Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Ternyata Memakan Pete Memiliki Segudang Manfaat Untuk Tubuh

Ternyata Memakan Pete Memiliki Segudang Manfaat Untuk Tubuh

- Selasa, 03 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Ternyata Memakan Pete Memiliki Segudang Manfaat Untuk Tubuh

Sayuran yang tidak semua orang suka ini memang memiliki bau dan rasa yang khas. Namun, siapa sangka buah pete ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa. Pete, petai, atau peuteuy didalam bahasa latinnya mlanding ( parkia speciosa ) sering digunakan sebagai lalapan atau sayuran penyedap, namun demikian pete termasuk kedalam tumubuhan kacang kacangan.

Walau populer di Indonesia ternyata pete juga dikonsumsi di berbagai negara seperti Amerika. Dan mungkin anda akan berpikie dua kali untuk menghindari memakan pete saat Anda mengetahui beberapa manfaat yang menakjubkan pete untuk tubuh kita, diantaranya:

1. Bermanfaat untuk menghindari depresi dan stres

Buah pete mengandung tryptophhan, sejenis protein yang diganti tubuh jadi serotonin, yang dapat membuat rileks setelah memakannya, melakukan perbaikan mood dan membuat lebih bahagia. Menurut survey yang dilakukan mind, di antara pasien-pasien depresi, diantara mereka yang makan pete ternyata menjadi lebih baik.

Selain itu pete juga mengandung kalium tinggi. kalium yaitu mineral mutlak yang membantu unutk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen keotak serta mengatur keseimbangan cairan tubuh. Saat kita stress, kecepatan metabolisme kita dapat meningkat, sehingga dapat mengurangi kandungan kalium didalam tubuh. Dan untuk menyeimbangkan kembali kandungan kalium bisa diatasi dengan makan pete yang tinggi kalium.

2. Bisa mencegah anemia

Buah pete juga mengandung zat besi yang tinggi, yang bisa merangsang produksi sel darah merah serta bisa mencegah dan mengobati anemia.

3. Mengatasi PMS ( Pre Menstrual Syndrome )

Bagi wanita yang sering mengalami PMS atau bad mood sewaktu menstruasi, ternyata dapat diatasi dengan mengkonsumsi pete. Karena vitamin B6 yang di kandung pete dapat mengatur kandungan gula darah yang bisa mengembalikan mood.

4. Menajaga saluran pencernaan

Kandungat seat ( dietary fibers ) dalam buah pete yang tinggi, membuat pete sangat baik untuk saluran pencernaan. Selain itu pete juga memiliki struktur yang lembut serta halus hingga nyaman pada saluran pencernaan. Dan buah ini juga dapat menetralkan asam lambung serta kurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.

5. Perangi tekanan darah tinggi

Petemengandung kalium yang tinggi, namun rendah garam hingga amat prima memerangi tekanan darah. Bahkan saking tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk lakukan klaim resmi tentang kekuatan buah ini saat menurunkan efek tekanan darah serta stroke.

6. Turunkan efek stroke

Menurut sebuah riset di dalam The New England Journal of Medicine, makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari ternyata dapat turunkan seriko kematian dikarenakan stroke hingga 40%.

7. Kurangi rasa kenyang

Pete juga mempunyai dampak antasid pada tubuh, sehingga apabila dada merasa panas disebabkan kebanyakan makan, coba makan pete untuk kurangi sakitnya.

8. Tangani gatal gigitan nyamuk

Bukan hanya buahnya, kulit pete juga ternyata memiliki manfaat yang anda harus coba diantaranya mengobati gigitan nyamuk. cobalah gosok tempat yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. banyak orang sukses mengatasi rasa gatal serta bengkak lewat cara ini.

9. Hindari kegemukan

Sebuah penelitian di Institut of Psychology, Austria, mengungkap bahwa tekanan pekerjaan membuat banyak orang yang menggapai makanan yang menenangkan seperti coklat serta keripik. Dengan sample 5. 000 pasien di rumah sakit, peneliti mendapatkan bahwa umumnya orang jadi gemuk dikarenakan tekanan kerja yang tinggi. Dan untuk menghindari nafsu ngemil ini, kita perlu mengendalikan kandungan gula didalam darah dengan mengemil makanan tingggi karbohidrat seperti pete tiap-tiap dua jam sekali untuk menjaga kadarnya terus.

10. Membantu saat berhenti merokok

Mungkin bagi perokok, setelah makan dengan pete maka akan langsung mencari rokok. Namun bagi mereka yang telah memutuskan berhenti merokok, ternyata pete bisa membantu. Dengan vitamin B6 dan B12 yang di kandungnya, bersamaan dengan kalium serta magnesium, akan membantu tubuh cepat pulih dari dampak penghentian nikotin.

11. Obat awet muda

Dengan adanya kandungan protein, pete dapat meregenerasi kulit. Bahkan petani pete aindonesia telah mengekspor pete ke negara Jepang, yang salah satunya untuk digunakan sebagai bahan kosmetik.

Bila melihat apa yang terdapat didalam pete, maka masih banyak manfaat dari buah pete yang bisa berakibat baik terhadap tubuh. Dan adapun pete ini dihindari atau dimakruhkan itu karena disamakan dengan bawang merah dan bawang putih yang akan meninggalkan bau setelah memakannya dan bukan dihindari karena zatnya. Saat kita bisa menghilangkan bau setelah memakannya maka kenapa tidak mencobanya.

Meski demikian walau mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh, sebaiknya tetap harus waspada. Karena tidak segala yang baik itu akan menjadi baik untuk tubuh, seperti nasi yang tidak baik bagi mereka yang memiliki penyakit gula. Seperti Asam Amino yang dikandung pete akan tidak baik bagi mereka penderita penyakit ginjal, reumatik dan asam urat. Bahkan bagi beberapa orang saat mengkonsumsi pete dapat menimbulkan pusing atau sakit kepala.

Cari Artikel Lainnya