Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Peristiwa di mana siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan berhenti untuk selamanya disebut

Peristiwa di mana siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan berhenti untuk selamanya disebut

- Selasa, 26 Juli 2022 | 11:30 WIB
Peristiwa di mana siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan berhenti untuk selamanya disebut

Peristiwa di mana siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan berhenti untuk selamanya disebut Menopause.

Pembahasan

Peristiwa dimana siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan berhenti untuk selamanya disebut Menopause. Menopause biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45-55 tahun. Seorang wanita dikatakan sudah menopause apabila tidak mengalami menstruasi lagi, minimal selama 12 bulan. 

Ketika sel telur habis, maka wanita akan berhenti mengalami menstruasi, atau dengan kata lain memasuki fase menopause. Ketika telah memasuki fase menopause, siklus reproduksi seksual wanita telah berhenti dan tidak dapat memiliki anak. Menopause tidak hanya ditandai dengan berhentinya menstruasi. Wanita yang telah menopause juga mengalami banyak perubahan, mulai dari penampilan fisik, kondisi psikologis, hingga hasrat seksual. Selain itu, wanita yang sudah menopause juga tidak bisa hamil lagi.

Menopause merupakan proses alami yang terjadi saat seorang wanita bertambah tua. Seiring usia bertambah, indung telur akan makin sedikit memproduksi hormon kewanitaan. Akibatnya, indung telur tidak lagi melepaskan sel telur dan menstruasi akan berhenti. Namun, dalam beberapa kasus, menopause juga dapat terjadi lebih dini, yaitu sebelum usia 40 tahun.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya