Home » Kongkow » Tematik » Peta Pikiran Pengibar Sang Saka Merah Putih Tema 2 Kelas 6 SD

Peta Pikiran Pengibar Sang Saka Merah Putih Tema 2 Kelas 6 SD

- Senin, 06 September 2021 | 08:00 WIB
Peta Pikiran Pengibar Sang Saka Merah Putih Tema 2 Kelas 6 SD

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan melibatkan banyak pihak. Salah satunya adalah mereka yang mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Abdul Latif Hendraningrat adalah salah satu pengibar bendera pada 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur, Jakarta. Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi Hukum. Saat menjadi mahasiswa, ia mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta, seperti yang dikelola oleh Muhammadiyah dan perguruan rakyat. Ia juga ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari.

Abdul Latif Hendraningrat pernah menjadi pasukan Pembela Tanah Air (PETA) dan ikut dalam berbagai pertempuran. Ia pernah menjabat
komandan komando kota ketika Belanda menyerbu Yogyakarta (1948). Kemudian ia ditunjuk sebagai atase militer RI untuk Filipina (1952), lalu dipindahkan ke Washington hingga tahun 1956.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD halaman 41

Berdasarkan bacaan di atas, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!

Jawaban:

Apa: Apa peristiwa yang terjadi pada peristiwa di atas?

Mengapa: Mengapa pengibaran Bendera Sang Saka sangat penting?

Siapa: Siapa pengibar Bendera saat peristiwa pembacaan teks Proklamasi ?

Bagaimana: Bagaimana sepak terjang beliau saat kuliah?

Kapan: Kapan beliau menjabat sebagai Komandan Keamanan Kota?

Dimana: Dimana beliau pernah ditunjuk sebagai Atase Militer RI?

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD halaman 42

Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri! Serahkanlah hasil pekerjaanmu kepada gurumu!

Jawaban:

Pengibaran bendera merah putih saat proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Latief Hendraningrat dan Suhud adalah pengibar bendera merah putih pertama kali saat proklamasi.

Saat menjadi mahasiswa, beliau mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta dan pernah ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari. Beliau pernah menjabat komandan komando kota ketika Belanda menyerbu Yogyakarta (1948). Abdul Latif Hendraningrat pernah bertugas sebagai atase militer RI di Filipina dan Washingotn hingga tahun 1956.

Mengibarkan bendera Merah Putih merupakan salah satu wujud dari menjaga persatuan. Untuk melakukannya dibutuhkan kerukunan dari anggota petugasnya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya