga gerakan ekspresi penarinya.

Aspek-Aspek yang Ada Dalam Tari

Dalam tari ada beberapa aspek yang pasti ada dan harus diperhatikan oleh seorang seniman. Nah berikut ini merupakan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam tari.

a. Bentuk

Sebuah tarian akan menemukan bentuk  seninya jika pengalaman batin pencipta atau penata tari atau juga penarinya dapat menyatu bersamaan dengan pengalaman lahirnya atau yang di ungkapannya, yaitu tari yang ditampilkan bisa menimbulkan perasaan atau emosi jiwa penontonnya.

Atau dengan kata lain, penonton akan merasa terkesan setelah menikmati pertunjukan tari tersebut.

b. Gerak

Gerak merupakan tenaga atau energi yang dikeluarkan untuk mencakup ruang dan waktu. Gerak sendiri dibedakan menjadi 2 bagian yaitu gerak murni dan gerak maknawi.

Apa itu gerak murni ? Gerak murni ialah gerak yang disusun dengan maksud dan tujuan untuk mendapatkan keindahan dan tidak mempunyai maksud-maksud tertentu.

Dan apa sih itu gerak maknawi ? Gerak maknawi atau yang disebut gestur merupakan gerak yang mengandung arti atau maksud tertentu dan telah melalui penyulingan.

c. Tubuh

Ini merupakan aspek yang ada sebagai alat wahan dari instrumen dalam tari. Keadaan tubuh menjadi sangat penting bagi seorang penari. Dikarenakan, bagi seorang penari tubuh menjadi sarana komunikasi kepada setiap penontonnya pada saat sedang membawakan perannya.

Maka dari itu, bentuk tubuh yang khas yang dimiliki oleh seorang penari sering menampilkan teknik-teknik gerak yang khas juga. Postur tubuh yang tinggi dan besar akan menimbulkan teknik gerak yang berbeda dengan postur tubuh yang relatif lebih kecil pada saat melakukan gerakan tarian yang sama.

d. Irama

Irama merupakan sebuah iringan yang dalam tarian yang dapat menciptakan tampilan penari tersebut menjadi lebih indah dan bagus.

Dalam hal ini terdapat tiga kepekaan irama yang wajib dikuasai dan dipahami oleh sang penari.

- Kepekaan terhadap irama jarak.

- Kepekaan terhadap irama musik yang mengiringi.

- Kepekaan terhadap irama gerak.

e. Jiwa

Jiwa menjadi satu kesatuan yang sangat unik dari memiliki kesan-kesan, intuinsi-intuinsi dan keyakinan-keyakinan yang menafsirkan seluruh pengalaman yang ada.

Kekuatan jiwa dapat dikatakan sebagai tingkatan kekuatan dari proses-proses menggiatkan yang mengikuti persepsi atau tanggapan maupun motivasi serta pendorongnya, karena beberapa pengalaman yang belum dipahami dengan baik tidak dapat membantu untuk menciptakan sebuah ungkapan. Atau dalam kata lain ialah apa yang belum membuat terkesan tidak dapat diungkapkan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya