Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Sel sel tulang keras yang membentuk lingkaran konsentris berlapis lapis disebut

Sel sel tulang keras yang membentuk lingkaran konsentris berlapis lapis disebut

- Kamis, 28 Juli 2022 | 09:00 WIB
Sel sel tulang keras yang membentuk lingkaran konsentris berlapis lapis disebut

Sel sel tulang keras yang membentuk lingkaran konsentris berlapis lapis disebut Osteosit.

Pembahasan

Osteosit adalah sel tulang keras yang membentuk lingkaran konsentris berlapis lapis. Tulang menghasilkan empat jenis sel antara lain osteosit, osteoklas, osteoblas, dan sel-sel lapisan.

a. Osteosit adalah sel-sel tulang keras yang membentuk lingkaran konsentris berlapis lapis dan biasanya ditemukan pada tulang kompak yang menopas tubuh dan otot. Osteosit berbentuk seperti bintang yang dapat menukar mineral dengan sel lain di sekitarnya. Sel lapisan menutupi bagian luar tulang dengan fungsi utama mengontrol pergerakan dari molekul yang ditemukan di bagian dalam atau luar tulang.

b. Osteoklas adalah sel yang memecah diri untuk menyerap kembali tulang yang ada. Osteoklas bekerja sama dengan osteoblas untuk membentuk kembali tulang apabila mengalami kerusakan akibat cedera.

c. Osteoblas adalah salah satu sel yang membuat tulang baru saat tubuh bertumbuh. Osteoblas ini jika terkumpul membentuk materi fleksibel yang disebut osteoid. Osteoid berfungsi menyatukan mineral agar menjadi keras dan kuat. Osteoblas juga bertanggung jawab membangun kembali tulang yang rusak akibat retakan dan cedera.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya