Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengapa Saat Banyak Berpikir Jadi Sakit Kepala?

Mengapa Saat Banyak Berpikir Jadi Sakit Kepala?

- Minggu, 11 Maret 2018 | 08:00 WIB
Mengapa Saat Banyak Berpikir Jadi Sakit Kepala?

Terlalu banyak berpikir atau kalau bahasa kerennya Overthinking, adalah keadaan dimana Anda menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk memikirkan sesuatu secara mendalam.

Dan kalau menurut saya, overthinking ini berbeda dengan ‘berpikir secara matang’. Overthinking ini kebanyakan hanya berpikir yang malah membuang-buang waktu dengan memikirkan sesuatu yang sia-sia tanpa memperoleh solusi. Terlalu banyak berpikir biasanya muncul ketika Anda sedang dihadapkan suatu masalah atau suatu pilihan. Entah itu kecil ataupun keputusan besar yang mungkin akan mengubah hidup Anda. Kekhawatiran dan ketakutan akan hal yang akan terjadi atau keputusan yang Anda ambil menjadi salah satu penyebab Anda jadi Overthinking. Apakah keputusan yang diambil itu salah atau benar?.

Terlalu banyak mikir ini pada akhirnya akan menimbulkan banyak akibat buruk bagi Anda. Mulai dari turunnya produktifitas sampai masalah kesehatan. Lalu apa saja masalah yang timbul dari terlalu banyak mikir ini? Simak penjelasannya berikut ini.

7 Akibat Terlalu Banyak Berpikir

1.  Membuat Anda tidak bahagia

Ya mungkin ini terdengar berlebihan. Tapi coba Anda lihat, biasanya orang-orang yang terlalu berlebihan dalam berpikir akan terlihat murung dan tidak bergairah. Dan ini tentu saja merugikan dirinya sendiri.

2.  Kontra Produktif

Oke saya ambil contoh saya sendiri ketika awal membuat blog ini. Saya terlalu memikirkan topik apa yang akan saya tulis di blog ini. Sehingga saya menghabiskan waktu berlama-lama di internet untuk mencari topik yang akan saya tulis di blog saya. Meskipun ini penting, namun jika dipikir terlalu lama akan menyebabkan kontra produktif juga bukan?.

Berpikir matang-matang itu perlu, tapi jangan hanya dipikirkan terus-menerus yang nantinya malah jadi beban pikiran kita sendiri dan tentunya membuang-buang waktu kita yang berharga.

3.  Tidak menyelesaikan masalah

Hampir mirip dengan poin nomer 2 di atas. Saat kita terlalu banyak berpikir tentang masalah yang kita hadapi, masalah tersebut tidak akan terselesaikan atau bahkan malah menambah masalah baru.

4.  Masalah kecil jadi besar

Banyak sekali hal-hal kecil yang jika kita pikirkan secara berlebihan malah jadi masalah besar. Mungkin hanya karena memilih smartphone apa yang akan dibeli bisa membuat Anda susah untuk tidur.

5.  Timbul rasa pesimis

Saat Anda punya rencana dan akan mulai membuka suatu usaha atau bisnis, Anda sangat bersemangat dan yakin Anda bisa. Namun kemudian Anda tahu dan sadar bahwa membuka usaha atau berwirausaha itu juga memiliki resiko yang besar. Anda berpikir bahwa mungkin mengalami kerugian ditengah-tengah usaha Anda.

Dari sini mungkin Anda akan merasa ragu dan pesimis untuk berwirausaha. Kekhawatiran dan ketakutan karena overthinking Anda dapat berujung pada timbulnya rasa pesimis.

6.  Stress

Berpikir secara berlebihan tentunya akan membebani pikiran kita. Dan jika dibiarkan berlama-lama bukan tidak mungkin membuat Anda merasa stress dan depresi.

7.  Mengganggu kesehatan

Banyak yang mengatakan bahwa kesehatan itu berawal dari pikiran. Jika pikiran kita stress dan terbebani, maka hasilnya akan mengganggu kesehatan kita juga. Dan yang terparah, seperti banyak kasus seseorang yang terkena penyakit stroke, biasanya karena berawal dari beban pikiran mereka.

Jadi jika kita simpulkan bahwa efek yang ditimbulkan dari terlalu banyak berpikir atau overthinking ini tidak bisa dianggap remeh. Boleh-boleh saja kita memikirkan sesuatu secara matang, tapi yang terpenting adalah jangan sampai menjadi beban pikiran tersendiri buat kita.

Dan bagaimana dengan Anda? Apakah pernah mengalami hal seperti ini?

Cari Artikel Lainnya