Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah

Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah

- Jumat, 18 Februari 2022 | 09:27 WIB
Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah

Lagu-lagu daerah merupakan kekayaan warisan budaya yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Lagu-lagu daerah biasanya diiringi dengan seperangkat alat musik daerah yang sering disebut dengan karawitan.

Istilah karawitan menunjuk pada seperangkat alat musik tradisional secara lengkap secara orkestra. 

Komposisi karawitan dapat mengembangkan perbedaan-perbedaan dari sebuah wilayah dengan wilayah lainnya sepanjang waktu.Inilah yang menyebabkan munculnya gaya yang berbeda-beda.

Baca juga: Jenis Musik Vokal Dan Instrumen

Gaya musikal adalah ciri khas atau karakteristik musikal yang dihasilkan dari beberapa kondisi, antara lain Gaya Lokal, gaya Individual dan Gaya Periodikal.

1. Gaya lokal adalah Karakteristik cara menyanyikan lagu daerah yang berbeda dengan daerah lainnya. Pada isu globalisasi kemudian disebut sebagai entitas lokal genius.

2. Gaya Individual adalah Tipologi karakteristik seorang tokoh pencipta lagu-lagu yang membedakannya dengan pencipta lagu lainnya.

3. Gaya Periodikal adalah Tipologi karakteristik zaman tertentu yang menghasilkan gaya musikal tertentu, misalnya gaya dalam bentuk musikal tripologi

Karakteristik yang dapat dibedakan dari berbagai bentuk karya musikal yang ada, misalnya pada musik Betawi dalam gambrang kromong lagu sayur, dengan lagu phobin,atau dalam lagu keroncong tugu antara kroncong asli, langgam, dan stambul. Dalam karawitan Betawi gaya/musical style dikenal dengan istilah Liaw.

Cari Artikel Lainnya