Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengenal AirDrop pada Gadget iOS

Mengenal AirDrop pada Gadget iOS

- Rabu, 30 Desember 2020 | 08:00 WIB
Mengenal AirDrop pada Gadget iOS

AirDrop adalah salah satu fitur baru yang diperkenalkan Apple di iOS 7. Dengan fitur ini, para pengguna iOS bisa berkirim konten seperti foto, video, link aplikasi dari App Store, lokasi dan beragam hal lainnya.

Dengan hadirnya AirDrop di iOS, kita tidak perlu menempelkan perangkat kita dengan perangkat yang ingin kita bagikan konten buat, hanya perlu mengaksesnya, pilih konten dan kirim. Semudah itu.

Tidak seperti aplikasi pengelola pesan lainnya, ada beberapa hal yang berbeda dari AirDrop yang ditawarkan Apple. Untuk lebih lengkapnya, mari mengenal AirDrop pada gadget iOS, apa fungsinya?

apa itu fitur airdrop?

AirDrop adalah layanan pengiriman data antar gadget Apple dengan memanfaatkan jaringan WiFi dan Bluetooth. Mudahnya seperti ini, kamu bisa berkirim data dengan pengguna Apple lain secara nirkabel, mirip seperti berbagi file dengan menggunakan Bluetooth di Android.

Kamu bisa menggunakan fitur AirDrop tersebut di iPhone 5 atau lebih baru, iPad generasi empat atau lebih baru, ipad mini, hingga iPod Touch generasi kelima. Syaratnya, gadget tersebut harus menjalankan iOS 7 atau lebih baru dan OS X Yosemite di MacBook.

Apa beda AirDrop dengan berbagi file menggunakan Bluetooth seperti biasanya? Karena semua gadget tersebut merupakan satu ekosistem, kamu dijamin bakal mudah dalam mengatur perpindahan file antar perangkat. Selain itu, perpindahan data antar gadget dijamin “ngebut” alias supercepat. Yang terutama sih, kamu tidak perlu kuota data untuk berbagi file.

Bukankah lebih praktis mengirim data lewat aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp atau LINE? Iya, kamu mungkin memang sudah terbiasa menggunakan aplikasi untuk mengirim data. Jika ukuran datanya besar, mungkin kamu memakai email atau menggunggahnya ke Google Drive untuk berbagi data. Akan tetapi, seperti yang telah disebutkan di atas, cara berbagi file antar gadget Apple dijamin cepat dan tidak makan kuota.

Meski demikian, pengiriman data dengan AirDrop harus dilakukan dalam jarak dekat. Jadi, ketika kamu baru selesai mengambil foto wefie dengan teman-teman, fotonya bisa langsung dikirmkan dengan kualitas gambar yang tajam. Singkatnya, fungsi AirDrop pada iPhone mirip seperti NFC pada Android.

Berikut ini Cara Berbagi File Dengan Pintar Menggunakan AirDrop:

  1. Aktifkan AirDrop dari Control Center. Kamu akan menemukan 2 opsi, melakukan AirDrop dengan daftar kontakmu saja (Contact Only) atau semua orang (Everyone)

  2. Pilih konten – katakanlah foto – dan tap icon Share. Tunggu hingga temanmu muncul di kolom AirDrop.

  3. Tap pada icon temanmu itu dan tunggu hingga ia menerimanya.

Sebelum melakukan AirDrop pastikan jika kamu dan temanmu berada di dalam satu jaringan WiFi yang sama, hal ini karena AirDrop menggunakan koneksi tersebut untuk mengirimkan konten. Dan jangan lupa juga untuk menyiagakan ponselmu sebelum melakukan AirDrop, pasalnya, AirDrop tidak bisa menyeranta jika perangkat satunya dalam kondisi tidur.

Cari Artikel Lainnya