Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Selain Mencegah Kanker, Apa Saja Sih Manfaat Tanaman Porang?

Selain Mencegah Kanker, Apa Saja Sih Manfaat Tanaman Porang?

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 10:00 WIB
Selain Mencegah Kanker, Apa Saja Sih Manfaat Tanaman Porang?

Porang atau dalam nama latinnya Amorphophallus muelleri merupakan tanaman herbal yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 1,5 meter. Porang memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh serta mudah diolah untuk dijadikan bahan pangan dan industri seperti bahan baku pembuatan tepung dan kosmetik.

Baca Juga: Apa Itu Tanaman Porang?

Mengutip dari berbagai sumber berikut ini manfaat Tanaman Porang untuk kesehatan: 

1. Kaya serat dan cocok untuk diet 

Tanaman porang bisa Kamu gunakan sebagai bahan tepung alternatif karena kaya glukomanan. Glukomanan merupakan polisakarida larut dalam air yang dianggap sebagai serat makanan. 

Menurut Journal of The American College of Nutrition, kandungan glukomanan bisa menurunkan berat badan karena bekerja dengan mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh.

Saat mengolah makanan, glukomanan dapat dijadikan pengental alami. Oleh sebab itu, glukomanan sangat penting dalam industri makanan karena serat alaminya bisa menjadi pengganti agar-agar, mempercepat rasa kenyang, memperlambat pengosongan perut.
 
Ini merupakan bahan yang cocok untuk orang diet, terlebih bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 

2. Menurunkan kadar kolesterol 

Studi yang melibatkan 22 penderita diabetes tipe 2 menunjukkan, pemberian suplemen konyaku glukomanan efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan total dalam darah. 

Dalam penelitian tersebut, pasien diberi 3,6 gram suplemen konyaku glukomanan per hari. Dengan penurunan kadar kolesterol jahat dan total dalam darah, risiko penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke juga ikut menurun. 

Hasil pengujian sejenis juga terlihat pada uji konyaku glukomanan tanaman porang pada tikus lab. Tikus yang diberi diet tinggi serat tepung porang, kadar kolesterolnya juga menurun. 

3. Menurunkan kadar gula darah 

Studi pada 2001 menunjukkan, glukomanan memiliki manfaat untuk menurunkan faktor risiko diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, serta resistensi insulin. 

Dikutip dari Diabetes research and clinical practice, bahwa glukomanan bisa mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Glukomanan bekerja dengan menekan produksi hormon ghrelin yang merupakan hormon pemicu rasa lapar.

Glukomanan dapat meningkatkan tingkat penyerapan nutrisi dalam usus kecil. Sehingga, sensitivitas insulin ikut meningkat. Hasil penelitian lain menunjukkan, konsumsi suplemen kaya akan serat seperti tanaman porang pada tikus bisa mencegah pembentukan plak di pembuluh darah karena penumpukan kolesterol. 

 

4. Mencegah kanker 

Penelitian pada hewan menunjukkan, manfaat porang dari tepung konyaku bisa mencegah penyakit kanker paru-paru. Khasiat porang ini tak hanya bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker, tetapi juga mencegah kanker. 

Selain itu, studi juga membuktikan manfaat konyaku glukomanan bisa menurunkan tingkat keganasan tumor dan kanker. 

5. Mengatasi sembelit 

Glukomanan yang terdapat dalam porang dapat membantu mengatasi masalah sembelit kronis. Hasil penelitian menunjukkan, penderita sembelit yang diberi glukomanan selama 10 hari, frekuensi buang air besarnya bisa kembali normal. 

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun menurut Journal Sirinov kandungan asam oksalat dan kristal CaOX (kalsium oksalat) dalam umbi ini berpotensi mengakibatkan rasa pahit dan gatal. Untuk itu, dalam mengonsumsi porang tidak boleh berlebihan dan harus diolah dengan benar.

Nahh otakers, itulah beberapa manfaat dari Tanaman Porang, semoga artikel ini bermanfaat yah.

Sumber :

Artikel Terkait

Cari Artikel Lainnya