Home » Kongkow » Kuliner » Simak Cara Membuat Ramen Dengan Menggunakan Mi Instan Berikut Ini. Anti Gagal!

Simak Cara Membuat Ramen Dengan Menggunakan Mi Instan Berikut Ini. Anti Gagal!

- Selasa, 13 Oktober 2020 | 18:00 WIB
Simak Cara Membuat Ramen Dengan Menggunakan Mi Instan Berikut Ini. Anti Gagal!

Siapa yang tak mengenal mi ramen? Sebuah kudapan yang lekat dengan Negara Jepang ini, kini tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Ternyata, cara membuat ramen dapat dilakukan di rumah, lo, dengan bahan sederhana dan penyajian praktis. Ramen dikenal sebagai makanan yang identik dengan Negara Jepang. Namun menurut sejarah, mi ramen berasal dari negara Tiongkok. Karakteristik dari kudapan ini adalah mi tipis yang dilengkapi kuah hangat gurih dan lezat.

Selain itu, mi ramen dapat disajikan dengan beragam topping atau isian, seperti jamur, telur, daging, hingga sayur. Di Indonesia, terutama di kota besar, kamu tak akan kesulitan mencari gerai ramen. Nyaris di setiap sudut kota terdapat gerai makanan mi ramen dengan ciri khasnya masing-masing.

Nah, ternyata untuk merasakan mi ramen, kamu tak perlu repot keluar. Kamu dapat membuatnya sendiri! Cukup dengan bahan utama mi instan, kamu mampu menghadirkan kelezatan mi ramen di rumah. Cara penyajiannya pun praktis dan mudah. Penasran ‘kan? Yuk, simak cara membuat ramen dengan mi instan di bawah ini!

Cara Membuat Ramen Menggunakan Mi Instan

mi <a href=ramen instan" src="https://blogpictures.99.co/detikcom-6.jpg" style="height:425px; width:400px" />

sumber: detik.com

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah bahannya. Apa saja? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini bahan-bahan untuk membuat mi ramen menggunakan mi instan di rumah. Sebelum lanjut, artikel ini akan memuat dua penyajian mi ramen; pertama menggunakan bumbu mi instan sebagai bahan untuk kuah, dan kedua membuat bumbu sendiri sebagai penyedap kuah. Dengan Bumbu Mie Instan:

  1. Sediakan mi instan dengan rasa kari ayam atau ayam bawang beserta bumbunya.
  2. Cabai bubuk jika diperlukan.
  3. Sawi hijau.
  4. Irisan daun bawang.
  5. Sedikit tepung maizena.
  6. Gula dan merica.
  7. Agar lebih lengkap dan nikmat, siapkan topping atau isiannya, seperti:
  • 1-2 udang dengan ukuran sedang, sesuaikna saja.
  • 1 sampai 2 buah telur rebus.
  • Jamur kuping yang sudah diiris tipis.
  • Jagung rebus, dan
  • Topping lain sesuai selera.

1. Langkah Membuat Rame dengan Bumbu Mie Instan

mi <a href=ramen bumbu instan" src="https://blogpictures.99.co/freepikcom-2.jpg" style="height:225px; width:400px" />

sumber: freepik.com

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengolah isian dari ramen yang akan kamu buat, seperti merebus udang, jamur kuping, dan jagung. Pastikan matang dan tak lupa untuk ditiriskan. Rebus mi instan menggunakan bumbu di dalamnya yang sudah disediakan, dengan menambahkan sawi hijau. Agar kuah ramen nantinya lebih kental, kamu dapat menambahnya dengan sedikit tepung maizena ke dalam mi instan yang sedang direbus.

Aduk perlahan hingga mengental. Setelah dirasa mi sudah matang, angkat mi tersebut dan simpan di atas mangkuk yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Lalu selanjutnya siram dengan kuah yang sudah diolah. Nah, ini bagian paling favorit, yakni menyusun mi dengan beragam topping. Susun topping atau isian sedemikan rupa agar wujudnya mirip dengan ramen yang ada di gerai-gerai besar. Setelah disusun, ramen dengan mi instan siap untuk nikmati.

2. Membuat Bumbu Kuah Mie Ramen Sendiri

cara membuat kuah ramen

sumber: forkknifeswoon.com

Nah, cara pertama adalah menyajikan ramen menggunakan bumbu mi instan. Berikut ini, akan disajikan pula penyajian mi ramen dengan bumbu yang diolah sendiri. Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. 2 butir telur ayam.
  2. Bawang Bombai.
  3. Cabai rawit hijau.
  4. Bawang butih yang sudah dibuat halus
  5. Tomat.
  6. Cabai merah.
  7. Margarin.
  8. Bumbu kari.
  9. Kecap manis.
  10. Saus sambal.
  11. Katimun dan bawang secukupnya.

Cara membuatnya hampir mirip dengan ramen bumbu mi instan, ko. Bedanya, bumbu ramen yang ingin disajikan harus dibuat ‘manual’. Pertama, rebus mie instan yang sudah disediakan. Ttak lupa, rebus pula topping yang ingin kamu sajikan. Gunakan wajan untuk meracik sejumlah bumbu Seperti memasukan margarin, bawang bombai dan putih yang sudah dicincang. Aduk hingga rata dan tumis sampai layu.

Sekarang, tambahkan potongan tomat serta cabai. Aduk kembali hingga merata dan matang. Setelah itu, masukan bahan yang tersisa, seperti kecap, saus sambal dan bubuk kari. Lalu tuangkan air secukupnya dan masak bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Langkah selanjutnya adalah ceplokan telur ke dalam kuah yang tengah diaduk.

Dan terakhir, masukan mi instan yang sebelumnya sudah disediakan. Jangan lupa, dalam setiap prosesnya, cicipi kuah ramen agar dapat disesuaikan rasanya. Susun mi ramen menggunakan topping dan isian agar rasanya lebih lengkap.

***

Itulah cara membuat ramen di rumah dengan menggunakan mi instan.

Cari Artikel Lainnya