Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengenal Bunga Edelweis & Bunga Edelweis Jawa, Simbol Keabadian yang Terancam Tak Abadi

Mengenal Bunga Edelweis & Bunga Edelweis Jawa, Simbol Keabadian yang Terancam Tak Abadi

- Sabtu, 07 September 2019 | 12:22 WIB
Mengenal Bunga Edelweis & Bunga Edelweis Jawa, Simbol Keabadian yang Terancam Tak Abadi

Meski bunga edelweis sering disebut-sebut, masih banyak yang belum tahu kalau sebenarnya kembang ini berbeda dengan bunga edelweis jawa. Apakah kamu juga begitu? Memangnya, apa perbedaannya? Adakah persamaan di antara mereka? Kalau penasaran, mending kenalan sama keduanya di sini, yuk!

Kamu pasti sudah sering dengar kan, tentang bunga edelweis? Bagaimana dengan bunga edelweis jawa? Tahukah kamu kalau keduanya merupakan tanaman yang berbeda? Kalau belum tahu, artikel ini akan membantumu membedakan dan mengenal keduanya lebih dalam.

Ya, meski sering dicampuradukkan, sebenarnya kedua tanaman ini memiliki beberapa perbedaan mendasar. Baik dari segi klasifikasi ilmiah, asal, ciri-ciri fisik, status konservasi, pemanfaatan, sampai filosofi dan mitos yang sering mengelilinginya.

Selain sederet perbedaan di atas, artikel ini juga akan mengajakmu mengetahui beberapa fakta menarik tentang bunga edelweis dan bunga edelweis jawa sekaligus. Siapa tahu ada informasi baru yang belum pernah kamu dengar dan bisa kamu bagikan ke teman-temanmu. Yuk, langsung aja baca selengkapnya!

Klasifikasi Ilmiah

Bunga Edelweis - <a href=Bunga Edelweis dalam Pot" src="https://www.kepogaul.com/wp-content/uploads/2018/10/tnmn-01_bunga-edelweis_bunga-edelweis-dalam-pot_800x450_cc0-min.jpg" style="height:225px; width:400px" />

Seperti sudah disinggung sebelumnya, dari segi klasifikasi ilmiah saja bunga edelweis dan bunga edelweis jawa sudah berbeda.

Keduanya memang berasal dari famili yang sama, yakni Asteraceae yang juga melingkupi bunga matahari dan dahlia. Akan tetapi, bunga edelweis memiliki nama limiah Leontopodium nivale, sementara bunga edelweis jawa disebut sebagai Anaphalis javanica. 

Leontopodium sendiri dulunya pernah dimasukkan dalam genus Gnaphalium yang berisi tumbuhan-tumbuhan herba. Baru sejak tahun 1822, ahli botani mengklasifikasikannya ke dalam marga tersendiri.

Asal

Seperti namanya, Anaphalis javanica merupakan tumbuhan asli Indonesia. Hanya saja, ia tak hanya bisa ditemukan di Pulau Jawa, tapi juga di Sumatera, Sulawesi, Bali, serta Lombok. Umumnya, Anaphalis tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian minimal 1.000 m di atas permukaan laut (dpl).

Masyarakat setempat sendiri lebih sering menyebut Anaphalis javanica sebagai bunga edelweis tanpa embel-embel jawa. Mungkin dari situlah kerancuan dengan Leontopodium jadi sering muncul. Meski terkadang, ada juga yang menyebutnya sebagai senduro, tana layu, dan bunga abadi.

Sementara itu, Leontopodium diyakini berasal dari daerah pegunungan di Himalaya dan Siberia. Tanaman ini baru bermigrasi ke Eropa di zaman glasiasi kuarter yang berlangsung lebih dari 2,5 juta tahun silam. Di zaman modern, ia bisa ditemukan di kawasan pegunungan di Swiss, Jerman, Rumania, Austria, Slovenia, dll.

Ciri-Ciri Fisik

Bunga Edelweis - <a href=Bunga Edelweis Jawa vs Bunga Edelweis" src="https://www.kepogaul.com/wp-content/uploads/2018/10/tnmn-02_bunga-edelweis-jawa_bunga-edelweis-jawa-vs-bunga-edelweis_800x450_cc0-min.jpg" style="height:225px; width:400px" />

Kiri: bunga edelweis jawa, kanan: bunga edelweis

Selain penyebutan oleh masyarakat yang membuat rancu, sekilas bunga edelweis dan bunga edelweis jawa memang tampak mirip. Terutama dari jauh karena sama-sama didominasi warna putih, kuning, hingga kecoklatan. Jadi ya, pantas saja kalau kamu kesulitan membedakan mereka.

Akan tetapi jika dilihat dari dekat, sebenarnya kedua kembang ini memiliki bentuk berbeda. Seperti anggota Asteraceae lainnya, Anaphalis dan Leontopodium memiliki bunga majemuk yang terdiri dari puluhan sampai ratusan floret (bunga berukuran kecil) di bagian bongkol atau piringannya.

Bedanya, floret Anaphalis bergerombol menjadi satu. Sementara floret Leontopodium bisa membentuk lima sampai enam rumpun di atas satu bongkol. Di tepinya terdapat helaian “mahkota” berwarna putih berbulu yang sejatinya merupakan daun pelindung. Bulu-bulu yang tebal ini merupakan hasil adaptasi untuk melindungi Leontopodium dari udara dingin dan paparan sinar ultra violet tinggi.

Tampilan bunga edelweis tersebut dianggap menyerupai telapak kaki singa. Karena itulah genusnya disebut sebagai Leontopodium, yang berarti telapak kaki singa dalam bahasa Latin.

Satu tangkai Anaphalis terdiri dari beberapa kuntum bunga majemuk yang mekar di bulan April-Agustus. Sementara itu, satu tangkai Leontopodium hanya terdiri dari satu kuntum saja dan muncul di bulan Juli-September.

Dari pohonnya, kedua tanaman ini juga berbeda. Ukuran Leontopodium umumnya lebih kecil dari Anaphalis. Kalau tinggi maksimal Leontopodium hanya sekitar 15-40 cm, Anaphalis mampu tumbuh hingga 4 m.

Status Konservasi

Bunga Edelweis Jawa - Edelweis Jawa di Alam Liar

Sumber: Instagram – dachriyanto_toto

Bunga edelweis dan bunga edelweis jawa sama-sama sering diburu dan dimanfaatkan manusia. Hanya saja, nasib Leontopodium bisa dibilang sedikit lebih baik.

Sebenarnya, populasi Leontopodium sempat turun di beberapa negara di Eropa. Namun, distribusi habitatnya yang luas dan adanya perlindungan hukum membuat kembang ini mampu bertahan.

Hingga tahun 2018, Leontopodium bahkan masih masuk kategori least concern atau berisiko rendah untuk punah berdasarkan daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Berbeda dengan Anaphalis javanica yang justru dikategorikan sebagai terancam kritis.

Pemerintah Indonesia sendiri sebenarnya sudah berusaha melindungi bunga edelweis jawa dengan Undang Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem. Namun pada kenyataannya, masih saja ada pendaki yang usil membawa bunga edelweis jawa sebagai buah tangan. Alasan umumnya, mereka tak tahu tentang larangan tersebut.

Setelah ketahuan, mereka tak lantas dihukum sesuai undang-undang. Alih-alih dipidana dengan hukuman penjara maksimal lima tahun atau denda maksimal Rp100 juta, para pendaki usil ini biasanya hanya mendapat larangan masuk gunung tempat mereka mengambil Anaphalis javanica.

Terkadang mereka dihukum bersih-bersih atau membuat surat pernyataan untuk tidak mengulanginya kembali. Seiring dengan meningkatnya pengguna media sosial, mereka juga mendapat sanksi sosial berupa cemoohan dari para warganet.

Meski sanksi tak diterapkan secara maksimal, pemerintah masih punya cara lain untuk melestarikan Anaphalis javanica. Salah satunya dengan memberikan pelatihan budidaya bunga edelweis jawa kepada warga Tengger yang tinggal di sekitar Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TN-BTS).

Wilayah pembudidayaan ini juga dijadikan objek wisata bernama Desa Wisata Edelweis. Tanaman hasil pembudidayaan di wilayah inilah yang bisa diperjualbelikan, digunakan dalam upacara adat, atau dipetik oleh para turis secara legal. Dengan demikian, keberadaan bunga edelweis jawa di alam liar diharapkan bisa lebih terlindungi.

Pemanfaatan

Bunga Edelweis - Edelweis Kering

Di atas sudah kami singgung sekilas tentang pemerintah yang memberikan pelatihan budidaya bunga edelweis jawa kepada masyarakat Suku Tengger. Kira-kira, kenapa mereka menjadi salah satu suku yang terpilih mendapatkan pelatihan ini?

Soalnya, Anaphalis javanica memang memiliki keterkaitan erat dengan Suku Tengger. Kembang yang mereka sebut sebagai tana layu (tidak layu dalam bahasa Sanskerta) ini harus disajikan dalam setiap upacara adat yang dilaksanakan dalam tempo waktu tertentu.

Di antaranya ada upacara liwet-liwet dan barikan yang diadakan tiap satu bulan sekali, upacara pamujaan tiap empat bulan sekali, dan upacara karo dan yadnya kasada tiap satu tahun sekali. Belum lagi ada upacara entas-entas atau ngaben yang dilakukan secara perorangan untuk menghormati para leluhur.

Sebelumnya, mereka selalu mengambil Anaphalis dari alam liar. Namun seiring dengan meningkatnya popularitas kembang ini di masyarakat umum, populasinya menurun dan masyarakat Suku Tengger jadi kesusahan mendapatkannya.

Dengan pelatihan budidaya itu, masyarakat tak perlu lagi mencari Anaphalis jauh-jauh. Kegiatan ini pun diharapkan bisa menjadi sumber pendapatan baru dan menambah aktivitas wisata di Gunung Bromo.

Sementara itu, di Eropa, bunga edelweis banyak diburu karena alasan medis. Ia sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati sakit perut, tonsil, bronkitis, diare, disentri, demam, batuk, rematik, dan kanker. Salah satu studi tahun 2008 lalu juga menunjukkan kalau tanaman ini memiliki potensi sebagai peningkat daya ingat dan penangkal demensia.

Manfaat kesehatan yang dimiliki Leontopodium ini beberapa kali disinggung dalam puisi dan cerita populer. Salah satunya dalam komik Asterix in Switzerland (1970), di mana Asterix dan Obelix dikisahkan sedang mencari kembang ini untuk menangkal racun.

Selain kesehatan, bunga edelweis juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Di dalamnya terdapat senyawa fitokimia, seperti asam klorogenat, luteolin, dan beta sitosterol yang befungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Mirip-mirip kan, sama manfaat yang dimiliki kopi dan teh?

Mitos & Filosofi

Bunga Edelweis - Simbol <a href=Bunga Edelweis" src="https://www.kepogaul.com/wp-content/uploads/2018/10/tnmn-05_bunga-edelweis_simbol-bunga-edelweis_800x450_cc0-min.jpg" style="height:225px; width:400px" />

1. Lambang Keabadian

Sifat bunga edelweis jawa yang tahan lama dan tak mudah rusak setelah dipetik membuatnya sering dijadikan simbol keabadian. Bahkan ada mitos yang menyebutkan kalau seseorang memberikan kembang ini untuk pasangannya, cinta mereka akan abadi selamanya.

2. Lambang Keberanian

Sementara itu, meski sering juga disebut sebagai immortelle des Alpes (bunga abadi dari gunung), mitos seputar Leontopodium lebih berkisar pada perjuangan untuk mendapatkannya. Karena tanaman ini bisa tumbuh sampai ketinggian 3.000 m dpl, orang-orang harus mengerahkan tenaga dan keberanian terlebih dahulu sebelum bisa memetiknya.

Mitos ini sempat populer di pertengahan abad ke-19 di kalangan para pendaki. Apalagi ada novel Edelweiss (1861) karangan penulis Jerman, Berthold Auerbach yang mendramatisirnya. Di dalamnya terdapat kutipan yang berbunyi, “Mampu memiliki bunga ini bisa menjadi bukti keberanian yang luar biasa.”

Ralph Waldo Emerson, penyair Amerika, juga menuliskan kalimat yang semakin menguatkan kesan bahwa bunga edelweis susah didapatkan. Di bagian kata pengantar terjemahan novel Auerbach, ia menulis, “Ada bunga yang dikenal para ahli botani, masih satu genus dengan tanaman musim panas bernama ‘keabadian’, Gnaphalium atau apa namanya. Ia tumbuh di tebing-tebing yang paling sulit dijangkau di Gunung Tyrolese, di mana kambing kamois nyaris tak berani menjelajahinya.”

“Para pemburu yang tergoda dengan keindahan bunga ini, dan ingin mempersembahkannya untuk pujaan hati, memanjat tebing dan terkadang ditemukan tewas di kaki tebing menggenggam bunga itu. Ia disebut Gnaphalium leontopodium oleh para ahli botani, atau bunga edelweis oleh masyarakat Swiss, yang menandakan kesucian dan kemuliaan,” lanjutnya lagi.

Dalam bahasa Jerman pun terdapat kutipan berbunyi, “Nur die elite kann edelweiss erreichen.” Artinya, hanya orang elit (para pendaki yang sudah berpengalaman) yang bisa mendapatkan bunga edelweis.

Di era Perang Dunia I dan II, prajurit Jerman juga memiliki tradisi mendaki gunung dan memetik bunga edelweis untuk membuktikan keberaniannya. Serial televisi Amerika Band of Brothers (2001) pernah mengangkat tradisi ini dalam salah satu episodenya.

3. Benda Berkekuatan Magis

Beda tempat, beda cerita. Di Austria, beberapa masyarakat malah percaya kalau bunga edelweis memiliki kekuatan magis. Menurut mereka, asap kembang ini bisa membantu mengusir makhluk halus yang mengganggu hewan ternak jika dijadikan dupa.

Ada pula yang mengatakan kalau Leontopodium bisa dipakai untuk membuat tubuh menjadi tembus pandang dan kebal terhadap peluru. Namun, tak dijelaskan bagaimana mekanisme maupun cara pembuatannya.

Lucunya, di Indonesia ternyata juga ada cerita serupa. Tahun 2017 lalu, ada penjambret yang kedapatan menyimpan bunga edelweis jawa dan uang kuno sebagai jimat di dompetnya. Namun agaknya, jimat ini kurang ampuh karena pada akhirnya ia tetap tertangkap dan dipenjara. Ada-ada saja, ya!

4. Alat Pernyataan Politik

Dalam sejarah, bunga edelweis beberapa kali tercatat digunakan sebagai alat pernyataan politik. Salah satunya sebagai simbol nasionalisme di Austria. Tahun 1959, lagu Edelweiss yang awalnya diciptakan untuk soundtrack film adaptasi The Sound of Music bahkan dijadikan lambang patriotisme Austria dalam melawan tekanan Nazi.

Di akhir 2017, salah satu partai politik di Austria yang awalnya menggunakan emblem cornflower memutuskan untuk menggantinya dengan Leontopodium. Alasannya, cornflower dulu pernah digunakan oleh tentara Nazi Austria sebagai tanda pengenal. Filosofi bunga edelweis yang bisa menggambarkan keberanian dan cinta sendiri dianggap sesuai dengan visi mereka.

Tak hanya di Austria, penggunaan bunga edelweis sebagai simbol melawan Nazi juga dipakai di negara asalnya, Jerman. Di masa Reich Ketiga (1933-1945), ada sekelompok pemuda bernama Edelweiss Pirates yang menentang Nazi dan menggunakan kembang ini sebagai emblem.

Sementara itu, Swiss memilih Leontopodium sebagai bunga nasional. Sebelum tahun 1914, kembang ini juga dijadikan emblem sebagai penanda tingginya pangkat dalam bidang militer di negara tersebut.

Fakta Menarik tentang Bunga Edelweis & Bunga Edelweis Jawa

Bunga Edelweis - Pesawat Swiss

Ada beberapa fakta menarik tentang bunga edelweis dan bunga edelweis jawa yang bisa kamu kulik di sini. Di antaranya:

  • Secara literal, arti nama bunga edelweis adalah putih dan mulia. Asalnya dari dua kata dalam bahasa Jerman, edel (bangsawan, mulia) dan weiß (putih). Nama edelweis mulai banyak digunakan atau diadaptasi di berbagai negara di awal abad ke-19.
  • Seperti sudah dibahas di atas, Leontopodium acap kali dipakai sebagai simbol untuk menentang Nazi. Ironisnya, pemimpin Nazi, Adolf Hitler, malah digambarkan memilih bunga edelweis sebagai kembang favoritnya. Hal ini terungkap lewat lirik lagu berjudul Adolf Hitlers Lieblingsblume ist das schlichte Edelweiß (1934) yang dinyanyikan oleh Harry Steier.
  • Komposer Italia, Arturo Zardini pernah menciptakan lagu berjudul Stelutis Alpinis (bunga edelweis di pegunungan dalam bahasa Friuli) saat tengah mengungsi akibat Perang Dunia I. Lagu tersebut kemudian dijadikan anthem tak resmi warga Friuli, Italia.
  • Salah satu batalyon militer Amerika Serikat menggunakan kembang ini sebagai simbol setelah mereka berhasil menduduki Waffen SS Officer School di Flint Kaserne, Jerman pasca Perang Dunia II.
  • Swiss menggunakan kembang ini sebagai nama salah satu maskapai penerbangan mereka.
  • Gambar bunga edelweis terukir di uang koin 2 sen Austria sejak tahun 2002.
  • Indonesia sendiri memakai gambar bunga edelweis jawa di perangko Rp3.000 yang terbit tahun 2003.
  • Anaphalis javanica pertama kali ditemukan tahun 1819, saat Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt, pendiri dan pemimpin pertama Kebun Raya Bogor, melakukan ekspedisi di lereng Gunung Gede, Jawa Barat. Setelah itu, barulah kembang ini diteliti oleh Carl Heinrich Schultz, ahli botani dari Jerman.
  • Ada lebih dari 300-an jenis serangga yang menyukai bunga edelweis jawa. Di antaranya seperti kupu-kupu, lalat, tabuhan, lebah, kutu, dll.
  • Bunga senduro juga sering dijadikan tempat bersarang tiong-batu licik, burung pengicau berwarna biru dari keluarga Turdidae.

Agar Bunga Abadi Tetap Terjaga “Keabadiannya”

Habis baca ulasan di atas, sekarang kamu sudah tahu kan, apa perbedaan antara kedua bunga abadi ini? Kamu seharusnya juga sudah tahu kenapa bunga edelweis dan bunga edelweis jawa dilindungi serta tak boleh sembarangan dipetik di alam liar.

Kalau ingin banget membawa pulang bunga edelweis jawa atau memberikannya pada kekasihmu, kamu bisa membeli di petani yang membudayakannya. Tapi ingat ya, pastikan kembang itu hasil budidaya, bukan mencomot dari alam liar!

Sebagai pembeli, kita memang harus bijak memilih mana produk yang boleh dibeli atau tidak. Sama seperti saat membeli kopi berkualitas terbaik supaya betul-betul bisa kita nikmati.

Kalau ingin menikmati keindahan Anaphalis javanica di alam liar, cobalah mengunjungi Tegal Alun di Gunung Papandayan, alun-alun Mandalawangi di Gunung Pangrango, alun-alun Suryakencana di Gunung Gede, atau Plawangan Sembalun di Gunung Rinjani. Biasanya sih, sesuatu bakal terlihat lebih indah kalau berada di tempat asalnya. Selamat menikmati keindahan edelweis dengan cara yang bijak!

Cari Artikel Lainnya