Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Sering Jadi Gorengan, 7 Makanan Ini Malah Bermanfaat untuk Kecantikan

Sering Jadi Gorengan, 7 Makanan Ini Malah Bermanfaat untuk Kecantikan

- Kamis, 27 Juni 2019 | 14:00 WIB
Sering Jadi Gorengan, 7 Makanan Ini Malah Bermanfaat untuk Kecantikan

Salah satu camilan yang jadi favorit semua orang ialah gorengan. Olahan gorengan ini biasanya terbuat dari berbagai bahan makanan yang berbeda dan punya cita rasa yang enak. Di balik bahaya gorengan, kandungan bahan makanan yang jadi bahan baku ternyata punya manfaat yang luar biasa untuk kecantikan. 

Berikut bahan makanan yang sering diolah jadi gorengan namun malah bermanfaat untuk kulitmu.

1. Tahu

Mulai dari gorengan original, tahu isi, hingga tahu crispy, olahan tahu selalu jadi favorit semua orang. Kandungan kedelai yang ada di dalam tahu ternyata bisa mencegah penuaan dini pada kulitmu dan meregenerasi kulit lebih cepat. 

Menggunakan tahu sebagai masker tidaklah sulit. Hancurkan tahu hingga halus dan campurkan dengan satu sendok teh yogurt dan madu. Aduk hingga merata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit agar masker merata. 

2. Tempe

Sejenis dengan tahu yang terbuat dari kedelai, gorengan tempe yang dibalut dengan tempe juga jadi camilan favorit. Tempe kaya akan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas sehingga kulitmu terlindungi dari pengaruh buruk. 

Rebus tempe hingga lunak. Tambahkan terpung beras dan madu agar kental dan menempel di wajah. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat agar masker mudah rontok.  

3. Pisang

Pisang goreng merupakan santapan yang pas disajikan dengan teh hangat. Di balik rasanya yang nikmat, pisang bisa menghilangkan kulit berminyak. Cocok buat kamu yang selama ini selalu terganggu dengan minyak di wajah.

Campurkan satu buah pisang dengan tiga sendok makan air lemon. Oleskan pada wajah. Biarkan selama 10 menit dan cuci dengan air dingin. Lakukan selama seminggu sekali agar hasilnya maksimal.

4. Ubi

Gorengan ubi juga tak kalah nikmat dengan pisang goreng. Rasa manis yang khas dalam ubi ternyata bisa membuat kulitmu cantik yakni bisa memperbaiki tekstur kulit wajah yang kusam dan kasar. 

Saat merebus ubi, jangan buang air rebusannya. Diamkan hingga dingin dan saring. Simpan dalam botol spray. Air ini bisa digunakan sebagai toner yang bisa meringkas pori-pori dan bisa kamu pakai setiap hari. 

5. Singkong

Punya bekas jerawat memang lebih menyebalkan dibanding dengan jerawatnya. Nah, singkong ini bisa menyamarkan noda bekas jerawat secara alami karena kandungan mineral dalam singkong yang terbukti ampuh. 

Parut singkong hingga halus. Balurkan pada bekas noda jerawat yang membandel sebagai masker. Gosok dan bilas dengan air hangat. Lakukan hal tersebut rutin setiap hari hingga noda bekas jerawat pudar. 

6. Tape

Meski tak sepopuler gorengan lainnya, tape seringkali juga diolah menjadi gorengan yang nikmat. Meski mengandung alkohol alami dari proses fermentasi, namun tape terbukti bisa menghilangkan jerawat ringan. 

Kamu hanya perlu mengonsumsi tape dengan porsi yang cukup. Kandungan alkoholnya bisa menetralkan lemak di bawah jaringan kulit sehingga bakteri jerawat lebih cepat kering. 

7. Taoge

Meski bukan bahan utama, taoge sering dijadikan sebagai bahan campuran bakwan. Taoge kaya akan antioksidan yang bisa mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas. Wajahmu bebas flek hitam dan mencegah keriput.

Kamu bisa mengeksfloasi kulitmu dengan dengan masker taoge. Caranya, haluskan taoge hingga menjadi adonan bubur. Tambahkan madu dan aplikasikan pada wajah selama 20 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan seminggu dua kali. 

Bahan makanan di atas memang tak biasa digunakan sebagai masker tapi manfaatnya luar biasa untuk wajah. Tertarik untuk mencoba?

Cari Artikel Lainnya