Home » Kongkow » Biologi » Pengelompokan Saraf leher dan Fungsinya

Pengelompokan Saraf leher dan Fungsinya

- Rabu, 03 Maret 2021 | 10:00 WIB
Pengelompokan Saraf leher dan Fungsinya

Saraf di leher, secara medis disebut sebagai tulang belakang leher, membantu mengirimkan informasi sepanjang jalur dari sistem saraf pusat dan perifer, termasuk proses keterampilan sensorik dan motorik. Tulang belakang leher terdiri dari delapan set saraf yang berbeda.

Beberapa saraf di leher termasuk saraf oksipital besar dan kecil, saraf supraklavikularis dan nervus frenikus. Pengelompokan saraf dalam tulang belakang leher diberi nama setelah mencocokkan cakram serviks. Cakram atau (disk) ini diwakili oleh huruf “C” dan angka sesuai dengan lokasi cakram antara vertebra lainnya yang membentuk tulang belakang leher, dimulai dengan C1 di bagian atas dan bekerja turun ke C8. Saraf di leher mengontrol berbagai fungsi tubuh manusia.

Saraf Serviks C1 dan C2 berfungsi untuk pergerakan kepala. Sering disebut sebagai saraf suboksipital, C1 juga terkait ke saraf lainnya berjalan melalui leher, seperti saraf vagus dan saraf hypoglossal. Saraf C1 dan C2 milik pleksus serviks, bersama dengan C3 dan C4.

C3, C4 dan C5 saraf serviks berada langsung di bawah C1 dan C2. Saraf leher ini dalam bentuk saraf frenikus, yang membantu mengontrol diafragma dan mengatur pernapasan. Cedera pada saraf frenikus dapat menyebabkan masalah pernapasan dan bahkan kematian.

Bersama-sama, saraf C1-C4 bekerja untuk melengkapi fungsi dari pleksus serviks. Kelompok saraf memungkinkan untuk gerakan seperti menekuk leher dan menelan. Semakin besar aurikularis saraf, saraf oksipital inferior, dan saraf supravlavicular juga berkontribusi terhadap fungsi pleksus serviks.

Saraf Serviks C5 merupakan awal dari pleksus brakialis. Pengelompokan saraf ini menangani berbagai tanggung jawab, termasuk mengendalikan otot tubuh bagian atas. Saraf C5-C8 dan saraf toraks pertama, T1, termasuk dalam pleksus brakialis. Beberapa kelompok otot mengontrol pleksus brakialis termasuk deltoids, bisep dan otot-otot dada.

Secara khusus, saraf C5 mengontrol deltoids dan bisep. Saraf C6 mengontrol pergerakan di pergelangan tangan dan C7 mengontrol trisep. Serviks saraf C8 bekerja untuk mengontrol tangan. Fungsi-fungsi dibantu melalui percabangan saraf dari pleksus brakialis ke daerah yang mereka kuasai. Saraf pleksus brakialis yang bercabang termasuk saraf radial, median dan ulnar bertanggung jawab untuk gerakan dan sensasi menyampaikan ke dan dari lengan, lengan bawah dan tangan.

Bersama-sama, saraf di leher bekerja untuk mengontrol gerakan tubuh bagian atas dan ekstremitas atas. Saraf lainnya yang berada di leher termasuk dorsal skapularis dan saraf aksila. Pada saraf dorsal skapularis membantu mengontrol otot rhomboid, sedangkan saraf aksilaris memberikan kontrol motorik dan sensorik dari daerah lengan bahu dan atas.

Cari Artikel Lainnya