Home » Kongkow » Olahraga » Mempelajari Olahraga Populer di Amerika Serikat

Mempelajari Olahraga Populer di Amerika Serikat

- Sabtu, 14 November 2020 | 12:00 WIB
Mempelajari Olahraga Populer di Amerika Serikat

Setiap orang pastinya pernah melakukan olahraga baik disengaja maupun tidak disengaja. Meski demikian, olahraga tidak melulu untuk menyehatkan tubuh, di sisi lain olahraga juga menyajikan sejumlah hiburan bagi penontonnya.

Setiap negara memiliki olahraga favoritnya masing-masing. Kebudayaan dan tradisi yang mendarah daging tentunya menjadi ciri khas olahraga dalam suatu negara. Berikut ini lima olahraga paling populer di Amerika Serikat.

1. American Football

Sesuai dengan namanya, olahraga ini lahir dan berkembang pesat di Amerika. Olahraga ini menjadi maskot utama Negara Adidaya itu serta dinobatkan menjadi salah satu olahraga yang aoling diminati di Amerika.

Organisasi American Football berada di bawah naungan National Football League (NFL) dan sangat popular di wilayah negara Amerika bagian selatan, khususnya di Texas, Florida dan California. Pada 2012 tercatat sekira 67,604 penggemar yang datang ke dalam stadium untuk menyaksikan sebuah pertandingan.

2. Baseball

Baseball merupakan olahraga kedua paling populer di Amerika Serikat. Di Amerika baseball terbagi atas dua kompetisi yakni Minor League Baseball dan Major League Baseball (MLB).

Meski demikian, olahraga yang berfokus pada strategi dan ketepatan memukul bola ini bukan hanya digemari para masyarakat Amerika. Pasalnya, beberapa negara besar di dunia juga melangsungkan olahraga Baseball dan antusiasme masyarakat dalam mengikuti olahraga ini sangatlah banyak.

3. Basket

Olahraga ini menjadi ciri khas negara Amerika Serikat. Pasalnya sejumlah nama pebasket dunia seperti Michael Jordan, Kobe Bryant, Shaquille O’neal, Lebron James dan masih banyak lainnya, berasal dari olahraga yang satu ini.

Pantas saja, olahraga ini sangat laku di Amerika, mengingat prestise yang disuguhkan dalam olahraga ini sangatlah besar. Tak hanya kemampuan, namun kekuatan fisik dan mental juga sangat dibutuhkan dalam olahraga basket. Tercatat sekiranya lebih dari 14.000 penggemar hadir dalam satu pertandingan basket.

4. Ice Hockey

Olahraga ini merupakan gabungan antara ice skating dan sepakbola. Sistemnya hampir sama dengan permainan sepakbola, namun setiap pemain diberikan tongkat pemukul untuk mendorong bola masuk ke gawang.

Kekuatan fisik menjadi penentu keberhasilan setiap pemain untuk memperoleh bola, pasalnya setiap pemain tak segan melayangkan senggolan-senggolan maupun dorongan yang mampu menyebabkan pemain lawan terjatuh. Olahraga ini menjadi salah satu olahraga indoor terpopuler di Amerika.

5. Sepakbola

Sama seperti halnya negara lain, sepakbola menjadi salah satu olahraga populer di Amerika Serikat. Tak kalah dengan sepakbola Eropa, Amerika Serikat memiliki liga sepakbola yang bernama Major League Soccer (MLS).

MLS memang tidak sebesar sepakbola Inggris maupun Spanyol. Namun pemerintah tampaknya berusaha mengembangkan olahraga ini dengan mendatangkan sejumlah pemain-pemain ternama dari benua Eropa, karena antusiasme yang tinggi dari para penggemar.

Cari Artikel Lainnya