Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengapa lumut penting bagi lingkungan?

Mengapa lumut penting bagi lingkungan?

- Selasa, 12 November 2019 | 14:24 WIB
Mengapa lumut penting bagi lingkungan?

Lumut ditemukan di seluruh dunia dan terutama tumbuh di berbagai tempat seperti pada kulit pohon, dinding, batu, batu nisan, atap dan tanah dll.

Lumut memainkan peran penting dalam membuat lingkungan bebas dari polusi. Artikel ini membahas mengapa lumut diperlukan untuk lingkungan, di mana lumut ditemukan dan apa pentingnya bagi ekonomi.

Lumut adalah organisme komposit yang terbentuk sebagai hasil dari asosiasi satu atau dua ras jamur (ascomycetes atau basidiomycetes) dan alga (ganggang) apakah alga hijau atau alga hijau biru (cyanobacteria).

Komponen jamur dari lumut dikenal sebagai mycobiont dan algae phycobiont. Dua komponen tetap saling sedemikian rupa sehingga mereka membuat talus yang sama dan berperilaku seperti organisme tunggal atau kita dapat mengatakan bahwa lumut adalah tanaman kompleks, hidup dalam hubungan simbiosis dengan jamur dan alga.

Mitra dominan adalah jamur, yang memberikan lumut mayoritas karakteristiknya, dari bentuk thallus ke tubuh buahnya.

Di mana Lumut ditemukan?

Lumut tumbuh di berbagai tempat seperti kulit pohon, dinding, batu, batu nisan, atap dan tanah, dll. Mereka juga ditemukan dalam rentang dari tepi laut ke puncak tertinggi pegunungan.

Tetapi di hutan tropis, mereka ditemukan berlimpah atau kita dapat mengatakan bahwa lumut dapat hidup di berbagai lokasi dan iklim dari Daerah Kutub hingga daerah tropis. Untuk pertumbuhan mereka membutuhkan udara bersih dan memiliki efek menguntungkan pada ekosistem.

Mengapa <a href=lumut penting bagi lingkungan" src="https://masteripa.com/wp-content/uploads/2019/09/Mengapa-lumut-penting-bagi-lingkungan.jpg" style="height:217px; width:400px" />

Mengapa lumut penting bagi lingkungan

Jenis

Kelompok tumbuhan ini terdiri dari 3 jenis lumut, yaitu:

  1. Lumut Hati (Hepaticopsida)
  2. Lumut Tanduk (Anthocertopsida)
  3. Lumut Daun (Bryopsida)

20 Ciri-Ciri Lumut:

  1. Mengandung klorofil, sesuai dengan warnanya yang hijau.
  2. Bisa melakukan fotosintetis
  3. Hidup secara berkoloni / bergerombol.
  4. Multiseluler
  5. Zigot berkembang menjadi embrio dan tetap tinggal di dalam gametangium betina
  6. Sperma diproduksi anteridium
  7. Ovum diproduksi arkegonium
  8. Bukan tumbuhan berpembuluh
  9. Habitatnya di tempat yang lembap dan terlindung dari cahaya matahari
  10. Berukuran kecil, sempit, panjang
  11. Dinding sel terdiri dari selulosa
  12. Tidak mempunyai pembuluh seperti, xylem dan floem
  13. Air masuk secara imbibisi
  14. Mengalami metagenesis
  15. Daun lumut tersusun dari selapis sel, kecuali ibu tulang daun dengan tebal 15 sel
  16. Mengandung kloroplas yang tersusun seperti jala
  17. Hanya mengalami pertumbuhan primer
  18. Akar berupa akar semu (rizoid) yang berfungsi untuk melekatkan lumut
  19. Permukaan luar dilapisi lapisan berlilin untuk menahan masuk air dan mengurangi penguapan
  20. Hanya mengalami pertubuhan primer

Mengapa lumut penting bagi lingkungan?

  • Mereka memiliki kemampuan untuk memisahkan mineral dengan mengikis batu. Karena itu, mereka juga tumbuh di bebatuan yang kosong. Karena kematian dan pembubarannya, ada lipatan mineral dan bahan organik di mana tanaman lain dapat tumbuh. Dengan demikian, mereka menghasilkan kondisi yang cocok bagi tanaman lain untuk tumbuh di atas batu.
  • Di wilayah Tundra, lumut tersedia berlimpah.
  • Mereka juga berkontribusi dalam pembentukan tanah dengan memperkayanya dan menjebak air, debu, dan lumpur. Juga, ketika lumut mati mereka berkontribusi sebagai bahan organik ke tanah, yang selanjutnya meningkatkan kualitas tanah sehingga lebih banyak tanaman dapat tumbuh.
  • Lumut juga memainkan peran penting dalam memperbaiki nitrogen. Karena kerja sama mereka dengan ganggang, lumut mampu mengubah nitrogen dari udara menjadi nitrat, yang mengarah pada perkembangannya. Konversi nitrogen ini berdampak pada ekosistem karena ketika hujan, nitrat larut dari lumut dan digunakan oleh tanaman berbasis tanah.
  • Lumut membutuhkan udara bersih untuk tumbuh. Mereka tidak bisa mentolerir polusi. Karena itu, untuk tumbuh mereka menyerap segala sesuatu dari udara termasuk karbon dioksida dan logam berat. Para ilmuwan dapat menentukan tingkat polusi udara di daerah itu dengan bantuan lumut dan jika lumut sekarat di satu lokasi karena polusi berbahaya, itu dapat dianggap sebagai peringatan awal atau sinyal bahwa tingkat polusi meningkat di tempat itu.

Pentingnya Lumut

  • Lumut, khususnya lumut kerak mengikis batuan dan mengubahnya menjadi tanah. Setelah kematiannya, thallus melarutkan dan membentuk bahan organik, yang mencampur mineral batuan ini dengan garam dan membuat tanah cocok sehingga tanaman lain dapat tumbuh.
  • Dosis mikroba Sulfur dioksida membuka efek samping pada pertumbuhannya. Oleh karena itu, mereka adalah indikator yang baik dari polusi udara dan menjadi punah di daerah yang tercemar.
  • Beberapa lumu digunakan sebagai makanan.
  • Lumut dan zat kimia lainnya yang ada di dalamnya juga digunakan sebagai obat.
  • Apakah Anda tahu bahwa parfum juga terbuat dari lumut; seperti dari Ramalina lichen.
    Tidak salah untuk mengatakan bahwa lumut adalah organisme dengan kepentingan ekologis dan ekonomi dan digunakan dalam berbagai bentuk.
Cari Artikel Lainnya