Home » Kongkow » Kimia » Perbedaaan Bikarbonat dan Baking Soda

Perbedaaan Bikarbonat dan Baking Soda

- Selasa, 26 April 2022 | 11:00 WIB
Perbedaaan Bikarbonat dan Baking Soda

Sepertinya ada banyak yang kebingungan bila ditanyakan tentang perbedaan antara natrium bikarbonat dan baking soda. Karena banyak yang beranggapan bahwa baking soda dan natrium bikarbonat adalah istilah yang berbeda untuk hal yang sama sejak baking soda mengacu natrium bikarbonat murni.

Namun ternyata kedua sebutan itu memang berbeda, baking soda terutama digunakan untuk keperluan memasak sedangkan natrium bikarbonat terutama digunakan untuk analisis kimia. Ini adalah perbedaan utama antara natrium bikarbonat dan baking soda. Pada artikel ini, mari kita menjelaskan perbedaan antara natrium bikarbonat dan baking soda.

Apa Natrium bikarbonat?

Natrium bikarbonat adalah bubuk kristal putih (NaHCO3) dan juga dikenal sebagai baking soda, soda bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, atau asam natrium karbonat. Nama IUPAC adalah natrium hidrogen karbonat. Hal ini dikategorikan sebagai garam asam, dibuat dengan menggabungkan asam (karbonat) dan dasar (natrium hidroksida), dan merespon bahan kimia lainnya sebagai alkali ringan. Ini memiliki rasa sedikit asin dan basa. Nahcolite adalah bentuk mineral alami natrium bikarbonat. Pada suhu di atas 149 ° C, baking soda terurai menjadi zat yang lebih stabil dari natrium karbonat, air, dan karbon dioksida. 2NaHCO 3 → Na 2 CO 3 + H 2 O + CO 2

Rumus molekul natrium bikarbonat

NaHCO3 dapat diperoleh dengan reaksi karbon dioksida dengan larutan natrium hidroksida atau reaksi natrium klorida, amonia, dan karbon dioksida dalam air. Ini adalah senyawa amfoter dan dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran asam dari cairan, untuk menghasilkan sampel murni

Apa itu Baking Soda?

Baking soda, juga dikenal sebagai soda bikarbonat, adalah agen ragi murni. Hal ini ditambahkan pada makanan panggang sebelum memasak, untuk menghasilkan karbon dioksida dan menyebabkan mereka untuk ‘naik’ atau peningkatan volume dan mendapatkan tekstur yang diinginkan. Namun, baking soda perlu dicampur dengan air, dan konstituen asam harus ditambahkan untuk reaksi kimia yang diperlukan untuk mengambil tempat untuk membuat kenaikan makanan.

Sejak asam diperlukan untuk menghasilkan kualitas meningkat, sering digunakan dalam resep yang sudah mengandung bahan asam seperti ragi, jus lemon, coklat, buttermilk atau madu. Baking soda merupakan bahan baking powder. baking powder diproduksi dengan mencampur baking soda dengan krim kering asam tartar dan garam lainnya.

Perbedaan Antara Sodium bikarbonat dan Baking Soda

Perbedaan antara natrium bikarbonat dan baking soda dapat dibagi menjadi kategori berikut. Mereka;

Definisi

Natrium bikarbonat adalah natrium hidrogen karbonat.

Baking soda adalah nama dagang untuk Sodium bikarbonat.

Nama Alternatif

Natrium bikarbonat juga dikenal sebagai natrium hidrogen karbonat, atau asam natrium karbonat.

Baking soda juga dikenal sebagai soda bikarbonat, roti soda, atau memasak soda.

Cari Artikel Lainnya