Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Tak Disangka, 7 Barang Rumah Tangga Ini Bisa Meledak Lho. Waspada Ya!

Tak Disangka, 7 Barang Rumah Tangga Ini Bisa Meledak Lho. Waspada Ya!

- Jumat, 11 September 2020 | 15:00 WIB
Tak Disangka, 7 Barang Rumah Tangga Ini Bisa Meledak Lho. Waspada Ya!

Dalam keseharian kita, ada banyak sekali barang-barang elektronik di rumah yang digunakan untuk berbagai aktivitas. Entah itu alat kelistrikan, alat dapur, ataupun alat rumah tangga lainnya.

Barang-barang tersebut pastinya dibuat dengan teknologi tinggi serta prosedur dan material yang sesuai standar ‘kan? Namun ternyata, hal itu tak cukup menjamin bahwa seluruh barang tersebut akan selalu aman ketika digunakan.

Buktinya, sejumlah barang rumah tangga berikut ini meskipun terlihat aman dan tak berbahaya namun faktanya, barang-barang tersebut bisa meledak! Hati-hati ketika menggunakan atau menyimpan barang-barang rumah tangga tersebut ya!

7 Barang Rumah Tangga yang Wajib Diwaspadai Karena Bisa Meledak

1. Tepung

tepung

Hah? Tepung? Memangnya bisa meledak? Tunggu dulu , sebelum kamu bertanya-tanya kebingungan sebaiknya simak dulu penjelasan kenapa tepung bisa meledak.

Tepung, yang biasa digunakan untuk membuat kue dan roti, adalah bahan karbohidrat dengan molekul gula yang mudah terbakar. Nah, jika kamu membakarnya, barang rumah tangga ini bisa meledak seperti kembang api, lho!

2. Hairspray

barang rumah tangga spray

Barang rumah tangga berikutnya yang bisa meledak adalah hairspray. Jika kamu memiliki botol hairspray, pastikan untuk tak pernah menyimpannya di tempat yang terkena cahaya matahari ya.

Pasalnya, panas yang disebabkan cahaya matahari dapat meningkatkan tekanan udara dalam botol hairspray yang mengandung aerosol. Nah, proses tersebut bisa membuat partikel di dalamnya bergerak sangat cepat dan kemudian bisa meledak.

3. Mesin Kopi

barang rumah tangga meledak mesin kopi

Meskipun jarang sekali terjadi, namun barang rumah tangga yang satu ini juga memiliki kemungkinan untuk meledak, lho! Mesin kopi bisa meledak jika proses penggunaannya tak tepat sesuai dengan anjuran.

Salah satu contohnya yaitu ketika mencampurkan air panas ke dalam mesin secara tak tepat maka hal itu bisa membuat tekanan udara tak beres. Hasilnya, mesin kopi bisa meledak seketika!

4. Kaca Kamar Mandi

kaca kamar mandi meledak

Kamar mandi di rumah kamu menggunakan pintu kaca? Hati-hati, ya, hal tersebut juga memiliki kemungkinan untuk meledak, lho!

Meskipun kasusnya langka, namun kaca kamar mandi bisa meledak karena adanya perbedaan suhu antara di dalam dan di luar ruangan. Misalanya, ketika di luar terjadi suhu panas ekstrem namun suhu di kamar mandi cukup dingin.

5. Pemanas Air

mesin pemanas air

Pemanas air atau water heater ternyata juga termasuk ke dalam daftar barang rumah tangga yang bisa meledak, lho!

Apa alasannya?

Ternyata, ada cukup banyak alasan yang bisa membuat pemanas air di rumahmu meledak. Misalnya, karena adanya kebocoran gas, tekananan terlalu besar, atau suhu terlalu panas pada mesin pemanas air. Kalau ada hal-hal aneh, sebaiknya langsung hubungi ahlinya ya.

6. Lampu Bohlam

barang rumah tangga lampu bohlam meledak

Kejadian lampu bohlam meledak tampaknya merupakan hal paling sering terjadi dibandingkan barang rumah tangga lainnya, bukan? Lampu bohlam yang sering meledak biasanya adalah lampu bohlam tradisional yang berwarna kuning.

Pasalnya, kaca dan panas merupakan kombinasi yang sangat buruk dan meningkatkan peluang terjadinya ledakan. Apalagi jika dasar bola lampu tak tertutup dengan baik, bagian bawah tersebut bisa meleleh dan akhirnya membuat bola lampu meledak.

7. Septic Tank

septic tank meledak

Percaya tidak, ternyata septic tank yang ada di rumah kamu juga bisa meledak, lho! Kebayang enggak tuh bagaimana jadinya bila septic tank di rumahmu meledak? Duh, ngeri pokoknya!

Septic tank bisa meledak karena adanya kandungan gas metana yang dihasilkan kotoran manusia kemudian terakumulasi. Nah, jika gas metana tersebut terkena panas atau api, saat itulah septic tank akan meledak!

Semoga artikel ini bermanfaat ya, 

Cari Artikel Lainnya