Home » Kongkow » Materi » Tipe-Tipe Stomata

Tipe-Tipe Stomata

- Rabu, 17 November 2021 | 07:00 WIB
Tipe-Tipe Stomata

Stomata merupakan celah dalam epidermis yang dibatasi oleh dua sel epidermis yang khusus, yaitu sel penutup. Sel yang mengelilingi stomata dapat berbentuk sama atau berbeda dengan sel epidermis lainnya. Sel yang berbeda bentuk ini dinamakan sel tetangga. Stomata dapat tersebar pada semua bagian tanaman di atas tanah, tetapi paling banyak terdapat pada daun. Ada yang terdapat di kedua permukaan daun dan ada yang hanya terdapat pada satu permukaan saja. Jumlah dan tipenya bervariasipada jenis tanaman yang berbeda.

BACA JUGA : 

Stomata : Pengertian, Letak, Fungsi dan Tipe Stomata Pada Daun

Fungsi Stomata


Pada dikotil dapat dibedakan beberapa jenis stomata berdasarkan jumlah dan letak sel tetangga. Tipe-tipe stomata tersebut adalah sebagai berikut:

1.   Anomositik atau tipe RanunculaceaeSel penutup dikelilingi oleh sejumlah sel yang tidak berbeda ukuran dan bentuknya dari sel epidermis lainnya.
2.     Anisositik atau tipe Cruciferae. Sel penutup dikelilingi oleh tiga buah sel tetangga yang tidak sama besar.
3.      Parasitik atau tipe Rubiupaceae. Setiap sel penutup diiringi sebuah sel tetangga sejajar dengan sumbu sel penutup serta celah.
4.   Diasitik atau tipe Carycophyllaceae. Setiap stomata dikelilingi dua sel tetangga. Dinding bersama dari kedua sel tetangga itu tegak lurus terhadap sumbu melalui panjang sel penutup serta celah.
5.   Aktinositik, jumlah sel tetangga 4 atau lebih, yabng susunannya melingkar dan sel-selnya memanjang kearah radial tterhadap sel penutup.

Pada monokotil, sel penutup Gramineae memiliki struktur yang khusus dan seragam. Bila dilihat dari permukaan daun, sel penutup ramping di tengah dan menggelembung di ujungnya. Dua sel tetangga terdapat masing-masing di samping sebuah sel penutup. Tipe ini disebut dengan tipe halter. Letak stomata pada epidermis bermacam-macam, ada yang sejajar dengan permukaan epidermis (panerofor) dan ada pula yang tenggelam di bawah permukaan epidermis (kriptofor).

Simak video di bawah ini yah, untuk mengetahui tipe-tipe dari stomata !

 

Cari Artikel Lainnya