Home » Kongkow » Olahraga » Sejarah dan Aturan Singkat Cabang Olahraga Bola Basket

Sejarah dan Aturan Singkat Cabang Olahraga Bola Basket

- Jumat, 09 Oktober 2020 | 14:00 WIB
Sejarah dan Aturan Singkat Cabang Olahraga Bola Basket

BOLA basket merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia. Selain sepak bola dan bulu tangkis, bola basket banyak mendapat perhatian dari anak muda.

Permainan bola basket ditemukan oleh James Naismith dari Amerika Serikat, pada 1891. Dalam bola basket beraga teknik dasar yang harus dikuasai adalah passing, dribling, pivot, hingga shooting.

Adapun luas lapangan bola basket adalah 26x14 meter. Dengan jari-jari lingkaran tengah 1,8 meter dan jari-jari ring 0,4 meter.

Perhitungan poin bola basket adalah 2 dan 3. Angka 2 poin untuk bola yang dimasukkan dalam area dalam setengah lingkaran permainan. Poin 3 untuk tembakan dari luar setengah lingkaran permainan.

Bola basket sudah dipertandingkan secara resmi di Olimpiade. Amerika Serikat menjadi negara adidaya di cabang olahraga bola basket ini.

Induk organisasi bola basket dunia adalah FIBA, singkatan dari Federation International Basketball. Di Indonesia federasi bola basket yang menginduk ke FIBA adalah Perbasi atau Persatuan Bola Basket Indonesia.

Pada 2023 Indonesia akan menjadi salah satu dari tiga tuan rumah Piala Dunia Bola Basket. Selain Indonesia juga ada Jepang dan Filipina.*

Sumber : .
Cari Artikel Lainnya